Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [Berusaha Jadi Penengah] Lengan Robotik Bali, Inovasi Sejati atau Dusta Belaka?

snigillAvatar border
TS
snigill
[Berusaha Jadi Penengah] Lengan Robotik Bali, Inovasi Sejati atau Dusta Belaka?
Welcome to my thread, gan!emoticon-Blue Guy Cendol (S)


Awalnya ane tertarik banget nih sama berita "Iron Man" dari Bali emoticon-I Love Indonesia (S) Agan juga pasti tau kalo buanyak banget pemberitaan tentang si agan I Wayan Sumardana a.k.a Tawan ini. Doi bikin heboh seantero dunia maya (dan nyata) dengan pencapaiannya yang sekilas memang luar biasa banget gan! emoticon-I Love Indonesia (S) Tapi, lama kelamaan mulai muncul deh pemberitaan2 negative dan bahkan berujung kepada pem-bully-an! (Kebiasaan orang indonesah emoticon-Cape d... (S)) Padahal pertama kali ane ngerti tentang berita ini dari 9GAG emoticon-Ngakak (S)


SO,

Karena ane bukan orang yang suka ribut. Maka ane bikin thread ini dengan niat sebagai penengah dari kehebohan yang terjadi.

emoticon-I Love Indonesia


Quote:

Wah,Hot Thread gan!!

Spoiler for "HT":

emoticon-I Love Indonesia


Mungkin telah banyak media yang memberitakan tentang Tawan dan lengan robotnya. Baru-baru ini Ko**as TV juga menerbitkan video Tawan yang bekerja dengan lengan robotnya. Tawan menyebut lengan robotnya dengan robot EEG. Prinsip dasar pengendalian mekanis dengan otak yang paling mungkin dilakukan memang dengan EEG atau Electroencephalography.

EEG tersebut biasanya digunakan untuk merekam aktivitas elektrik syaraf pada otak. EEG bekerja dengan mengukur fluktuasi voltase aliran ion pada neuron otak. EEG memang secara teoritis dapat digunakan untuk mengontrol pergerakan mekanis melalui berbagai sensor. Tetapi, EEG sendiri memiliki banyak kelemahan. Salah satunya adalah sinyal yang dihasilkan sangatlah lemah. Oleh karena itu, sangat menarik jika kita kaji bagaimana cara kerja lengan robotik Tawan tersebut. Banyak orang yang memuji emoticon-Kiss (S)serta menyebarkan berita tersebut melalui media sosial namun juga tidak sedikit yang melayangkan keberatan, kritik serta cemooh atas kreasi Tawan tersebut. emoticon-Hammer (S)


emoticon-I Love Indonesia

Seperti kita tahu, jika Tawan, saudara sebangsa kita dari Bali dapat mengembangkan suatu inovasi kreasinya sendiri, bukankah ada baiknya kita mendukung dan menjadikannya sebagai sumber inspirasi? emoticon-I Love Indonesia (S) Tawan sendiri menanggapi berbagai kritik dan komentar negatif dengan ringan, dia masih sanggup rendah hati mengakui bahwa beliau bukanlah orang pintar. emoticon-Blue Guy Peace


Quote:


emoticon-I Love Indonesia

Meragukan? Hoax?


Mari kita simak berbagai kritikan dari berbagai sumber yang menunjukkan bahwa lengan robotik Tawan itu meragukan:

emoticon-cystg


Spoiler for "Pertamax":


Spoiler for "Keduax":


Spoiler for "Ketiga":


Spoiler for "Keempat":


Spoiler for "Kelima":


Spoiler for "Kelima":


Spoiler for "Ketujuh":


emoticon-cystgPembahasan


Melihat dari berbagai kritikan tersebut, seharusnya orang yakin bahwa ini berita palsu hanya demi mencari sensasi, namun kita juga ketahui bahwa Tawan secara pribadi dapat menjelaskan apa yang sudah ia rakit walau secara sederhana. Tawan juga sempat ditemui langsung oleh beberapa orang mahasiswa teknik UGM yang membuktikan bahwa lengan robotiknya berfungsi. Kita coba menganalisa dan merumuskan kemungkinan jawaban secara objektif, gan emoticon-Cendol (S)

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


emoticon-cystgBrain Computer Interfaces Menggunakan EEG


Quote:

emoticon-I Love Indonesia

Kreasi lengan robotik Tawan pun tidak luput dari perhatian bapak Presiden Jokowi serta bapak Menristek Mohamad Nasir.
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-Blue Guy Peace


Quote:


Betul kita perlu lebih kritis dalam menyerap kabar dari sebuah media massa, terutama tersebar cepat lewat media sosial.Namun jangan lupakan juga inovasi sesungguhnya karya bangsa Indonesia. Inovasi tersebut dapatlah menjadi inspirasi bagi kita semua, di mana ada tekad, pasti ada jalan yang tersedia bagi yang mau berusaha.

Terlepas dari beberapa kata-kata pemanis yang ditambahkan oleh media massa, kita dapat melihat kesungguhan Tawan untuk tidak mau menyerah dan terus mau bekerja. Bukankah ini sudah cukup juga menjadikan inspirasi bagi kita semua?


Quote:



Jangan lupa cendol atuh ganemoticon-Malu (S)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Komentar2 Para Kaskuser ada di komen keduax ya, gan!
emoticon-Request
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 101 suara
Agan Pro atau Kontra dengan Bli Tawan? (Baca dulu ya gan baru milih *peace)
Pro, gan!
33%
Kontra! sepsi
67%
Diubah oleh snigill 28-01-2016 01:16
0
20.9K
155
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.