Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KhienvinzAvatar border
TS
Khienvinz
Tips Mudah Memulai Bisnis Start Up yang Bisa Anda Terapkan
Bisnis di seputar dunia start up semakin diminati dari tahun ke tahun. Start up sebenarnya bukan hal baru di dunia usaha. Start up secara singkat merupakan bentuk usaha rintisan. Salah satu contoh nyata dan sukses ialah Kaskus yang berawal dari start up dan berkembang menjadi perusahaan besar. Pemakaian internet yang kian pesat pun mempengaruhi popularitas bisnis tersebut.

Sampai sekarang, sudah cukup banyak start up baru yang mulai menunjukkan keberhasilannya seperti Kaskus. Contohnya Tokopedia yang mengawali bisnisnya dari titik nol. Setelah mendapat suntikan dari investor, Tokopedia kini menjadi salah satu situs yang paling sering diakses. Bagi Anda yang tertarik untuk membangun start up, mari simak tipsnya di bawah ini.

1. Mengawalinya dari Gagasan Simpel



Menemukan ide atau gagasan untuk bisnis memang terbilang tricky. Tak jarang ada beberapa orang yang nekat mengambil ide kompleks dan alhasil sulit diwujudkan. Anda sebenarnya bisa menggunakan hobi atau minat sebagai gagasan awal untu start up. Seperti bisnis lain, Anda juga harus mencurahkan banyak waktu untuk membangun start up. Jika dijalankan setengah hati, pasti hasilnya tidak memuaskan. Anda suka sepak bola? Maka, mulailah membuat produk seperti jersey atau sepatu. Kemudian, jual produk tadi lewat situs online. Menjalani sesuatu yang Anda suka tidak akan terasa melelahkan, meski nantinya Anda akan bertemu banyak halangan. Anda juga dapat berinovasi tanpa merasa malas.

2. Menciptakan Sebuah Keunikan



Keunikan sebuah produk bisa menjadi daya tarik bagi konsumen. Hal ini juga bisa dijadikan pembeda produk Anda dengan kompetitor lain. Di masa awal menjalankan start up, Anda mungkin masih bisa menjalankan layanan serta menjual produk mainstream atau kebanyakan. Namun, lama kelamaan usaha Anda akan tenggelam oleh pebisnis baru yang menawarkan keunikan tersendiri pada produknya. Di sisi lain, keunikan sebenarnya tidak melulu terkait dengan identitas produk. Anda juga bisa menerapkannya pada jenis pelayanan atau cara menjual produk tersebut. Misalnya, Anda menawarkan paket jalan-jalan bertema, seperti wisata religi.

3. Jangan Terlalu Terpaku dengan Jumlah Modal



Kurangnya modal ternyata dikhawatirkan juga di seputar dunia start up . Masih banyak yang berpikir kalau bisnis ini membutuhkan modal besar. Apalagi kalau usahanya berkaitan dengan perangkat canggih. Tak jarang banyak orang yang menguburkan keinginannya untuk memulai start up. Namun, nyatanya, bisnis ini bisa dijalankan meski Anda hanya punya modal sedikit. Salah satu cara termudah adalah reseller atau dropshipper sebuah online shop. Karena start up mengandalkan kekuatan internet, Anda bisa memakai laptop dan koneksi internet tangguh sebagai modal awal bisnis ini. Pelajari jenis bisnis yang akan diambil, lalu kembangkan bakat Anda dalam dunia start up.

4. Mempraktikan Bisnis Legal



Bisnis yang Anda jalankan tentunya juga harus punya dasar hukum yang jelas. Jangan sampai Anda melalaikan poin ini, karena bisa-bisa usaha Anda dinilai ilegal dan dapat larangan keras. Anda bisa menentukan bagaimana struktur hukum serta nama untuk usaha yang akan didirikan. Setelah ketemu, jangan lupa untuk segera daftarkan namanya ke Ditjen Hak Kekayaan Intelektual. Selain mematenkan sebagai merek dagang resmi serta sah di mata hukum, Anda juga akan terhindar dari plagiarisme. Sebab, bisa jadi ada seseorang yang menyalin produk Anda dan mematenkannya duluan sebagai usaha miliknya.

5. Totalitas dalam Menjalankan Bisnis



Dalam bisnis apapun, jangan sampai Anda menjalankannya dengan setengah hati. Bulatkan tekad dan konsisten saat terjun ke dunia start up. Anda harus bisa menghadapi dan menyelesaikan masalah yang datang supaya usaha Anda terus berjaln dan meraih kesuksesan. Berpikirlah positif saat Anda dilanda cemas dan takut. Sebab, tidak ada pebisnis sukses yang mendapatkan keberhasilannya. Mereka juga merintis bisnis dari nol dan melewati masa jatuh-bangun yang panjang. Maka, penting juga bagi Anda untuk belajar dari tokoh-tokoh bisnis seperti itu. Jangan gengsi dan malu saat ada orang yang memandang rendah bisnis Anda.

Demikian tips seputar dunia start up dan semoga dapat Anda terapkan dengan baik!

Jika berkenan mohon cendolnya emoticon-Cendol (S)


SUMBER : Artikel Pribadi emoticon-I Love Kaskus (S)
Diubah oleh Khienvinz 31-01-2016 13:14
0
3.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.