Infrastruktur Indonesia Yang Harus Selesai Di Tahun 2018
TS
gazart
Infrastruktur Indonesia Yang Harus Selesai Di Tahun 2018
BEBERAPA INFRASTRUKTUR INDONESIA YANG HARUS SELESAI DI TAHUN 2018
Tahun ini Indonesia telah memasuki MEA, tahun depan menjadi tuan rumah Indonesia telah memasuki MEA dua tahun lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah pergelaran akbar Asian Games 2018. Namun hingga saat ini masih banyak infrastruktur-infrastruktur yang belum siap, maka itu pengerjaan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut terus dikebut. Sebenarnya, tak salah jika pemerintah mengusung program andalan percepatan infrastruktur. Salah satu indikatornya adalah ketertinggalan Indonesia bahkan di ASEAN sekalipun dalam hal infrastruktur.
Sebagai negara yang berangan-angan ingin menjadi Macan Asia dalam hal ekonomi, Infrasruktur Indonesia berada dalam peringkat 64 dari 148 negara dan peringkat 5 dari 9 negara ASEAN. Indonesia bahkan sudah kalah dengan Thailand dan Vietnam. Indonesia seperti lelap tertidur ketika yang lain begitu aggresif. Dampaknya, hutang infrastruktur yang harus dibangun demi menggapai asa begitu banyaknya.
Pembangunan infrastruktur ini tidak lain adalah untuk mempermudah mobilitas masyarakat-masyarakat yang tertinggal, menciptakan jutaan lapangan kerja baru dan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.
Langsung aja deh gan, mari kita intip beberapa infrastruktur yang digeber harus selesai di tahun 2018, Cekidot :
INFRASTRUKTUR ASIAN GAMES 2018
Spoiler for "runing testInfrastruktur Asean Games 2018":
Waktu untuk menyiapkan infrastruktur Asian Games 2018 sudah sangat mendesak. Jokowi meminta seluruh venue di lokasi penyelenggaraan segera dibenahi. Kesiapan di Palembang, Jakarta, kesiapan di Banten, kesiapan di Jawa barat, semuanya betul-betul secara detil, terutama yg berkaitan dengan venue-venue yangg perlu dirombak total, direnovasi,
Jokowi juga menyoroti persoalan pembangunan wisma atlet, khusus di Jakarta. Sampai saat ini pembangunan wisma atlet di Jakarta masih terganjal dengan pengadaan lahan karena adanya silang pendapat antara Pemprov DKI Jakarta dengan DPRD Jakarta.
INFRASTRUKTUR MOTOGP MUSIM 2017
Spoiler for "MotoGP Musim 2017":
PLTU BATANG
Spoiler for "Infrastruktur Listrik":
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan mega proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang ditargetkan selesai 2018. Hal itu diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo saat meresmikan construction kick off PLTU Batang dan program elektrifikasi 50 lokasi di pulau terdepan dan daerah perbatasan, di Desa Ujungnegoro, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Jumat (28/8/2015).
JALAN RAYA
Spoiler for "Jalan Raya":
JALAN DI PERBATASAN KALIMANTAN - MALAYSIA 1.770 Km
Spoiler for "Jalan di Perbatasan Kalimantan-Malaysia":
Jalan Paralel Perbatasan adalah jalan nasional yang dibangun membentang dari ujung barat hingga ujung timur Pulau Kalimantan, dan sejajar dengan garis perbatasan negara Indoneisa-Malaysia. Sejauh ini progres pembangunan akses jalan di daerah Kalimantan Barat telah berjalan 15%. Padahal, proses pembangunan baru berjalan efektif pada Agustus tahun 2015 atau baru berjalan 5 bulan.
Total Jalan Perbatasan di Kalimantan ini adalah 1.770 KM, terdiri dari 726 km di Kalimantan Barat, 223 km di Kaltim, dan 820 km di Kalimantan Utara, sisa lainnya 448 km.
JALAN RAYA TRANS PAPUA
Spoiler for "Jalan Raya Trans Papua":
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan proyek pembangunan jalan Trans Papua akan selesai pada 2018. Saat ini, pemerintah tengah menggenjot pembangunan jalan dengan panjang total mencapai 4.300 km. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan Trans Papua ini merupakan jalan nasional, bukan jalan tol seperti Trans Jawa. Pemerintah telah membangun sebagian jalan-jalan yang menjadi bagian dari jalan Trans Papua ini. Sedangkan yang tengah digenjot pembangunannya saat ini yaitu sepanjang 825 km sehingga keseluruhan jalan diharapkan saling tersambung.
