mutenroshi23Avatar border
TS
mutenroshi23
8 Aktor Terkenal yang Menang Oscar Bukan karena Aktingnya


Quote:

Quote:

Meraih Piala Oscar atas karya yang dihasilkan mungkin menjadi impian banyak pekerja film, khususnya di Hollywood. Apalagi bila menyangkut para aktor dan aktris, penghargaan film tertua di Hollywood ini bisa mengangkat reputasi, bahkan menaikkan nilai tawar mereka di industri. Tentu saja, tak semua bisa meraih piala ini, mengingat hanya dibagikan setahun sekali. Akibatnya, banyak sekali aktor atau aktris yang telah sangat dikenal publik yang belum berkesempatan mendapatkan Piala Oscar berkat aktingnya.

Akan tetapi, rupanya ada beberapa nama yang berhasil meraih Oscar di bidang lainnya, sekalipun mereka lebih dikenal publik sebagai aktor. Nama-nama ini justru menang Piala Oscar sebagai sutradara, penulis skenario, hingga produser film. Sehingga, sekalipun bukan karena akting, mereka tetap bisa berbangga karya masing-masing yang diakui oleh ajang bergengsi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1.BEN AFFLECK

Menjadi salah satu aktor bersinar di akhir era 1990-an, akting Affleck sejauh ini belum berhasil diperhitungkan di ajang Oscar. Tetapi, tak perlu serta merta berkecil hati, sebab ia sudah mengoleksi dua Piala Oscar justru bukan dari akting. Oscar pertama diraih Affleck sebagai penulis skenario Good Will Hunting (1997), dan juga sebagai produser untuk Argo (2013) yang menang Best Picture.

2.MATT DAMON

Terhitung sampai ajang Piala Oscar 2016, sohib dari Ben Affleck ini telah masuk nominasi bidang akting sebanyak tiga kali (Good Will Hunting, Invictus, The Martian). Namun, ia juga pernah membawa pulang satu Piala Oscar sebagai penulis skenario Good Will Hunting (1997) bersama Affleck.

3.CLINT EASTWOOD

Eastwood adalah bintang action terkenal Hollywood era 1960-an dan 1970-an yang bertransisi mulus sebagai sutradara dan produser yang disegani. Sejauh ini, Eastwood belum pernah menang Oscar sebagai aktor, tetapi ia sudah mengoleksi empat Piala Oscar. Piala tersebut diraihnya sebagai sutradara dan produser untuk film Unforgiven (1992) dan Million Dollar Baby (2004).

4.MEL GIBSON

Gibson menjadi salah satu bintang Hollywood terkenal di era 1980-an hingga 1990-an. Tetapi, prestasinya di ajang Oscar justru didapat saat ia memproduseri dan menyutradarai film kolosal Braveheart (1995). Lewat film ini, Gibson raih Piala Oscar di kategori Best Directing dan Best Picture.
MEL GIBSON

5.KEVIN COSTNER

Costner adalah bintang idola lewat film-film action dan drama yang dibintanginya era 1980-an. Akan tetapi, momen terbaiknya datang lewat film yang diproduseri dan disutradarainya sendiri, Dances with Wolves (1990). Ia meraih Piala Oscar berkat film ini di kategori Best Directing dan Best Picture, walau sayangnya ia gagal menang di Best Actor.

6.WARREN BEATTY

Aktor kawakan ini telah memantapkan karier sebagai aktor sejak tahun 1960-an, namun ia juga tekun menjajal profesi sutradara dan penulis skenario. Meski berulang kali juga masuk nominasi Best Actor, Beatty justru berhasil membawa pulang Piala Oscar sebagai sutradara lewat film Reds (1981).

7.BRAD PITT

Sosoknya yang rupawan membuatnya jadi idola dunia sejak dekade 1990-an sampai sekarang. Kemampuan aktingnya juga sempat dilirik ajang Oscar dengan masuk nominasi sebagai aktor sebanyak tiga kali. Akan tetapi, Pitt justru berhasil membawa pulang Piala Oscar berkat kemenangan film 12 Years a Slave (2013) yang diproduserinnya sebagai Best Picture. Tahun 2016 ini, Pitt sebagai produser masuk nominasi lagi di Best Picture lewat film The Big Short.

8.BILLY BOB THORNTON

Pria berkarakter khas ini menjadi salah satu aktor yang aktingnya juga diperhitungkan di ajang Oscar. Thornton telah dua kali dinominasikan sebagai aktor di Oscar, namun ia belum pernah menang. Meski demikian, ia pernah berhasil meraih Piala Oscar sebagai penulis skenario dalam kategori Best Adapted Screenplay untuk film Sling Blade (1996).

Quote:

SUMBER
Diubah oleh mutenroshi23 24-01-2016 13:21
0
70.3K
313
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.