Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ggpaaasuuAvatar border
TS
ggpaaasuu
Presiden Jokowi Utang Rp605 T Tahun Depan, Ini Rinciannya
JAKARTA - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyatakan, dibutuhkan utang sekira Rp605,3 triliun untuk pembiayaan pada 2016. Pembiayaan ini meliputi untuk kebutuhan defisit anggaran hingga Penyertaan Modal Negara (PMN).

"Saya fokus mengenai kebutuhan pembiayaan utang untuk 2016," tegas Bambang dalam acara Investor Gathering di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin kemarin.
Bambang menjelaskan, total kebutuhan pembiayaan pada 2016 sekira Rp605,3 triliun terdiri dari kebutuhan defisit Rp273,2 triliun, kebutuhan investasi ()PMN Rp58,1 triliun, pembayaran jatuh tempo Rp256 triliun yang meliputi jatuh tempo SBN Rp187,2 triliun dan jatuh tempo pinjaman Rp68,8 triliun, kemudian pengelolaan portofolio utang Rp3 triliun, SPN Cash Management Rp15 triliun.

Untuk memenuhi pembiayaan tersebut, pemerintah sudah menyiapkan beberapa mekanisme seperti, penerbitan SBN Rp532,4 triliun, penarikan pinjaman LN non-SLA Rp69,2 triliun dan penarikan pinjaman DN Rp3,7 triliun.

"Total kebutuhan pembiayaan Rp605,3 triliun. Ini kenapa kita masih butuh pembiayaan? Kalau dikaitkan defisit 2016, kondisi 2016 meski banyak lebih optimis dibanding 2015 tapi kita berada di kondisi global yang tidak pasti," kata Bambang.

"Paling tidak 2015, memang enggak bisa dibilang krisis keuangan global tapi yang pasti ini berat bagi perekonomian global," tukasnya.

(rzy)


komen TS : berhutang itu tdk selalu buruk, bhkn terkadang berhutang itu sangat baik, emoticon-Kiss (S) asalkan hutangnya jelas peruntukannya. ingat ya JKW hanya melakukan pinjaman produktif dan sama sekali tdk ada pinjaman konsumtif, jd jangan khawatir jika diakhir pemerintahan hutang kita menggunung, asalkan waduk2 jalan2 bandara, pembangkit listrik, dan infrastruktur lainnya sdh pada beroperasi emoticon-Malu (S)
0
2.4K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.