JALAN TOL TRANS JAWA
Spoiler for "Jalan Tol Trans Jawa":
Jalan Tol Trans Jawa terdiri dari tujuh ruas dengan total panjang mencapai 498,23 kilometer. Total biaya investasi yang dibutuhkan untuk membangun ketujuh ruas itu adalah Rp 40,37 triliun. Seluruh pembangunan ruas tol ini ditargetkan bisa beroperasi pada tahun 2018. Berikut ini daftar ruas jalan tol yang termasuk ke dalam Jalan Tol Trans Jawa :
1. Ruas Pejagan-Pemalang (2017)
2. Ruas Pemalang-Batang
3. Ruas Semarang-Solo (2017)
4. Ruas Solo-Ngawi
5. Ruas Ngawi-Kertosono
6. Ruas Kertosono-Mojokerto (2017)
7. Ruas Mojokerto-Surabaya (2017)
Jalan Tol Trans Sumatera dirancang sepanjang 504,59 kilometer dengan total investasi senilai Rp 56,417 triliun. Pemerintah bertanggung jawab penuh pada pembiayaan pembebasan lahan dengan total nilai Rp 3,712 triliun. Berikut ini daftar ruas jalan tol yang termasuk ke dalam Jalan Tol Trans Sumatera :
1. Ruas Medan-Binjai
2. Ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi
3. Ruas Tol Pekanbaru-Kandis-Dumai (2017)
4. Ruas Tol Palembang-Indralaya (2017)
5. Ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (2017)
6. Ruas Tol Terbanggi Besar-Bakauheni
Pembangunan Tol Depok-Antasari (Desari) sepanjang 22 Km mulai masuk tahap persiapan pembangunan. Tol ini akan membelah pemukiman padat sepanjang Antasari Jakarta Selatan-Sawangan-Bojong Gede hingga ke Jalan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor.
Gerbang pertama berada di ruas jalan Antasari, Jakarta Selatan. Dari gerbang tersebut, ruas jalan tol terus menuju selatan dan terhubung dengan simpang susun Antasari yang menghubungkan tol ini dengan jalan tol lingkar luar selatan (Jakarta Outer Ring Road / JORR Selatan). Jalan tol Antasari - Depok – Bogor Tahap I sepanjang 12 Km dengan total investasi 3,4 triliun diharapkan dapat beroperasi pada 2017
Ruas Gempol-Pasuruan didesain sepanjang total 34,15 kilometer dan pembangunannya dibagi ke dalam tiga seksi. Berdasarkan data dari BPJT, PT Transmarga Jatim Pasuruan akan membangun seksi I dari Gempol hingga Rembang sepanjang 13,02 kilometer.
Progres pembebasan lahan telah mencapai 55,49 persen dan konstruksinya baru 37,83 persen. Rencananya ruas tol ini akan bisa beroperasi seluruhnya pada 2018.
Proyek pembangunan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) seksi I di Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu (20/12). Panjang tol seksi I sekitar 12 kilometer dan baru diselesaikan sekitar 35 persen. Panjang jalan total 60,27 kilometer dan ditargetkan selesai 2018.
Pembangunan bandara ini sudah dibuat pada awalnya tahun 2003, namun mulai dikerjakan fisik atas dukungan Pemprov Jabar mulai 2013 sampai sekarang. Dalam desain panjangnya runway 3.000 meter dengan lebar maksimal 60 meter ini runway sangat besar. Untuk ukuran internasional pun jarang ada runway sampai 60 meter. DItargetkan bandara ini dapat selesai pada tahun 2018 dan terhubung dengan angkutan kereta bandara.
BANDARA INTERNASIONAL KULONPROGO
Spoiler for "Bandara Internasional Kulonprogo":
Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengharapkan agar pembangunan bandara baru di kawasan Temon, Kulonprogo dapat selesai pada tahun 2018 mendatang. Menurutnya jangka waktu tersebut cukup relevan apabila pembangunan dapat dimulai pada tahun 2015 ini. Hal tersebut disampaikannya selepas bertemu dengan Menteri Perhubungan (Menhub), Ignatius Jonan di Kraton Kilen, Kamis (05/02/2015).
JARINGAN REL KERETA API
Spoiler for "Jaringan Rel Kereta Api":
REL KERETA API TRANS SULAWESI
Spoiler for "Rel Kereta Api Trans Sulawesi":
Proyek kereta api Sulsel sudah memasuki tahap kedua. Pengerjaan rel yang menghubungkan Makassar (Sulsel) sampai ke Pare-Pare sejauh 145 kilometer (km) itu ditargetkan dapat tersambung akhir tahun ini. Sedangkan pembangunan rel kereta api Manado - Gorontalo dapat dimulai awal tahun ini.
Jokowi menyebutkan, KA Trans Sulawesi nantinya dapat dipacu dengan kecepatan 200 km/h. Untuk operator akan diserahkan ke PT KAI. Sedangkan untuk manajemen dan karyawan, Jokowi menginginkan diambil dari masyarakat daerah sekitar Sulawesi. Presiden juga mengatakan bahan atau material pembangunan proyek itu hampir 100 persen menggunakan produk dalam negeri seperti bantalan dari WIKA, pengunci dari Pindad.
Unloading rel KA di Pelabuhan Talang Duku, Jambi. sumber foto
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan program pembangunan jalur kereta api Trans Sumatera dari Provinsi Aceh hingga Lampung telah dimulai. Ia menjelaskan, program Trans Sumatera dari Aceh hingga Lampung dengan panjang sekitar 2.500 km tersebut dibuat menjadi empat kluster. Kluster pertama di Provinsi, kluster kedua di Sumatea Utara, kluster ketiga di Sumatera Barat, dan kluster keempat di Sumatera Bagian Selatan.
