Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hebatpart2Avatar border
TS
hebatpart2
ISIS yang dituduh, kok PortalPiyungan.com yang klarifikasi? ada apa?
Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim menjadi dalang di balik serangan bom teror di area Sarinah, Jakarta Pusat pada Kamis, 14 Januari. Tokoh dan pemimpin ISIS belum memang belum mengkonfirmasi dugaan tersebut. Namun, kantor berita Aamaaq News Agency yang merupakan medianya ISIS menyampaikan pernyataan bahwa pihaknya menjadi dalang bom Sarinah.

"Militan ISIS adalah orang-orang di balik serangan bersenjata dan bom pada Kamis (14/1/2016) pagi di Jakarta, Indonesia. Target kami adalah warga negara asing dan aparat yang melindungi mereka," tulis Aamaaq News Agency dalam aplikasi Telegram seperti dilansir dari Reuters.

selain dari pernyataan kantor berita Aamaaq News Agency , pendapat dari pengamat-pengamat terrosis di berbagai media, seperti Nasir Abbas di acara live TVONE (Kamis 14/01/2016) dan Ridlwan Habib di acara live Metro TV (Kamis 14/01/2016), menyatakan kemungkinan besar pelaku teror ini adalah kelompoknya ISIS. Pemimpin ISIS memang belum mengkonfirmasi dugaan tersebut secara khusus, dan kemungkinan besar memang tidak, karena boleh dikatakan teror bom jakarta termasuk proyek gagal ala ISIS. terlepas dikonfirmasi atau tidak, apakah mungkin media Aamaaq News Agency yang merupakan grup medianya ISIS membuat pemberitaan tanpa seizin dan sepengetahuan sang pemilik saham yaitu ISIS?

apalagi Polri lewat Kapolda Metro Jaya, juga, sudah memberi pernyataan bahwa dalang dibalik teror jakarta adalah Bahrun naim, salah satu simpatisan ISIS di asia tenggara.

sehingga boleh dibilang, kalo klaim yg dilakukan oleh ISIS lewat medianya memang betul adanya. jadi wajar kalo banyak media nasional maupun internasional menjadikan pernyataan media Aamaaq News Agency menjadi rujukan pemberitaan "terkait klaim ISIS dalam teror jakarta".

lantas yg membuat saya bingung dihari yg bisu dan mencekam ini, ketika saya dikejutkan dgn sebuah "klarifikasi" dari situs penuh Varokah dan sensasi PortalPiyungan.com, terkait maraknya pemberitaan yg mengaitkan ISIS dgn teror bom jakarta. gambaran jelasnya sebagai berikut :


ISIS yang dituduh, kok PortalPiyungan.com yang klarifikasi? ada apa?

Pelintiran Media "ISIS Klaim Bom Jakarta"


Banyak media yang telah menyebutkan ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan Jakarta. Reuters, AFP, BBC, dll, menyebutkan begitu, lalu diikuti begitu saja oleh Kompas, Tempo, dll.

Saya mencoba untuk mencari sumber berita dari Reuters, ternyata berita itu diambil dari kabar singkat Kantor Berita A'maaq yang berafiliasi ke ISIS.

Bunyi berita dari A'maaq sebenarnya berbunyi begini:

مصدر لوكالة أعماق: مقاتلون من الدولة الإسلامية نفذوا صباح اليوم هجوما مسلحا استهدف رعايا أجانب والقوات الأمنية المكلفة بحمايتهم في العاصمة الإندونيسية جاكرتا

Kalau diartikan begini:
Sebuah sumber untuk Kantor Berita A'maaq: Pejuang dari ISIS menyelesaikan serangan bersenjata pagi ini, menyasar warga asing dan anggota keamanan yang disuruh menjaga mereka di Ibu Kota Indonesia, Jakarta.
ISIS yang dituduh, kok PortalPiyungan.com yang klarifikasi? ada apa?


Coba perhatikan redaksi asli dari A'maaq dan bandingkan dengan berita yang kemudian ditulis oleh media-media mainstream.

Berita dari A'maaq hanya menyebutkan "SEBUAH SUMBER UNTUK A'MAAQ", tidak menyebutkan sama sekali pernyataan resmi dari pemimpin ISIS atas serangan tersebut.

Artinya, ada sebuah sumber yang mengirimkan berita kepada A'maaq bahwa pejuang ISIS melakukan serangan di Jakarta, bukan pernyataan resmi dari A'maaq atau dari ISIS bahwa serangan itu adalah dari ISIS. Dan saya cari-cari, belum ada sama sekali pernyataan resmi dari ISIS yang menegaskan serangan itu dari mereka.

