Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
227
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5690ee121ee5dfb46d8b4569/perkenalkan-ini-kota-kupang
whadaaap orang hebat. kembali lagi disni bareng ane kaskuser teridiot sejagad kaskus No Repsol gan pembuatan trit ini bermula ketika salah seorang kaskuser asal kupang yang aktif di FJB meminta ane buatin trit tentang kota kupang karna para buyer kaga tau kupang itu dimana :ngakaks :matabelo ok gan siapin kopi sama gorengan gan sebelum ane mulai hihi :D 1. Selayang Pandang Kota Kupang adalah kotam
Lapor Hansip
09-01-2016 18:25

PERKENALKAN, INI KOTA KUPANG GAN

whadaaap orang hebat. kembali lagi disni bareng ane kaskuser teridiot sejagad kaskus


No Repsol gan



Ide Pembuatan Thread
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Matabelo

ok gan siapin kopi sama gorengan gan sebelum ane mulai hihi emoticon-Big Grin


1. Selayang Pandang
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
Quote:Kota Kupang adalah kotamadya dan sekaligus ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) . agan tau gak? kalo kota kupang adalah kota terbesar di provinsi NTT. maka dari itu kota kupang dipenuhi oleh berbagai suku bangsa seperti Timor, Rote, Sabu Flores, Sumba, Tionghoa, Jawa, Bugis dan sebagainya gan. terletak pada titik koordinat 10°11′S123°35′E/10.183°LS 123.583°BT. dengan Luas wilayah Kota Kupang adalah 180,27 km² dengan jumlah penduduk sekitar 450.360 jiwa (Sensus Penduduk 2014). Daerah ini terbagi menjadi 6 kecamatan dan 51 kelurahan.
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
gimana gan? lumayan luas kan?


2. Sejarah
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
Quote:Mantan Presiden Ir. Soekarno pernah bilang apa soal sejarah gan. apa ayooo? yaaap JAS MERAH(Jangan Pernah Sekali-kali Melupakan/Meninggalkan Sejarah) B-)
Jadi Nama Kupang sebenarnya berasal dari nama seorang raja, yaitu Nai Kopan atau Lai Kopan, yang memerintah Kota Kupang sebelum bangsa Portugis datang ke Nusa Tenggara Timur. Pada tahun 1436, pulau Timor mempunyai 12 kota bandar namun tidak disebutkan namanya.
Perkenalkan, Ini Kota Kupang Dugaan ini berdasarkan bahwa kota bandar tersebut terletak di pesisir pantai, dan salah satunya yang strategis menghadap ke Teluk Kupang. Daerah ini merupakan wilayah kekuasaan Raja Helong dan yang menjadi raja pada saat itu adalah Raja Koen Lai Bissi.

Pada tahun 1613,VOC yang berkedudukan di Batavia (Jakarta), mulai melakukan kegiatan perdagangannya di Nusa Tenggara Timur dengan mengirim 3 kapal yang dipimpin oleh Apolonius Scotte, menuju pulau Timor dan berlabuh di Teluk Kupang.
Perkenalkan, Ini Kota Kupang Kedatangan rombongan VOC ini diterima oleh Raja Helong, yang sekaligus menawarkan sebidang tanah untuk keperluan markas VOC. Pada saat itu VOC belum memiliki kekuatan yang tetap di tanah Timor. Pada tanggal 29 Desember 1645, seorang padri Portugis yang bernama Antonio de Sao Jacinto tiba di Kupang. Dia mendapat tawaran yang sama dengan yang diterima VOC dari Raja Helong. Tawaran tersebut disambut baik oleh Antonio de Sao Jacinto dengan mendirikan sebuah benteng, namun kemudian benteng tersebut ditinggalkan karena terjadi perselisihan di antara mereka. VOC semakin menyadari pentingnya Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu kepentingan perdagangannya, sehingga pada tahun 1625 sampai dengan 1663, VOC melakukan perlawanan ke daerah kedudukan Portugis di pulau Solor dan dengan bantuan orang-orang Islam di Solor,
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
Benteng Fort Henricus berhasil direbut oleh VOC.

