Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hamizan77Avatar border
TS
hamizan77
[Silahkan Di Klaim] Harga Daging Sapi Tembus Rp 130 Ribu
INILAH, Bandung - Harga daging sapi yang semakin tinggi memberatkan para pedagang. Hal ini dirasakan oleh Ade Kumis (62) salah seorang pedagang bakso keliling di kawasan Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung.

"Tadi pagi saya beli sudah Rp 120 ribu, kemarin Rp 110 ribu," kata Ade saat berbincang di kawasan Kacapiring Kota Bandung, Rabu (20/1/2016).

Ade harus mengikuti lonjakan harga daging yang terus merangkak belakang ini. Dia berharap, pemerintah mau memberikan solusi agar harga jual daging sapi di pasaran kembali normal.

"Mau enggak mau harganya saya naikkan, kalau biasa Rp 10 ribu, sekarang saya jual Rp 11 ribu. Tolong ada usaha dari pemerintah agar memperhatikan nasib pedagang kecil seperti kami," ucapnya.

Hal serupa diutarakan Eka Purnama (35) yang kesehariannya menjajakan daging sapi di los Pasar Kosambi Kota Bandung. Sudah satu pekan ini, dagangannya sepi dari pembeli. Bahkan, beberapa rekannya terpaksa meliburkan diri.

"Sudah satu minggu ini sepi, mungkin pembeli shok dengan harga yang selangit ini. Saya jual per hari ini saja sudah Rp 130 ribu untuk satu kilo daging," kata Eka.

Menurut Eka, kenaikan harga daging sapi ditengarai akibat beban pajak yang harus ditanggung oleh pedagang. Namun, dia tidak tahu secara pasti. Pasalnya, informasi tersebut hanya ia terima dari pemasok daging langganannya.

"Dengar-dengar ada PPN, tetapi saya belum tahu. Padahal tahun-tahun kemarin beban pajak tidak dibebankan kepada kita, baru tahun ini," ucapnya.

Sepinya kegiatan jual beli, dirasakan juga oleh pedang ayam potong. Dadang Hermawan (28), mengaku dagangannya kini tak lagi ramai dikunjungi oleh pembeli seiring melambungnya harga ayam potong yang mencapai Rp 40 ribu per satu kilogram.

"Harga ayam enggak stabil, saya jual sekarang Rp 38 ribu - Rp 39 ribu satu kilo. Kalau dikatakan turun memang, kan asalnya Rp 42 ribu. Tetapi turun segitu mah enggak ngaruh, dagangan tetap sepi, enggak ngaruh ke kita," kata Dadang.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bandung Erick M Attauriq membenarkan jika belakangan ini beberapa komoditas di Kota Kembang tengah mengalami peningkatan harga.

"Kita juga lagi pantau, apakah kenaikkan harga daging sapi ada kaitannya dengan PPN, enggak tahu juga ya. Yang jelas kita terus monitoring pergerakan selama minggu ini," kata Erick via telepon selulernya.

Menurut Erick, fenomena saat ini telah dikomunikasikan bersama dinas terkait serta Tim Pengendalian Inflasi Daerah. Dalam pertemuan yang dilakukan awal pekan kemarin, operasi pasar dipilih jadi solusi guna menekan harga beberapa komoditas di pasaran.

"Jadi ada tiga komoditas yang mengalami pergerakan yaitu daging sapi, ayam dan telur. Khusus daging sapi dan ayam, jika dalam satu minggu ini bergerak terus kita rekomendasikan ke provinsi untuk operasi pasar," tandas dia. [ito]

sapi

wah, gimana janji harga sapi cuma 70 ribu? sudah ada kapal sapi laut masak harga masih tinggi juga?
0
3.6K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.