Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

litopedionAvatar border
TS
litopedion
Kecubung
Halo agan dan aganwati semua. Ane udah lama tau Kaskus tapi baru banget buat akun. Ini postingan pertama ane di Kaskus. Buat menghibur aja semoga pada suka, hehe.. emoticon-Malu (S)

Bagian pertama : Definisi Kecubung

Tiiiiiin….!
“Woy mbak, jangan nerobos dong!” emoticon-Mad (S)
“Maaf Pak, saya telat.”
Pagi itu, Senin jam 07.15 WITA, seperti biasa gue ngegas motor MX gue dengan kecepatan 70 Km/jam. Seperti biasa juga gue selalu hampir nabrak orang. Dunia terlalu sempit sob, dan jalan di Indonesia terlalu kecil buat pembalap pro kayak gue, belum lagi lubang-lubang dan polisi tidur yang tingginya ngalah-ngalahin rok mbak-mbak SPG rokok di mall.
“Ckckck, Ubung, mau berapa kali lagi orang tua kamu Bapak panggil ke sekolah? Kamu hampir tiap hari terlambat.”
“Maaf Pak, tadi saya BAB.”
“Astaga.. harus ya alibimu itu disebut?”
“Kenyataannya begitu, Pak. Apa Bapak bisa menahan reflek defekasi?”
“Haduuh, makin ngawur. Sudah jangan dibahas lagi. Ini surat sampaikan ke orang tuamu ya”
“Orang tua saya di Papua, Pak. Suratnya paling sampai 7 hari lagi, belum kalau kurirnya kenapa-napa di jalan. Biaya pesawat ke sin…”
“Ah, sudah-sudah. Saya tau orang tuamu masih bekerja di Papua. Untung kamu ada prestasinya, sana kembali ke kelas.”
“Bapak baik banget. Makasi ya, Pak. emoticon-Malu (S)
Beliau itu Bapak Wayan, guru biologi yang lagi piket. Terkenal galak banget seantaero SMA gue kalo lagi ngajar. Anehnya, gue ngga pernah digalakin. Mungkin karena gue nyaut-nyaut aja pas beliaunya nanya-nanya di kelas, mau bener mau salah yang penting disautin. Rumus naklukin guru itu : modal nekat aja beres.

Seperti biasa gue selalu telat di jam pelajaran pertama. Anyway, alasan BAB itu murni tanpa direkayasa. Gue, oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dianugerahi dengan pencernaan yang bagusnya ngga ketulung. Lo bayangin aja ya, gue minum seteguk air itu udah bisa bikin seluruh alat pencernaan gue mulai dari esofagus, lambung, usus halus sampai usus besar gue gerak semua yang pada akhirnya memicu reflek defekasi alias reflek e’e. Ini alasan kenapa gue males banget sarapan, ujung-ujungnya gue telat.
Jam pelajaran pertama hari ini diisi dengan fisika. Gue ngga ngerti lagi indahnya sekolah itu kayak gimana, abis panes-panesan upacara balik-balik bukannya nemu es degan jeruk nipis eh malah ketemu fisika. Gue ngga ikut upacara sih tapi ngeliat wajah-wajah blingsutan di kelas udah mampu mendeskripsikan segalanya. Gue bilang permisi ke guru pengajar dan langsung dibolehin masuk. Lah kok enak ngga dihukum? Dihukum, coret presensi. Bangku gue nomor empat dari depan, pas di baris tengah.
“Bung, lo mah telat mulu.”
“Ah lo kayak ngga ngerti gue aja.”
Temen sebangku gue namanya Mei Wulansari. Anaknya rajin, baik, supel, tapi rada centil gitu dandanannya. Kebalikan gue banget pokoknya tapi kita saling mengisi, kayak Nut*lla sama roti tawar.
“Lo cewek rajin dikit napa, biar laku gitu.”
“Terus kalo udah rajin kayak elu emang udah pasti dapet cowok?”
“Nah, gue dibalikin lagi kan. Seenggaknya gue ada yang naksir.”
“Alibi lo Meiii.. Jomb ya jomb. Enough, undebateable.”