Pembangunan Rel Kereta Api Trans Sumatera ini ditargetkan akan rampung hingga 2018 mendatang. Rencananya, titik di Dumai akan disambungkan ke Simpang Bangko, kemudian Kisaran, Sumatera Utara. Demi menciptakan kualitas lebih baik dari jalur kereta api di Pulau Jawa, pembangunan kali ini tidak akan melewati perlintasan sebidang.
MRT JAKARTA (NORTH-SOUTH LINE)
Spoiler for "LRT Jakarta (North-South Line)":
Tiang MRT tipe jalur layang di Cipete. sumber foto
Terowongan bawah tanah MRT.
Berdasarkan master plan MRT Jakarta, jaringan transportasi publik berbasis rel itu bakal membentang kurang lebih 110,8 km menembus jantung kota Jakarta, terdiri atas line selatan–utara (Lebak Bulus-Kampung Bandan) sepanjang 23,8 km dan line timur-barat dengan panjang sekitar 87 km. Pembangunan line Lebak Bulus-Kampung Bandan dilakukan dalam dua tahap. Tahap I meliputi line yang menghubungkan Lebak Bulus sampai Bundaran HI sepanjang 15,7 km. line ini ditargetkan beroperasi mulai 2018 dan didukung 13 stasiun, terdiri atas tujuh stasiun layang dan enam stasiun bawah tanah. Sedangkan line timur-barat sedang dalam tahap studi kelayakan. Koridor ini ditargetkan beroperasi paling lambat pada 2021-2024.
LRT JAKARTA BOGOR/BEKASI (LRT PEMERINTAH PUSAT)
Spoiler for "LRT Jakarta - Bogor/Bekasi (Pemerintah Pusat)":
Groundbreaking proyek LRT sendiri telah dilakukan pada bulan September 2015 lalu di Cibubur dengan kontraktor Adhi Karya. Rencananya, pembangunan ini akan dilakukan dengan dua tahap. Pembangunan tahap pertama IA untuk rute Cibubur–Cawang–Dukuh Atas sepanjang 24,2 kilometer (km) sedangkan tahap IB untuk rute Bekasi Timur-Cawang-Dukuh Atas sepanjang 17,9 km.
Total kebutuhan investasi diperkirakan mencapai Rp 23,817 triliun yang terdiri dari biaya pekerjaan umum sebesar Rp 19,157 triliun dan biaya fasilitas operasi sebesar Rp 4,66 triliun. Kemenhub memperkirakan proyek ini akan rampung pada akhir tahun 2017 atau awal tahun 2018.
Jokowi berpendapat, proyek LRT perlu dibangun di Palembang untuk mendukung pelaksanaan Asian Games yang akan digelar di kota tersebut pada 2018. Waskita diharapkan bisa menyelesaikannya paling lambat Juni 2018 sehingga bisa menghubungkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II - Masjid Agung Palembang - Jakabaring Sport City sebelum kegiatan olahraga tersebut berlangsung. Dan PT KAI ditunjuk sebagai operator LRT.
KERETA CEPAT RUTE JAKARTA - BANDUNG
Spoiler for "Kereta Cepat Rute Jakarta - Bandung":
Kereta cepat Jakarta-Bandung akan membentang sepanjang 142 kilometer (km). Kereta cepat ini menghubungkan Stasiun Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur - Stasiun Tegalluar (seberang Gede Bage) di Bandung, Jawa Barat.
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), selaku konsorsium pengembang kereta ini, akan membangun 2 jalur kereta atau double track. Jalur akan dibangun dengan 3 jenis konstruksi yakni jalur menapak di tanah, jalur layang (elevated), dan jalur bawah (underground). Sepanjang 40 km akan dibangun dengan skema jalur layang dan 80 km akan dibangun menapak di tanah. Sisanya yakni 22,5 km akan dibangun di bawah tanah.
Untuk pembangunan jalur bawah tanah, kontraktor Indonesia-China akan memakai mesin bor (Tunner Boring Machine/TBM) dengan diameter 13,5 meter. Lebar mesin bor terbilang 2 kali lebih lebar dari mesin TBM untuk proyek MRT Jakarta yang hanya sekitar 6,7 meter. Alasannya, dalam satu terowongan akan dilalui oleh 2 kereta sekaligus. Nantinya kereta yang beroperasi akan dipacu dengan kecepatan sekitar 300 km/h.
Itulah sederet beberapa infrastruktur yang benar-benar harus di selesaikan hingga tahun 2018. Semoga proyek infrastruktur tersebut dapat selesai dengan tepat waktu dan bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.
Boleh gan share pendapat ente di mari dan jangan lupa untuk tinggalin jejak dengan komentar di thread ini.
Ditunggu Sharingnya ya Gan...!
Sekian Thread Sederhana Dari Ane Gan
Semoga Bermanfaat dan Terus Berifikir Positif