Pada tahun 1653, VOC mendarat di Kupang dan berhasil merebut bekas benteng Portugis Fort Concordia, yang terletak di muara sungai Teluk Kupang di bawah pimpinan Kapten Johan Burger.
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
Kedudukan VOC di Kupang langsung dipimpin oleh OpenhofdJ. van Der Heiden. Selama menguasai Kupang sejak tahun 1653 sampai dengan tahun 1810, VOC telah menempatkan sebanyak 38 Openhofd dan yang terakhir adalah Stoopkert, yang berkuasa sejak tahun 1808 sampai dengan tahun 1810. Nama Lai Kopan kemudian disebut oleh Belanda sebagai Koepan dan dalam bahasa sehari-hari menjadi Kupang. Untuk pengamanan Kota Kupang, Belanda membentuk daerah penyangga di daerah sekitar Teluk Kupang dengan mendatangkan penduduk dari pulau Rote, Sabu dan Solor. Untuk meningkatkan pengamanan kota, maka pada tahun 23 April 1886, Residen Creeve menetapkan batas-batas kota yang diterbitkan pada Staatblad Nomor 171 tahun 1886. Oleh karena itu, tanggal 23 April 1886 ditetapkan sebagai tanggal lahir Kota Kupang. Setelah Indonesia merdeka, melalui Surat Keputusan Gubernemen tanggal 6 Februari 1946, Kota Kupang diserahkan kepada Swapraja Kupang,yang kemudian dialihkan lagi statusnya pada tanggal 21 Oktober 1946 dengan bentuk Timor Elland Federatie atau Dewan Raja-Raja Timor dengan ketua H. A. A. Koroh, yang juga adalah Raja Amarasi.
Perkenalkan, Ini Kota Kupang

gimana gan udah tau kan sejarah kota kupang sekarang?
Perkenalkan, Ini Kota Kupang


3. Wisata Kuliner
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
Quote:eh agan chritisghaza28 tempat wisata kuliner populer di kota kupang banyak gak? wah kalo itu mah jangan ditanya gan.. Kota ini menyimpan banyak pesona, khususnya penggemar sea food. Wisatawan yang berkunjung ke kota ini biasanya terkesan dengan ikan bakar yang ukurannya besar-besar dengan harga yang relatif murah.
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
Dinikmati dengan sambal khas Kupang, tentu wisatawan akan langsung berjanji pada diri sendiri: suatu saat nanti, beta akan kembali lagi. Juga cumi-cumi dan udang segar yang mengeluarkan aroma manis ketika dibakar sangat mengundang selera. Disamping itu wisatawan juga akan disuguhkan salah satu makanan khas kota Kupang, yaitu"jagung bose".Perkenalkan, Ini Kota Kupang Makanan ini dibuat dari campuran jagung dan sayuran serta biji-bijian (biasanya kacang hijau dan kacang tanah). Ada juga "daging se'i", yaitu daging sapi atau daging b*bi (maaf bagi saudara muslim) Perkenalkan, Ini Kota Kupang
yang diasap dan dicampur susu, garam dan rempah-rempah sehingga rasanya ada yang manis dan juga asin.

atau bisa datang dilokasi pasar malam yang menjajahkan berbagai makanan. letaknya di kampung solor, kota kupang.
Perkenalkan, Ini Kota Kupang

Kota ini juga memiliki pesona wisata karena memiliki pantai pasir putih yang indah dan laut biru yang cantik.
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
Perkenalkan, Ini Kota Kupang


4. Keunikan
Quote:Salah satu keunikan Kota Kupang yang hampir tidak ditemukan di setiap Kota di Indonesia yaitu angkutan kotanya yang sering disebut bemo
oleh penduduk Kota Kupang atau lebih tepatnya yang biasa dikenal sebagai mikrolet. Keunikan angkot di Kota Kupang ini karena tampilan angkotnya yang penuh dengan asesoris, dekorasi dan musik yang menggelegar. Bagi parapenikmat musik-musik keras bisa mencoba "Diskotek Berjalan" ala Kota Kupang.
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
Dari semua keunikan yang sangat menonjol adalah batu karang. Ciri ini sangat khas di Kota Kupang sehingga daerah ini disebut "Kota Karang".
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
Kita juga dapat melihat pohon lontar (pohon tuak) pada beberapa titik sabana di Kupang
Perkenalkan, Ini Kota Kupang


Dan beberapa potret kota kupang

Perkenalkan, Ini Kota Kupang
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
Perkenalkan, Ini Kota Kupang

sekian kali ini penjelasan soal kota kupang. Jika ada yang mau ditanyakan soal kota kupang silahkan gan, TS akan menjawab semampunya



Ane minta emoticon-Blue Guy Cendol (L)
sekalian ratenya. Jangan lupa dishare ya gan khususnya orang kupang hihi


sumur :
1. agan TheDocktor22
2. Wiki
3. Ane Sendiri

Dan bagi kaskuser yang mau belajar bahasa kupang kunjungi trit dibawah ini
BELAJAR BAHASA KUPANG
Diubah oleh chritisghaza28
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 10 dari 12
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
28-01-2016 21:45
Quote:Original Posted By Zero28

Lu kira sofi ko bisa tapoa emoticon-Big Grin
Seperti nya forum regional kupang sudah gak ada pengurusnya.
Lu hub aja sang pemilik id,biar lu yang lanjutin ngurus thread..syukur2 bisa di sticky sama momod.