Oh iya, gue lupa ngenalin diri. Nama gue Kecubung. Apa? Kecebong? emoticon-Cape d... (S) Itu lawakan basi yang udah jutaan kali keluar masuk kuping gue tiap baru kenalan sama orang. Ke-cu-bung. tanpa basa-basi, tanpa embel-embel lagi. Ibarat kalo lagi makan, lo makan nasi doang udah ngga pake lauk ngga pake sambel. Pertanyaan kedua yang biasanya terlontar itu ‘hah? Itu doang? Kok bisa?’. Gue maklumin pertanyaan macem begitu, karena gue sendiri pun bertanya ke ortu gue di tahun 2006 pas kelas 6 SD, dimana membully nama adalah hal yang sangat ngehits waktu itu.
“Ayah, kok nama saya Kecubung sih? Aneh, saya diledekin siluman kecebong tiap hari.” (Tanya gue sambil nangis di pangkuan bokap).
“Kecubung itu nama batu, nak. Batu kecubung.”
“Hah? Batu? Kok batu?”
“Orang-orang punya batu kelahiran sesuai bulan lahirnya. Kamu lahir di bulan Februari, batumu batu kecubung. Warnanya ungu, cantik, seperti kalung yang Ayah kasih yang sekarang kamu pakai itu.”
“Oh ini batu kecubung ya, Yah?”
Bokap gue ngangguk sembari menjelaskan bahwa kalung batu kecubung itu bisa meningkatkan cakra gue yakni cakra mahkota yang letaknya di ubun-ubun, simbol dari kekuatan pikiran. Bokap bilang batu kecubung itu simbol dari keanggunan dan kecerdasan. Karena nama adalah doa jadi seperti itulah harapan mereka ke anak cewe satu-satunya ini.
Sejak saat itu gue udah ngga peduli dengan bullyan, karena udah tertanam di otak gue bahwa kecubung adalah sesuatu yang keren bukan fase metamorfosanya kodok, katak, dan makhluk-makhluk sebangsanya.
Ketika gue udah mengenal internet, kira-kira waktu SMP kelas dua, gue iseng browsing di warnet tentang batu kecubung. Gue kaget ternyata si kecubung ini punya nama lain yang keren gila. Amethyst. Gue pulang dan protes lagi ke bokap kenapa gue ngga dinamain Amethyst aja. Jawabannya simpel, ‘karena ayah gatau’. Iyaaaa wajar sih zaman bokap mana ada internet, mana ada buku yang bahas nama lain dari batu kecubung. Ya Tuhan, kalo mesin waktunya Doraemon beneran ada, gue mau balik ke tahun 1994, terus gue dateng ke Rumah Sakit Sanglah, gue cari Bapak Made Surya dan Ibu Wayan Pratiwi, gue mau bilang
“Pak, anaknya dikasi nama Amethyst aja.”
“Lah, tapi saya maunya Kecubung.”
“Sama aja, Pak. Udah pokoknya itu aja, lebih cantik, lebih baguuus.”
“Oh gitu ya, mbak? Iya, saya namain Amethyst.”
Seandainya aja bisa kayak gitu, gue bakal hidup dengan tenang.

