Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rioda78Avatar border
TS
rioda78
PLTG Gorontalo, Pembangkit Pertama di Program 35.000 MW
Jakarta -Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Gorontalo telah berhasil melakukan uji coba tegangan untuk masuk ke dalam sistem kelistikan Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo). Pembangunan proyek PLTG Gorontalo 4 x 25 Mega Watt (MW) yang groundbreaking-nya dilakukan pada 19 September 2015 relatif cepat. Tak kurang dalam 4 bulan PT PLN (Persero) bersama PT Pembangunan Perumahan (PP) berhasil merampungkan seluruh pengerjaan.

PLTG Gorontalo merupakan Pembangkit listrik pertama yang berhasil rampung dalam mega Proyek 35.000 MW. Acara uji coba tegangan yang berlangsung pada Jumat (15/1/2016) dihadiri langsung oleh Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara, PT PLN (Persero), Machnizon Masri dan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie beserta Jajarannya.

"Progres pembangunan PLTG Gorontalo ini terbilang cukup cepat, kami telah berhasil memasang 4 unit mesin pembangkit kapasitas 25 MW, dan kemarin kami juga telah menjalankan pengetesan panel dan trafo di Gardu Induk (GI) PLTG Gorontalo, dan semuanya berjalan dengan baik. Jika hasilnya stabil seperti ini saya optimis proses masuk sistem akan segera terealisasi dalam 24 jam ke depan," ujar Machnizon dalam keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Sabtu (16/1/2016).

Untuk keseluruhan pemasangan empat unit pembangkit berkapasitas masing-masing 25 MW telah dilakukan, dimana dua di antaranya dipastikan telah berhasil melalui sejumlah uji coba, mulai dari uji coba tegangan, pengecekan kabel konduktor dan isolator, pengecekan panel hingga uji coba penyaluran tegangan masuk melalui Gardu Induk.

Untuk tahap pertama, dua unit masing-masing berkapasitas 25 MW telah berhasil melalui uji coba sistem dan tegangan. Dengan masuknya kedua unit ini, maka sistem kelistrikan Sulutgo akan bertambah 50 MW. Secara bersamaan PLN juga telah berhasil merampungkan Gardu Induk (GI) PLTG Gorontalo, serta pembangunan enam Tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) PLTG Gorontalo – GI Marisa berkapasitas 150 kilo Volt (kV) dengan panjang 1,4 kilo meter sirkit (kms).

Machnizon menambahkan, PLTG Gorontalo ini akan menjadi pembangkit pertama dalam rangkaian program pembangkit 35.000 MW yang ditargetkan selesai dalam lima tahun ke depan. Sebanyak 700 pekerja terlibat dalam proses percepatan pembangunan PLTG yang terletak di desa Maleo, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, Propinsi Gorontalo. Percepatan pembangunan PLTG ini untuk menjawab kebutuhan warga akan listrik yang semakin hari semakin tinggi.

Untuk saat ini, beban puncak di Sulutenggo pada siang hari mencapai 325 MW, sementara daya mampu pasok 320 MW. Khusus untuk Gorontalo, daya mampu hanya sekitar 50 MW sementara beban puncak mencapai 80 – 85 MW .

"Dengan masuknya sistem PLTG Gorontalo ini, akan menjadi jawaban akan kurangnya listrik di wilayah Sulutenggo, khusunya Gorontalo dan mampu meningkatkan rasio elektrikfikasi hingga 84,4 persen," pungkas Machnizon.

Sementara itu, untuk tahap selanjutnya, yaitu dua unit mesin lainnya, akan segera masuk sistem kelistrikan Sulutgo akhir Februari mendatang. Cepatnya pengerjaan proyek PLTG Gorontalo ini sebagai wujud nyata keseriusan PLN untuk mengejar target pembangunan tenaga listrik 35.000 MW yang menjadi program prioritas pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla dalam bidang infrastruktur kelistrikan.

Senada dengan hal tersebut, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih atas kerja sama yang apik dengan semua pihak serta kerja keras PLN, sehingga proyek PLTG Gorontalo bisa rampung dan diharap bisa masuk sistem. Dengan begitu, bisa menambah pasokan listrik masyarakat Gorontalo.
sumber
http://finance.detik.com/read/2016/01/16/104356/3119939/4/pltg-gorontalo-pembangkit-pertama-di-program-35000-mw?f9911023

komento
dimana ada niat dan usaha disitu akan ada hasil, dalam waktu 4 bulan sudah jadi PLTG. jangan sampai hanya FS saja yang nyampe 10 tahun...
0
863
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.