Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

black.sancaAvatar border
TS
black.sanca
[b]Musa Ingens - Pohon Pisang Terbesar di Dunia Asli Papua (+pic)[/b]
Assalamualaikum wr.wb


Selamat datang Bru/Sis di Thread ane yang sederhana ini. Ini thread Ane yang pertama, bru. Thread ini juga buatnya pake hengpon jadul, maaf yah kalau agak berantakan emoticon-Big Grin


Di thread ini ane mau bahas tentang pohon pisang. Bru/sis tau pohon pisang kan? Iya pohon pisang yang warna kulit buahnya kuning bila sudah matang, kalau utk bentuk and rasa ane kira ga perlu diceritain ya, bru. Kita semua tentu telah mengenal pisang, baik buah maupun pohonnya. Ya pohon pisang bisa dikatakan menjadi ciri khas wilayah-wilayah tropis.
Ada berbagai jenis pisang yang kita kenal, dari pisang ambon hingga pisang gendruwo. Tapi ada pohon pisang yang berbeda, bru. Pohon pisang ini beda dari biasanya.Apakah bru/sis pernah mendengar atau sudah ada yang tau tentang Musa Ingens, yang adalah jenis pisang raksasa?? (ane juga baru tau emoticon-Big Grin) buat yang belum tau, Nah, ane mau share tentang pohon pisang
Musa Ingens.cekibrot:


Musa Ingens adalah spesies pisang langka yang bisa mencapai ukuran mengejutkan. Musa Ingens, adalah pohon pisang terbesar di dunia yang tumbuh di hutan Papua Nugini dan Indonesia, waah emoticon-Matabelo. Ini adalah spesies pisang tertinggi dan tanaman herba terbesar di dunia.
Ukuran pisang Musa Ingens sangat mengesankan. Pohon pisang ini dapat tumbuh hingga setinggi 15 meter; lingkar pangkal (bawah) batang semunya dapat mencapai 2 m.


Spoiler for Batang dapat tumbuh sampai 15m:


Sementara itu daun dapat mencapai panjang 5 meter dan lebar 1 meter. Itu benar-benar tak terduga.
Jika berbuah, setandan pisang ini bobotnya bisa mencapai 60 kilogram dengan panjang perbuah 18 cm dan diameter 3-4cm. Biji-bijinya berdiameter rata-rata 4-10 mm, dan buahnya tidak layak dimakan seperti lazimnya pisang.


Spoiler for Batang semu dapat mencapai 2m:

Bunga pisang atau biasa disebut jantung pisang jenis ini, menggantung sangat besar. Bunga bakal pisang bisa sepanjang 10 cm. Jantung pisang bisa berjumlah 20 sisir, masing-masing 16-25 bunga.


Spoiler for Daun dapat mencapai panjang 5m:


Spoiler for Salah satu pohon Musa Ingens:


Spoiler for Buahnya:


Spoiler for Pohon Musa Ingens yang tinggi:


Tidak heran begitu banyak orang yang terpesona dengan tanaman pisang ini.
Sangat sulit menemukan benih pisang jenis ini. Kalaupun ada ditemukan, pengembangbiakannya sangat sulit karena biji untuk tumbuh menjadi cambah saja memakan waktu satu tahun atau lebih.
Habitat Musa Ingens adalah hutan tropis dataran tinggi sekitar 1350-1800 meter di atas permukaan laut. Mereka beradaptasi untuk tumbuh di iklim dingin. Fitur Musa Ingens ini sepenuhnya dijelaskan oleh NW Simmonds tahun 1960 sementara Jeff Daniells mempopulerkan tanaman ini setelah kunjungan studinya ke Papua Nugini pada tahun 1989.


Semoga bermanfaat ya bru, untuk menambah pengetahuan. Jangan lupa:
emoticon-Rate 5 Star, Share , and emoticon-Cendol (S) emoticon-Toast ya Bru/sis. Jangan di bata ya bru/sis, and semoga gak repost emoticon-Jempol.

Sumur nye
Diubah oleh black.sanca 31-03-2016 09:57
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
25.3K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.