Ngomong-ngomong doa ortu gue bisa dibilang hampir terwujud, kecuali anggunnya. Gue jauh banget dari kata itu. Gue cewek tomboy, dengan dandanan yang boyish tapi rambut tetep panjang sebahu, itu karena request’an dari bokap yang lebih suka cewe rambut panjang. Tinggi gue 165 cm, cukup tinggi dibanding cewe-cewe di sekolah gue. Gue dari Bali, tapi gue bingung kenapa nama gue ngga ada Putu atau Wayannya. FYI, Putu atau Wayan itu nama untuk anak pertama orang Bali. Gue udah beberapa kali ketemu orang luar Bali yang bertanya sistem penamaan di Bali. Oke, gue jelasin secara singkat aja. emoticon-Cool

Filosofi nama orang Bali diambil dari satu ijas (rentetan) buah pisang. Biasanya dalam satu ijas berisi empat sampai lima buah pisang. “Wayan” diambil dari buah pisang pertama yang disebut “wayah-an” artinya “yang paling matang” alias anak sulung. “Wayan” tadi punya sinonim yaitu “Putu”. Selanjutnya ada “Made” dari kata “madia” yang artinya “tengah” diambil dari buah kedua yang letaknya di tengah, so buah ini mewakili anak kedua yang lahirnya di tengah-tengah kakak dan adiknya. Sinonim “Made” adalah “Nengah”, yang artinya juga “di tengah”. Lalu ada “Nyoman” atau “Komang” yang berasal dari kata “uman” yang artinya “sisa” atau “akhir”. Lah, kalo udah akhir kenapa masih ada Bapak Ketut? Nah, sebenarnya orang Bali memiliki pandangan hidup bahwa tiga anak cukup, yaa nyerempet dikitlah sama program KB pemerintah Indonesia yang ‘dua anak cukup’ itu. Namun, karena program KB itu blojornya belakangan daripada prinsip hidup orang Bali maka lahirlah adiknya Si Komang tadi yaitu Ketut. “Ketut” berasa dari kata “kitut” yang menunjukkan satu buah pisang kecil di ujung terluar dari sesisir pisang tadi. Pisang ini adalah bonus dan ukurannya mini makanya cocok untuk mewakili anak keempat yang (kalo mengikuti prinsip orang Bali) sebenarnya tidak dikehendaki untuk lahir. Alih-alih menyebut “anak kebobolan”, nama Ketut menjadikannya “anak bonus”, yang jauh lebih enak didenger. Ketut ini ngga punya sinonim kayak yang lainnya. Terus kalo anak kelima dinamain apa dong? Nama orang Bali biasa (yang tidak berkasta) hanya ada empat, udah, ngga boleh diganggu gugat. Anak kelima dan seterusnya balik lagi mengikuti urutan tadi, hanya saja diembel-embeli dengan kata “balik”. Anak kelima menjadi Wayan Balik, keenam menjadi Made Balik, dan begitu seterusnya.

Walaupun gue anak tunggal, gue ngga pernah dimanja. Apa-apa harus diusahakan sendiri dulu, kalo udah ngga sanggup baru boleh minta tolong. Kalo dari segi kekuatan pikiran, gue ngga cuma dapet satu tapi dua. Otak gue lumayan encer untuk nangkep pelajaran, makanya walaupun tiap ulangan gue SKS, nilai gue ngga pernah di bawah standar. Ini gue lagi ngerjain kuis fisikanya Pak Mansur, biasanya temen-temen pada nyontek. Gue bukan tipe orang yang budeg pas ujian, makanya anak-anak ngga sangsi gaul sama gue. Tapi malah gue yang agak susah bergaul, cuma soal-soal ini yang bisa bikin gue akrab sama temen-temen, di luar itu gue ngga lebih dari cewe nerd yang ngga populer.
emoticon-Turut Berduka

__________________________________________________________

Part 1 nya segitu dulu gan. Kalo suka bole bantu emoticon-Rate 5 Star
Part 2 dan selanjutnya bakal ane update lagi. Makasi buat agan" yang udah baca. emoticon-Kiss (S)

Spoiler for Bagian kedua : Kecubung dan Para Kesayangan:


Spoiler for Bagian ketiga : Palmistri dan Rahasia yang Tak Terungkap:
Diubah oleh litopedion 28-01-2016 20:59
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
3.9K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the HeartKASKUS Official
31.6KThread42.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.