Adanya kalimat "suatu sumber" tanpa menyebut sumbernya, seakan menunjukkan bahwa A'maaq sendiri belum yakin dan memastikan bahwa pelaku serangan tersebut adalah ISIS.

Coba Anda buka laman kantor berita A'maaq. Jika suatu serangan bunuh diri benar-benar dilakukan oleh ISIS, judul beritanya akan langsung dan jelas. Misalnya, dua jam yang lalu kantor berita tersebut menulis begini:

عاجل | عملية استشهادية بسيارة مفخخة تضرب تجمع آليات للقوات العراقية قرب جسر البوعيثة شمالي الرمادي

Yang artinya:
[BREAKING NEWS] "Bom Syahid dengan mobil berbahan peledak menyerang kumpulan pasukan bersenjata tentara Irak."

Itu contoh judul kalau yang melakukan benar-benar ISIS. Tidak ada penyebutan dari sumber atau apapun. Langsung dan jelas. Dan coba Anda bandingan dengan berita tentang bom di Jakarta, yang kemudian dijadikan rujukan dengan diplintir sana-sani oleh media-media arus utama.

Saya tidak mendukung atau membela ISIS. Tapi ISIS memang jualan yang sangat laku untuk menyudutkan Islam oleh media-media berkepentingan. Kan tidak benar juga kalau belum ada pernyataan resmi dari ISIS lalu dikatakan bahwa ISIS MENGKLAIM bertanggungjawab atas serangan Jakarta.

Kita tunggu saja apakah ISIS akan mengeluarkan pernyataan resmi bahwa seorang Jakarta adalah ulah mereka atau tidak. Namun sebelum itu keluar, tentu kita harus hati-hati menghukumi dan menghakimi. Bagaimanapun pandangan kita terhadap ISIS, setidaknya kita harus tetap adil dalam menilai. Jadi hati-hati lah mencari dan membaca berita.

Terakhir saya ingin menukil doa Syekh Al-Qaradhawi yang saya ambil dari postingan Syekh Yusuf Al-Amien terkait insiden pengeboman ini.

اللهم احفظ تركيا و إندونيسيا المسلمتان من شر الأشرار، وكيد الفجار، ورد سهام المتآمرين عليهما إلى نحورهم، واشغلهم بأنفسهم، وقنا شرهم بما شئت وكيف شئت

"Ya Allah, jagalah Turki dan Indonesia, yang keduanya adalah Negeri Muslim, dari kejahatan dan tipu daya orang-orang jahat. Kembalikan makar orang-orang menginginkan keburukan bagi keduanya kepada mereka sendiri. Sibukkan mereka dengan perselisihan di antara mereka sendiri. Dan selamatkanlah kami dari kejahatan mereka dengan apa yang Engkau kehendaki dan dengan cara yang Engkau kehendaki." Amin.




ada apa? kenapa? portal Varokah sesuci Piyungan.com, membuat "klarifikasi" terkait pemberiaan dikaitkannya ISIS dgn teror Jakarta? apakah dgn pemberitaan tersebut lantas PortalPiyungan.com menjadi rugi, difitnah atau terhina? nah lohh..

kalo tidak merasa dirugikan atau difitnah? lantas kenapa PortalPiyungan.com sampe-sampe membuat "klarifikasi" dgn menjabarkan berbagai asumsi, bantahan dan bahkan memberikan salah satu contoh judul postingan ISIS yang benar? hmm..

ada 3 kemungkinan kenapa portal Varokah Piyungan.com, seolah-olah " mengklarifikasi" / membantah bahwa ISIS tidak terlibat dalam teror jakarta, yaitu
1. PortalPiyungan.com merupakan salah satu media afiliasi (medianya) ISIS. sehingga mereka bisa tahu bentuk dapur dan rumah tangga ISIS. mereka tahu mana yang pernyataan ISIS, mana yang bukan. wow.. kamu ketahuan!
2. PortalPiyungan.com sindikat teroris baru, sehingga mereka ketakutan ketika aksi mereka dikaitkan dgn ISIS. mereka takut ISIS akan memusuhi dan menyerang mereka.. karena ulah mereka ISIS makin terpojok.
3. PortalPiyungan.com mengail di air keruh, artinya mereka mencari simpati dari kelompok ISIS..

huhh.. ngeri! semoga saja ini hanya dugaan saya. semoga saja, kita selama ini tidak kebocoran (bocor..bocorr,, hahaha macan asia) atau kecolongan dgn membiarkan PortalPiyungan.com tetap bersiul..

SALAM TAMPAN


nb: tulisan ini saya coba muat di [url=http://www.K***pasiana.com.]www.K***pasiana.com.[/url] tapi oleh redaksi tidak muat. dgn alasan khusus(rahasia)..
0
7.2K
66
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.