yogiegk.idAvatar border
TS
yogiegk.id
Waspada! Bahaya Memakai BAJU BARU yang Belum di Cuci
Lebaran sebentar lagi, menurut ane emoticon-Ngakak Tapi memang bener loh gan walaupun beberapa hari lagi tiba-tiba sudah di hari H dan tidak kerasa. Dan kita juga mau ga mau kalau belanja waktu bulan puasa menjelang lebaran harus nimrung beli bajunya, engga di Mall engga di pasar semua suasanya rame pada beli baju baru untuk lebaran.



Di Indonesia itu setiap hari lebaran mayoritas membeli baju baru buat lebaran buat ngunjungi sanak keluarga di kampung atau dimana aja deh Hari Raya Lebaran. Dan setiap kita beli baju mungkin langsung di pakai, Tapi agan tau engga Bahayanya baju baru yang di pakai sebelum di cuci? Mungkin yang terasa dan di anggap sepele sama kita itu adalah rasa gatel-gatel.

Jangan langsung di pakai pakaian yang baru dibeli sebelum mencucinya. Beberapa laporan menunjukkan bahwa penggunaan bahan kimia beracundalam pengolahan pakaian dapat menimbulkan reaksi alergi dan risiko lainnya terhadap kesehatan juga.

Bahan kimia ini bukan cuma mencemari air, makanan dan obat-obatan aja bro, tetapi juga ditemukan dalam pakaian. Pakaian dari bahan kain rayon atau serat sintetis dibuat dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Produsen kain di Asia kebanyakan menggunakan bahan kimia beracun dalam pengolahan serat kain, bahkan hingga proses pengemasan pakaian.

Setelah pakaian selesai diproduksi, produsen biasanya menambahkan formaldehid untuk menjaga pakaian dari kerutan dan mencegah tumbuhnya jamur selama pengiriman.
Formaldehid sebagai pengawet pakaian ini juga menambah paparan racun pada pakaian. Kulit merupakan organ terbesar manusia, sehingga kebersihan dan keamanan pakaian dari bahan kimia perlu diperhatikan.

Beberapa laporan menunjukkan adanya reaksi alergi yang parah terhadap formaldehid. Ada juga efek negatif jangka panjang terhadap kesehatan secara keseluruhan akibat paparan bahan kimia yang terlalu dekat dengan tubuh.

Seorang dokter spesialit kulit Columbia University Medical Center, Donald Belsito, semua pakaian baru yang kelihatan bersih sebenarnya tidak begitu bersih.

Quote:


Belsito mengatakan:

Quote:


Di sisi lain, Dr. Tierno, seperti dilansir iDiva mengatakan bahwa baju baru bisa membawa bakteri yang berbahaya bagi pernafasan, daerah kewanitaan, jamur pada kulit, dan lain sebagainya. Menurut penelitian yang telah dilakukan, bakteri-bakteri tersebut biasanya akan ditemui di area ketiak, paha bagian atas, atau juga leher.

Tak hanya ditemukan pada baju atau celana, bakteri juga sangat mungkin ditemukan pada pakaian dalam atau handuk. Inilah kenapa Anda harus benar-benar mencuci bersih terlebih dahulu semua barang yang Anda beli di toko atau di mall.

Bahan kimia beracun lainnya seperti formalin dapat digunakan untuk membuat serat sintetis untuk handuk dan selimut. Bahan kimia lain dalam pakaian yang umum digunakan adalah nonylphenol ehtoxylate (NPE).
Penggunaan NPE pada beberapa merek pakaian terkenal telah dibatasi di berbagai negara di Asia. Namun, sampai sekarang belum ada batasan penggunaan bahan kimia pada pengolahan pakaian di Cina dan negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Pakaian berwarna hitam dan yang menggunakan pewarna untuk bahan kulit sering mengandung p-phenylenediamine (PPD), yang dapat menghasilkan reaksi alergi. Senyawa organik volatil dan produk pemutih juga banyak sekali digunakan oleh industri tekstil.

Baca label pakaian terlebih dahulu sebelum membelinya dan hindari bahan-bahan sintetis seperti rayon, nylon, polyester, acrylic, asetat atau triasetat sebanyak mungkin.

Masih mau di Pake sebelum di Cuci?
Berikut Tips dan Solusinya


Tips sebelum di Pakai:

Quote:


Terus bagaimana Jika sudah terlanjut di pakai? emoticon-Bingungdi bawah gan Tipsnya kalau sudah terlanjut di pakai.

Tips jika sudah Terlanjut memakai Baju Baru yang belum di Cuci:
Quote:


Sekian gan, semoga bermanfaat dan ga gatel-gatel lagi waktu pakai baju baru, mohon maaf jika ada yang salah, Karenaaaa "Aku manusia" emoticon-NgakakDan ane mau ngucapin selamat menunaikan Ibadah Puasa. Tetap semangat berburu pahala emoticon-Kiss (S)

Sumurnya : Sumber
0
7.5K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.