• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ini loh Alasan Kenapa HP-mu Selalu Jatuh dengan Posisi Layar Menghadap Bawah!

asayoyaAvatar border
TS
asayoya
Ini loh Alasan Kenapa HP-mu Selalu Jatuh dengan Posisi Layar Menghadap Bawah!
selamat malem agan sista, selamat pagi dan siang juga kalo lagi gak baca male malem emoticon-Malu (S)
Kali ini ane mau share sesuatu nih tapi bukan sesuatu yang ada dihatimuuuu.
pertama tama cek dulu
Spoiler for norepost:


Kenapa handphone kalau jatuh selalu layarnya dulu yang menghadap tanah? Ini dia penjelasan logisnya!

"Sebel banget deh kalo HP jatuh. Baru beli juga, tapi layar udah retak, gara-gara layarnya dulu yang pertama nyentuh tanah. Sebel!"

Tahu nggak, ternyata ada penjelasan logis loh kenapa kita kayaknya sering mecahin layar handphone kita!
Proffesor Matthew disewa oleh Motorola untuk meneliti kenapa handphone selalu jatuh dalam kondisi layar menghadap bawah. Dari sini, dia menemukan 2 faktor utama yang harus disalahkan.
Pertama, yaitu cara kita memegang handphone.
Dan yang kedua, yaitu gerak refleks kita ketika berusaha menyelamatkan handphone selagi jatuh, yang malah membuat handphone jadi lebih rusak parah.


Matthews sebelumnya pernah mendapatkan hadiah Novel berkat penelitian yang dilakukannya terhadap sebuah roti. Fenomena ini ternyata mirip selembar roti tawar yang dioles mentega. Ketika roti itu dijatuhkan, ada kecenderungan bagian mentega yang akan menyentuh lantai lebih dulu.

Dia menemukan fakta kalau kita cenderung memegang handphone kita agak ke bawah, yaitu di bawah titik berat gravitasi, terutama sewaktu kita lagi mengetik dengan satu tangan.Jadi sewaktu kita memegangnya secara demikian, ada kecenderungan besar tiba-tiba handphone lepas dan mulai berputar ke tanah.

Tapi kenapa selalu bagian layar dulu yang jatuh ke tanah?

Ketika handphone lepas dari tangan, handphone akan berputar dengan dipengaruhi berbagai variabel dari luar, seperti panjang ponsel, ketinggian saat jatuh, gravitasi, hingga sudut ponsel sewaktu tergelincir dari tangan. Matthews pun membuat sebuah rumus yang bisa memperkirakan dan memprediksi keadaan handphone saat mendarat ketika jatuh.


Karena cara kita memegang handphone yang agak ke bawah itu, handphone tidak akan mengalami cukup putaran untuk menjamin handphone akan jatuh dengan sisi belakang menyentuh tanah. Selain itu, semakin halus permukaan handphone, handphone akan semakin sering lepas dari tangan.


Ketika Matthews sedang meneliti soal roti, dia menemukan bahwa roti akan selalu jatuh dengan posisi yang diolesi mentega menghadap tanah. Tapi ketika tangan kita berusaha menyambar roti tersebut di udara, tindakan kita ini akan meminimalkan "jumlah waktu yang diterima roti terhadap gaya gravitasi", sehingga roti akan terjatuh dengan posisi mentega menghadap atas.
Tapi beda dengan handphone. Ketika handphone jatuh bebas, ada kecenderungan lebih besar kalau handphone akan mendarat dengan layar menghadap ke atas kalau jumlah putarannya mencukupi.
Jadi, kesimpulannya, kalau handphone mu lepas dari tangan dan jatuh, JANGAN DISENTUH atau JANGAN MENCOBA UNTUK MENANGKAPNYA, karena itu akan menganggu jumlah putarannya! Biarkan gravitasi yang bekerja dan membuat handpone mu jatuh dengan posisi layar menghadap ke atas.
Dan pastikan, kamu selalu memegang handphone mu dengan erat, yaitu dengan 2 tangan. Dan selalu gunakan pelindung tambahan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada handphone.
Kamu nggak mau kan kalau handphone mu jadi kayak gini?


dari ane segitu dulu gan sebagai kaskuser yang baik jangan lupa emoticon-Rate 5 Star sama emoticon-Toast tapi ane sangat menolak emoticon-Blue Guy Bata (L)

sumur
Diubah oleh asayoya 18-01-2016 14:52
0
6K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.