EkozordAvatar border
TS
Ekozord
7 Organisme Biolumenescence Menakjubkan
Selamat hari selasa wahai tuan dan nyonya, sudah lama kita tidak berjumpa. Karena kesibukan penulis yang nda bisa ditinggalken terpakasa penulis meninggalken jagad Kaskus yang mulia ini, Puji Tuhan semesta alam, hari ini penulis sudah diberi kesempatan untuk membuat thread lagi yang mudah-mudahan bermanfaat di dunia maupun di luar dunia. Kali ini penulis akan memberikan informasi tentang organisme yang mempunyai kemampuan bioluminescence. Bioluminuscence merupaken kemampuan makhluk hidup dalem memancarkan cahaya dari tubuhnya, contohnya kunang-kunang. Pada hari ini bukan besok, penulis bakal membikin thread tentang organisme-organisme bioluminescence lain selain daripada kunang-kunang tesebut, yang asing dan juga menakjubkan.


Sebelum dimulai penulis akan memeriksa barangkali repost

Spoiler for cek repost:



Pengertian
Seperti yang disebutkan di atas, Bioluminescence atawa Bioluminesensi adalah emisi cahaya yang dihasilkan oleh makhluk hidup akibat adanya reaksi kimia tertentu. Fungsi dari bioluminescence pun berbeda-beda ada yang berfungsi sebagei pertahanan diri, predasi(mekanisme memburu mangsa), maupun sinyal kimpoi(bukan nikah ya).


Berikut dibawah ini organisme-organisme berkemampuan bioluminescence



1.Glow Worm
Glow Worm merupaken invertebrata bekuran sedang, terkenal mempunyai cahaya berwarna kuning dan hijau di ujung ekornya, tidak hanya di ekor tapi di badan juga(tergantung jenis), bahkan ada yang bercahaya biru di New Zealand. Glow Worm merupaken serangga yang hidup di hutan lebat dan gua-gua. Lantaran bercahaya, hewan ini termasuk hewan nokturnal atawa aktif di malam hari.

gambar
Spoiler for :

Spoiler for :


video
Spoiler for :

Spoiler for :


2.Jamur Bercahaya
Tidak hanya di planet Pandora kampung halaman bangsa Na'vi, di Bumi pun ada 71 species jamur yang berkemampuan bioluminescence. Salah satunya Neonothopanus gardneri, jamur yang hidup di hutan-hutan Brazil. Fungsi bioluminescence itu sendiri adalah untuk menarik serangga hinggap agar nantinya menyebarkan spora jamur tersebut sehingga memperluas wilayah koloni jamur itu.

gambar
Spoiler for Neonothopanus gardneri:

Spoiler for Panellus stipticus:


video
Spoiler for :



3.Comb Jelly
Organisme ini merupaken hewan yang memiliki kekerabatan dengan dengan ubur-ubur, tidak seperti sodaranya ,ubur-ubur. Comb Jelly ndak menyengat. Kebanyakan comb jelly ndak punya tentakel kalaupun punya paling hanya sepasang saja. Hewan ini merupakan predator rakus, mangsa mereka adalah zooplankton, dan mereka bisa mengonsumsi zooplakton mencapai 10 kali lebih berat dari bobot tubuhnya. Rata-rata ukuran comb jelly di rentang 100mm-120mm. Hewan ini cukup unik, dia termasuk hewan hermaprodit alias berkelamin ganda, comb jelly berkembang biak dengan bertelur sekaligus mengeluarkan sperma untuk membuahi telurnya. Jadi tidak perlu jodoh untuk kimpoi.

gambar
Spoiler for :

Spoiler for :


video
Spoiler for :


4.Noctiluca Scintillans
Noctiluca Scintillans atawa biasa disebut Sea Sparkle, merupaken sejenis dinoflagelata yang hidup di laut bergerombol. Makanan makhluk ini merupakan plankton, bakteria, dan telor ikan. Cahaya yang menyala dikarenakan mereka melihat adanya fitoplankton, cahaya dihasilkan dari sitoplasma yang dipicu oleh reaksiluciferin-lucifrase pada organel-organel berbentuk bulat yang disebut scintillon. Habitat mereka berada di perairan pantai tropis dan subtropis. Bentuk satu Noctiluca berentuk bulat dengan berdiameter 200 sampai 2000 µm.

gambar
Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :


video
Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :


5.Tomopteris
Tomopteris merupaken sejenis cacing polychaete, semua tomopteris berbada transparan dan memancarkan cahaya tubuhnya. Tomopteris hidup di laut dalam yang gelap gulita. Kebanyakan tomopteris bercahaya biru tetapi ada juga yang bercahaya kuning seperti Tomopteris helgolandica. Tomopteris memancarkan cahaya untuk melindungi dirinya dari predator.

gambar
Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :


video
Spoiler for :


6. Udang Pelagik
Udang Pelagik adalah udang yang hidup di lautan dalam, mereka hidup pada kedalaman 200-1000m di bawah permukaan laut. Keunikan yang dimiliki udang-udang ini adalah mekanisme pertahanan dirinya yang menggunakan tinta bercahaya untuk membantu mereka kabur dari pemangsa.

gambar
Spoiler for :

Spoiler for :


video
Spoiler for :


7. Sea Saphire
Tuan dan nyonya makhluk terachir ini merupakan makhluk yang benar-benar bisa membuat dirinya menjadi ghaib. Ya ini lah sea saphireatawa safir laut bernama latin Sapphirina copepod. Sebagian besar safir laut ditemukan di laut Afrika, tetapi ditemukan juga di Rhode Island dan California, USA. Safir laut ukurannya kecil dan mirip udang serta berada di dasar rantai makanan laut. Hanya safir laut jantan yang bisa memancarkan warna, sedangkan yang betina benar-benar transparan. Warna safir laut kebanyakan berwarna keemasan dan biru tua.

gambar
Spoiler for :

Spoiler for :


video
Spoiler for :


sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Biolum...bioluminesensi
http://nationalgeographic.co.id/beri...yang-bercahaya
http://a-z-animals.com/animals/glow-worm/
http://www.aquariumofpacific.org/onl...ies/comb_jelly
https://en.wikipedia.org/wiki/Noctil...ca_scintillans
http://www.waterwereld.nu/tomopteris.php
https://id.wikipedia.org/wiki/Zona_pelagik
http://www.deepseanews.com/2014/02/t...ve-never-seen/


Sekian semoga bermanfaat wahai tuan dan nyonya
emoticon-Salam Kenal

jangan lupa kasih cendol

emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast

Thread saya yang laen
Quote:


silakan kunjungi blog saya

Heroes 'n Character
Diubah oleh Ekozord 26-01-2016 06:18
0
19.3K
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.