abeonersAvatar border
TS
abeoners
.: Indonesian Hip Hop | #HIPHOPINDO :.
Dengan ini, TS sangat mengharapkan kepada mimin / momod untuk menghapus THREAD ini
TS menyesali apa yang sudah di share, di posting, juga untuk teman yang masih menyimpan data-data musik / album dsb. yang pernah TS share. Mohon untuk segera di hapus, karena TS sudah bertobat, menyesali dan tidak akan mengulanginya kembali serta TS berlepas diri dari kesalahan masalalu tersebut.

dan TS pribadi ingin mengingatkan kepada teman semua, untuk selalu mengingat kematian, bagaimana kita kelak di matikan, dalam keadaan khusnul khotimah atau su'ul khotimah? sudah berapa banyak perbekalanmu untuk kembali?

dan tentu kawanku, berhati-hatilah dalam mencari ilmu agama dan guru agama! jangan datangi majelis yang penuh berisi politik, banyak komedi (sekedar lucu), membicarakan orang, karena banyak ulama yang dapat membuatmu salah jalan. datangilah majelis yang dapat meningkatkan ibadahmu, ketakutanmu kepada Allah subhana waataala dan makin membuatmu ber-ittiba kepada Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam untuk mengerjakan segala sunnah-nya dan ingat saudaraku, sungguh yang HALAL itu jelas sebagaimana yang HARAM pun itu tampak jelas, maka jauhilah perkara SYUBHAT yang dapat menjerumuskan-mu kepada perkara yang dapat merugikanmu dunya akhirat. sebagaimana dengan riwayat hadist berikut :

Dari An Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِن الْحَلاَلَ بَينٌ وَإِن الْحَرَامَ بَينٌ وَبَيْنَهُمَا مُشْتَبِهَاتٌ لاَ يَعْلَمُهُن كَثِيرٌ مِنَ الناسِ فَمَنِ اتقَى الشبُهَاتِ اسْتَبْرَأَ لِدِينِهِ وَعِرْضِهِ وَمَنْ وَقَعَ فِى الشبُهَاتِ وَقَعَ فِى الْحَرَامِ كَالراعِى يَرْعَى حَوْلَ الْحِمَى يُوشِكُ أَنْ يَرْتَعَ فِيهِ أَلاَ وَإِن لِكُل مَلِكٍ حِمًى أَلاَ وَإِن حِمَى اللهِ مَحَارِمُهُ

“Sesungguhnya yang halal itu jelas, sebagaimana yang haram pun jelas. Di antara keduanya terdapat perkara syubhat -yang masih samar- yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Barangsiapa yang menghindarkan diri dari perkara syubhat, maka ia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Barangsiapa yang terjerumus dalam perkara syubhat, maka ia bisa terjatuh pada perkara haram. Sebagaimana ada pengembala yang menggembalakan ternaknya di sekitar tanah larangan yang hampir menjerumuskannya. Ketahuilah, setiap raja memiliki tanah larangan dan tanah larangan Allah di bumi ini adalah perkara-perkara yang diharamkan-Nya.” (HR. Bukhari no. 2051 dan Muslim no. 1599)

Baca Selengkapnya : https://rumaysho.com/3022-meninggalk...a-syubhat.html











Siapa saja yang hidup di akhir zaman, tidak lepas dari lantunan suara musik atau nyanyian. Bahkan mungkin di antara kita –dulunya- adalah orang-orang yang sangat gandrung terhadap lantunan suara seperti itu. Bahkan mendengar lantunan tersebut juga sudah menjadi sarapan tiap harinya. Itulah yang juga terjadi pada sosok si fulan. Hidupnya dulu tidaklah bisa lepas dari gitar dan musik. Namun, sekarang hidupnya jauh berbeda. Setelah Allah mengenalkannya dengan Al haq (penerang dari Al Qur’an dan As Sunnah), dia pun perlahan-lahan menjauhi berbagai nyanyian. Alhamdulillah, dia pun mendapatkan ganti yang lebih baik yaitu dengan kalamullah (Al Qur’an) yang semakin membuat dirinya mencintai dan merindukan perjumpaan dengan Rabbnya.

Lalu, apa yang menyebabkan hatinya bisa berpaling kepada kalamullah dan meninggalkan nyanyian? Tentu saja, karena taufik Allah kemudian siraman ilmu. Dengan ilmu syar’i yang dia dapati, hatinya mulai tergerak dan mulai sadarkan diri. Dengan mengetahui dalil Al Qur’an dan Hadits yang membicarakan bahaya lantunan yang melalaikan, dia pun mulai meninggalkannya perlahan-lahan. Juga dengan bimbingan perkataan para ulama, dia semakin jelas dengan hukum keharamannya.

Alangkah baiknya jika kita melihat dalil-dalil yang dimaksudkan, beserta perkataan para ulama masa silam mengenai hukum nyanyian karena mungkin di antara kita ada yang masih gandrung dengannya. Maka, dengan ditulisnya risalah ini, semoga Allah membuka hati kita dan memberi hidayah kepada kita seperti yang didapatkan si fulan tadi. Allahumma a’in wa yassir (Ya Allah, tolonglah dan mudahkanlah).

Baca Selengkapnya : https://rumaysho.com/372-saatnya-men...kan-musik.html
Diubah oleh abeoners 24-09-2018 09:36
0
39.7K
222
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Musiklopedia
MusiklopediaKASKUS Official
1.3KThread1.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.