sopi kaka bukan sofi hihihi
boro2 jd pengurus kk. b pm n vm ko mau jd anggota snd pernah balas. su bgtu b komen kalo ada anggota yg terlibat kasus penipuan di fjb cuman 2 org yg respon. itu ju cuman iya baek sa hihi
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
28-01-2016 22:34
Halo kupang salam dari bandungemoticon-Peluk
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
28-01-2016 22:43
Pengen kesono tapi kayanya mahal yaa gan jauh pula dari tempat ane.
Itu ikan gede gede bener..
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
29-01-2016 02:07
Quote:Original Posted By chritisghaza28


makasi gan. jgn lupa rate yah


emoticon-Rate 5 Star
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
29-01-2016 06:18
Quote:Original Posted By ngopi234


emoticon-Rate 5 Star


wah thanks ya gan

0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
29-01-2016 06:20
Quote:Original Posted By aditiasetiawann
Halo kupang salam dari bandungemoticon-Peluk


halo juga bandung salam dr kupang hihi emoticon-Smilie
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
29-01-2016 06:22
Quote:Original Posted By hodor.hodor
Pengen kesono tapi kayanya mahal yaa gan jauh pula dari tempat ane.
Itu ikan gede gede bener..


emangnya agan dimana?
hehe buat makan seminggu gan hihi
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
29-01-2016 06:45
belum pernah ke kupang.... pengen ke sanaaaa
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
29-01-2016 06:53
wow kota kupang emang mantap, 3 bulan ane disana. semoga tahun ini bisa balik tugas ke kupang lg. sekarang sih masih di NTT jg, tapi tugas di daerah lain.
salam dari waibakul-sumba tengah gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
29-01-2016 08:35
Quote:Original Posted By dragonsan
belum pernah ke kupang.... pengen ke sanaaaa


dtg aja gan... bnyk tempt keren dsni hihi
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
29-01-2016 08:37
Quote:Original Posted By star.gate
wow kota kupang emang mantap, 3 bulan ane disana. semoga tahun ini bisa balik tugas ke kupang lg. sekarang sih masih di NTT jg, tapi tugas di daerah lain.
salam dari waibakul-sumba tengah gan emoticon-Big Grin


wah mantap om.
jg lupa rate e biar banyak yg baca dan tau hihi..
salam dr kupang buat sumba gan hehehe
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
29-01-2016 08:44
Kayak pernah denger kata-kata kupang!!! emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
29-01-2016 09:17
Quote:Original Posted By Sang Pembantai



yoi gan.keren emg.apalagi rote.gue ada tmn dsana


wihh Rote, kerote mana gan tempat lahir beta itu gan rote ba,a emoticon-Big Grin
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
29-01-2016 09:19
Quote:Original Posted By ar.titania


iya emoticon-Smilie

be kupang rote oo... emoticon-Big Grin

be su lama son pulang pi kupang emoticon-Mewek


Rote mana gan emoticon-Thinking sama saya juga rote nihh jang pake otak rote oooo hahahaha

ayuu ramein Reg NTT aja emoticon-Big Grin
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
29-01-2016 09:34
Ane pernah tugas kantor kesana selama 40 hari, awal2 datang dari bandara el tari serem gan sepi dan gelap perjalanan menuju kota kupang (takut begal) ternyata diasana tidak ada begal. Sepi Tidak ada kemacetan, pasar tradisonal disana sangat bersih dan terlihat asri, pantainya wuiihhh indah banget pair putih nan indah terhampar sejauh mata memandang. Kalau kesana pas bulan penuh cumi2 pada diatas kita bisa pancing dengan mudah tanpa umpan.
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
29-01-2016 10:10
Quote:Original Posted By gilaboyjr
Kayak pernah denger kata-kata kupang!!! emoticon-Bingung (S)


hihi dengar dmna gan?
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
29-01-2016 10:16
Quote:Original Posted By poak
Ane pernah tugas kantor kesana selama 40 hari, awal2 datang dari bandara el tari serem gan sepi dan gelap perjalanan menuju kota kupang (takut begal) ternyata diasana tidak ada begal. Sepi Tidak ada kemacetan, pasar tradisonal disana sangat bersih dan terlihat asri, pantainya wuiihhh indah banget pair putih nan indah terhampar sejauh mata memandang. Kalau kesana pas bulan penuh cumi2 pada diatas kita bisa pancing dengan mudah tanpa umpan.


iya gan. disini gak ada yg berani jd begal gan. hihi takut dapat suanggi (santet/teluh) wkwkw becanda gan..

hehe. thanks ya gan. kalo bulan cumi bisa dapat seember full gan..
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
29-01-2016 16:16
sore gan...
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
30-01-2016 10:16
pagi gan...
0 0
0
Perkenalkan, Ini Kota Kupang
30-01-2016 10:20
Denger si indah kotanya
0 0
0
Halaman 10 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia