Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Surat Pembaca
  • Beli brg di quantum online via ekpedisi mex barlian sebagian barang hilang (4jt+)

ronidibaliAvatar border
TS
ronidibali
Beli brg di quantum online via ekpedisi mex barlian sebagian barang hilang (4jt+)
Sebelumnya sy memberitaukan bahwa tulisan sy ini tdk bertujuan utk memojokkan pihak manapun, tetapi sbg bahan masukan dan jg sbg share pengalaman pribadi shg bermanfaat bagi saya dan semua yg membaca tulisan ini.

Permasalahan :
-----------------------
Pada tgl 12 desember 2015, sy membeli komponen komputer di quantum komputer (www.rakitan.com) secara online menggunakan ekpedisi mex barlian dari jakarta ke bali. Brg yg sy beli antara lain :
1 unit prosesor intel i5 6400
1 unit psu seasonic g550
1 unit monitor lg 34um67
Total sy transfer Rp. 11.621.000,-
Semua brg itu dikirim via mex sebanyak 2 koli.
Sampai tulisan ini dibuat (tgl 4 januari 2016), sy hanya menerima 1 koli brg yaitu berupa 1 unit monitor lg 34um67. Sedangkan 2 brg lainnya yaitu 1 unit prosesor i5 6400 dan 1 unit psu seasonic g550 belum saya terima sampai tulisan ini dibuat (tgl 4 januari 2016).


Kronologi :
----------------
12/12/2015 hr sabtu saya membeli brg tersebut dan transfer uang

16/12/2015 saya telepon mex di lokasi saya. Mex menginfokan brg sy sdh datang tapi cuma 1 koli. Sisanya blm datang. Brg yg sdh datang langsung dikirim ke tempat saya dan saya terima dalam keadaan baik yaitu berupa 1 unit monitor lg 34um67.

17/12/2015 sy terus menelpon mex dan mex terus menginfokan brg masih di jkt. Kemudian saya akhirnya mendapat info dari mex jkt kalau brg sy kena random check di bandara. oleh mex di bali disuruh sabar menunggu krn brg pasti sampai.

Kira kira 1 minggu kemudian saya telepon lagi mex. dan mex menyuruh pengirim langsung (dlm hal ini quantum) yg komplain ke mex jkt. kemudian saya hub pihak quantum utk melakukan komplain ke mex jkt. Kemudian sy diinfokan brg sdh di bali. tetapi mex bali berkata brg tdk ada di bali. saya mengira mungkin masih diperjalanan. saya sabar lagi menunggu.

Beberapa hari kemudian kesabaran saya habis, sy hub quantum spy ganti ekpedisi. Pihak quantum menyetujui. Dan mengambil brg dari mex utk diganti ekpedisinya.

Beberapa hari kemudian pihak mex telepon ke sy katanya brg saya statusnya carry. Yang bisa diartikan barang terbawa pihak lain atau tujuan lain / tidak bisa ditracking / barang hilang. oleh pihak mex menyarankan spy quantum menggantikan sementara brg sy yg hilang itu sampai proses pencarian itu selesai. Sy langsung telpon quantum utk solusi tersebut.

Dan sampai saat tulisan ini (tgl 4 januari 2016), pihak quantum tdk menyetujui penggantian itu.


Pengalaman yg dpt dibagi :
----------------------------------------
1. Pihak quantum tidak pernah menjelaskan mengenai asuransi brg yg dikirim. Org awam spt saya ini tdk tau banyak mengenai aturan pengiriman di ekpedisi. Mana sy tau kalau brg yg hilang dan tdk diasuransi akan susah dpt ganti rugi yg sebanding dgn harga brg itu. Yg sy tau kalau sy beli brg kewajiban sy bayar dan hak saya mendapatkan brg itu. kalau sdh kejadian quantum malah menyalahkan saya tdk pakai asuransi. Mana saya tau bos, csnya di ym aja tdk pernah menawarkan asuransi. Membahas saja tidak. Bisa tanyakan cs yg melayani saya. masih menyangkal? sy ada buktinya.

2. Utk pihak mex, terlalu fatal. seenaknya saja menghilangkan brg org. Sudah kejadian enak aja bilang ada procedurnya untuk klaim brg. Alasan kesalahan dari pihak bandara. Mau cuci tangan saja kw mex.

3. Beli online lebih murah? betul. Tapi sdh taukah seberapa besar resikonya? Apalagi bagi org awam yg buta apa itu asuransi di ekpedisi (syukur kalau sesudah baca tulisan ini jadi lebih tau). Kalaupun ada asuransi apakah bisa ganti rugi dicairkan secepatnya? jawabannya sudah pasti semua ada prosedurnya untuk klaim. Tau kan maksudnya? haha..


Hal yg sy tanyakan dan minta saran teman teman semuanya :
-------------------------------------------------------------------------------------------
Sy mengerti kalau pihak quantum tdk mau ganti soalnya paling dia ambil untung 50rb-100rb, masak suruh ganti 4jt ga mau kan? Tapi kenapa saya tdk diinformasikan mengenai resiko pengiriman? Apa itu asuransi? Mau pakai asuransi atau tidak? Kok tdk dijelaskan dan tidak ditawarkan?

Dari pihak mex lebih cilaka lagi. Brg tdk diasuransi tenang aja, aman kok bagi mex haha.. Besok hilang lagi gpp, asalkan tdk diasuransi haha.. Atau besok hilang bilang aja pihak bandara tuh yg ambil haha.. Atau bilang aja utk klaim ada prosedurnya haha..

Coba kalian jadi saya, sudah melunasi kewajiban bayar 4jt+, brg tdk sampai. Tidak akan tau kebenaran. Tidak akan pernah tau apa yg sdh terjadi. Tdk pernah tau brg itu sebenarnya ada atau tidak. Tidak pernah tau apakah brg itu benar berupa prosesor i5 6400 dan psu seasonic g550? Saya juga tdk akan tau siapa yg mengambil brg saya? Apalagi mengenai random check, 1000% sy tdk akan pernah tau apakah memang terjadi random check atau tdk? Saya tdk akan tau apa yg sudah terjadi di luar sana.

Mohon sarannya :
Setelah saya melunasi kewajiban saya, membayar brg itu lunas, apakah saya tidak berhak mendapatkan brg itu?
Pihak ekpedisi tdk mau mengganti, pihak penjual tdk mau mengganti juga, apakah begini nasib pembeli online di indonesia? Bukankah setiap pekerjaan harus ada tanggung jawab baik itu ekpedisi maupun penjual online?

Salam damai
0
7.2K
62
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13.1KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.