Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hmtambunanAvatar border
TS
hmtambunan
Bisnis Akik Memudar
http://obrolanbisnis.com/bisnis-akik-memudar/
Tiga bulan lalu kita masih masyarakat di tanah air ‘gila’ dengan batu akik. Sampai-sampai hampir di pelosok nusantara ‘demam’ mencari-cari batu akik untuk dikoleksi. Spontan juga banyak bermunculan perajin hingga pedagang batu akik.

Kini kekilauan batu akik meredup di makan waktu. Mungkin salah satu penyebabnya adalah terjadi kelesuan ekonomi di tengah masyarakat. Imbasnya kini, pengrajin dan pedagang batu akik di beberapa daerah terpaksa gulung tikar.

Seperti di Kota Palembang, perajin dan pedagang batu akik kian menyusut. Banyak yang terpaksa tutup karena sepinya penggemar batu akik.

Bambang, salah satu perajin batu akik yang mangkal di Pasar Cinde Kota Palembang, mengeluhkan pendapatan menyusut. “Usaha batu akik sudah tidak lagi bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Pendapatan kini tinggal Rp 70 ribu/hari. Dulu batu akik menjadi primadona dengan penghasilan sampai Rp 3 juli/hari,” keluhnya.

Olahan batu akik biasanya diserbu peminatnya, namun kini tinggal beberapa peminat saja yang pencari batu lavender, bacan atau solar.

“Anjlok sudah penghasilan. Kini, sejumlah pedagang, pengrajin serta pencari batu akik telah beralih profesi. Kios yang menyediakan batu akik serta perlengkapannya, banyak yang tutup,” ucapnya.

Hal yang sama dirasakan pedagang dan pengrajin batu akik jenis bacan di Kota Ambon Provinsi Maluku. Konsumen cenderung sepi.

“Kegiatan jualan berbagai jenis batu akik mendadak sepi, tidak seperti beberapa bulan sebelumnya booming batu akik,” kata Rosita, salah satu pedagang batu akik.

Rosita menyebutkan, peminatnya lebih memilih untuk membeli bahan (rough) yang harganya lebih murah sekitar Rp 50 ribu – Rp 100 ribu. Selanjutnya bahan tersebut dipotong dan dipoles menjadi lima atau enam batu akik.
0
5.5K
57
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.