Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

g.sorrosAvatar border
TS
g.sorros
ITB Anugerahkan Doktor Kehormatan kepada SBY
Senin, 25 Januari 2016 | 16:16

ITB Anugerahkan Doktor Kehormatan kepada SBY

Metrotvnews.com, Bandung: Institut Teknologi Bandung menganugerahi Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dengan gelar kehormatan doctor honoris causa. Penganugerahan Doktor Kehormatan itu diberikan langsung oleh Rektor ITB Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi dalam sidang terbuka di Aula Barat ITB, Jalan Ganesa Nomor 10, Bandung, Jawa Barat, Senin 25 Januari.

Pantauan Metrotvnews.com, SBY tiba di Aula Barat ITB pukul 9 WIB, didampingi istri, Ani Yudhoyono. Kedatangannya mendapat pengawalan ketat dari Polri. Tanpa mengeluarkan kata sepatah pun, SBY bergegas masuk ke Aula.

Sidang terbuka diawali pidato Rektor ITB Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi. Dalam pidatonya Suryadi menyampaikan keberhasilan SBY selama memimpin Indonesia dalam dua periode yakni 2004-2009 dan 2009-2014. Salah satu keberhasilan SBY yang dinilai ITB yakni adanya lembaga independen Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain itu, Rektor ITB juga mengungkapkan keberhasilan SBY sehingga dianugerahkan gelar Doktor Kehormatan. Di antaranya membuka lapangan pekerjaan untuk perbaikan ekonomi di Indonesia di masa kepemimpinannya.

"Kepemimpinan Prof H Susilo Bambang Yudhoyono telah membuat komitmen tentang rencana dan pertumbuhan ekonomi, salah satunya membuka lapangan pekerjaan," kata Kadarsah Suryadi, di Aula Barat ITB, Jalan Ganesa Nomor 10, Bandung, Jawa Barat, Senin (25/1/2016).

Hingga berita ini disusun, sidang terbuka ITB masih berlangsung. Rencananya, SBY akan membacakan pidato ilmiah berjudul "Kontribusi Sains dan Teknologi terhadap Green Economy dan Pembangunan Berkelanjutan."
TTD

sumber
SBY Dianugerahi Gelar Doktor Kehormatan ITB
Jakarta – Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, dianugerahi gelar doktor kehormatan (honoris causa) bidang Pembangunan Berkelanjutan dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Juru Bicara Partai Demokrat Imelda Sari, mengatakan, upacara penganugerahan gelar doktor honoris causa yang dipimpin Rektor ITB Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi DEA digelar di Aula Barat ITB, Jalan Ganesha Bandung, Jawa Barat, pada Senin (25/1).

"Pak SBY mendapat gelar doktor hanoris causa atas pengabdiannya di bidang ilmu pengetahuan dan perubahan cara berpikir ke arah pembangunan berkelanjutan, terutama di bidang energi baru dan terbarukan," kata Imelda saat dihubungi di Bandung, Senin (25/1).

Imelda mengatakan, hadir pada kesempatan itu, Ibu Ani Yudhoyono, Wapres ke-11 RI Boediono, dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2009-2014 di antaranya, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menhan Purnomo Yusgiantoro, dan Mendiknas Muhammad Nuh.

Selain itu, hadir pula, Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca Pandjaitan, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono, Ketua Komisi IX DPR yang juga mantan wakil gubernur Jawa Barat Dede Yusuf.

Menurut Imelda, SBY yang kini memimpin Global Green Growth Institute (GGGI), sebuah organisasi internasional berpusat di Seoul, Korea Selatan, dikenal luas di pentas internasional. SBY kerap menuangkan pemikiran-pemikirannya dalam bentuk tulisan, di antaranya mengenai Trilogi Pembangunan Abad XXI.

Trilogi Pembangunan Abad XXI mencakup pertumbuhan (growth), keadilan (equity), dan keberlanjutan (sustainability).

sumber

Ini Gelar Akademik SBY

Jakarta-Presiden keenam Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono, hari ini mendapat penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat.

Upacara penganugerahan yang dihadiri Ibu Ani Yudhoyono, Wapres ke-11 Boediono, jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II di antaranya, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, dan Mendiknas Muhammad Nuh.

SBY yang meraih gelar doktor bidang Ekonomi Pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB), pada 2004 lalu. Pada 12 Juni 2014, dalam Sidang Senat Terbuka Akademik Universitas Pertahanan Indonesia, SBY dikukuhkan sebagai guru besar di bidang ilmu Ketahanan Nasional.

Melalui pengukuhan tersebut, SBY menjadi guru besar pertama di Indonesia dalam bidang ilmu Ketahanan Nasional.

Berikut gelar penghargaan dan akademik yang diraih Prof Dr Susilo Bambang Yudhoyono, sejak tahun 2005 hingga saat ini.

Pada September 2005, SBY dianugerahi gelar doktor Honoris Causa (HC) bidang Ilmu Hukum dari Webster University, St. Louis, Amerika Serikat. ​Selanjutnya, Doktor HC bidang Ilmu Politik dan Thammasat University, Bangkok, Thailand, pada Desember 2005. Doktor HC bidang Pertanian​​ dari Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, pada September 2006.

Selanjutnya, gelar doktor HC bidang Media dan​​ Pemerintahan dari Keio University, Tokyo, Jepang, November 2008. Doktor HC dari Tsinghua ​​University, Beijing, Tiongkok pada Maret 2012. Doktor HC dari Universiti Utara ​Malaysia​, Desember 2012.

Doktor HC Bidang Kepemimpinan dan Pelayanan Publik dari Nanyang Technological University (NTU), Singapura, April 2013.

Doktor HC Bidang Hukum Perdamaian dari Universitas Syiah ​Kuala Banda Aceh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, September 2013. Doktor HC dari Ritsumeikan ​​University, Kyoto, Jepang​, September 2014. Doktor HC dari Soka University ​​Tokyo, Jepang, Oktober 2014.

Honorary Doctor of Letters dari University of Western Australia, Perth, Australia, 22 September 2015.

sumber


Selamat pak Beye, terimakasih sudah memimpin Indonesia selama 10 tahun.
0
3.6K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.