ketua.komnashamAvatar border
TS
ketua.komnasham
Wacana Kabupaten Purworejo Gabung DIY Makin Ramai
Wacana Purworejo Gabung DIY Makin Ramai

PURWOREJO, suaramerdeka.com – Munculnya wacana bergabungnya Purworejo ke Provinsi DIY semakin ramai dibicarakan publik, terutama di jagat media sosial.

Saat digelar dialog publik oleh Forum Komunikasi Lintas Antar Partai (Forlap) dengan pasangan calon beberapa waktu lalu, wacana itu muncul dengan argumentasi adanya peluang kemajuan daerah apabilan Purworejo bergabung dengan Provinsi DIY. Wacana itu langsung memunculkan pro dan kontra antara pihak yang setuju maupun tidak setuju dengan masing-masing argumentasinya.

Pengamat pemerintahan yang juga mantan Sekda Purworejo Akhmad Fauzi ikut angkat bicara merespon wacana tersebut. Menurutnya, wacana Purworejo gabung DIY itu sebenarnya cukup logis. Apalagi dalam perspektifnya, apabila wacana itu terealisasi akan sangat menguntungkan bagi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Purworejo kedepan.

Lebih lanjut dikatakannya, secara defacto saat ini Purworejo sebanarnya lebih terpengaruh Yogyakarta. Pergerakan faktor-faktor ekonomi lebih dipengaruh oleh permintaan (demand) dari Yogyakarta. Artinya, sambung dia, dari aspek perkembangan ekonomi regional lebih tepat kalo Purworejo dikonsolidasikan dengan Yogyakarta daripada dengan pusat-pusat pertumbuhan yang secara administrasi termasuk wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Katanya, ekonomic interdependence akan lebih kuat jika bergabung dengan Yogyakarta dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Tengah. Fauzi menambahkan, jika nantinya betul-betul dipersatukan, yang sangat mungkin adalah mengembangkan Purworejo-Kulonprogo sebagai kawasan yang tumbuh cepat.

Quote:


Quote:


Sumber

Ayo kabupaten Jawa Tengah yang lainnya kalo mau gabung DIY, dengan tangan terbuka diterima seluruh warga DIY..
Diubah oleh ketua.komnasham 14-01-2016 16:57
0
26.8K
239
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.