Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bambooshotAvatar border
TS
bambooshot
tuduhan salah alamat iran
Iran: Takfiri Ekstrem yang Disebarkan Arab Saudi Jadi Ancaman Timur Tengah



keamanan dan stabilitas negara kawasan Timur Tengah. Iran menyebut takfiri ekstrem disebarkan oleh Arab Saudi.

"Ancaman besar bagi kawasan adalah Takfiri dan ideologi ekstremnya, yang intelektual dan finansial serta sumber dayanya berasal dari Arab Saudi," sebut Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, dalam pertemuan dengan mantan Kanselir Jerman Gerhard Schroeder di Teheran, seperti dilansir media Iran, PressTV, Selasa (12/1/2016).

Dalam suratnya kepada sejumlah menteri luar negeri dari berbagai negara, Zarif menjelaskan bagaimana kiprah Saudi menyebarkan 'Iranophobia' dalam dua tahun terakhir. Zarif menekankan, hingga kini Iran tak habis pikir dengan berbagai aksi negatif Saudi, termasuk pencabulan dua remaja Iran oleh aparat Saudi di bandara Jeddah pada April 2015 dan tragedi haji di Mina pada September 2015.

"Kami menganggap pendekatan Arab Saudi untuk memicu ketegangan sebagai aksi propaganda di mana-mana dan menganggapnya sebagai tindakan yang tidak dewasa," sebutnya.

Hubungan Iran-Saudi semakin menegang beberapa hari terakhir, usai eksekusi mati ulama Syiah Nimr Baqr al-Nimr pada 2 Januari lalu. Eksekusi mati itu memicu kemarahan warga Iran, yang berujung penyerangan kedutaan Saudi di Teheran, hingga berdampak pada pemutusan hubungan diplomatik oleh Saudi.

Secara terpisah, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran (SNSC) Ali Shamkhani menyerukan perjuangan global melawan negara-negara yang 'mengayomi' terorisme dan militan seperti Islamic State of Iraq and Syria(ISIS).

"Arab Saudi harus memilih antara mendukung Takfiri dan mendestabilisasi kawasan (di satu sisi) dan melakukan interaksi yang konstruktif dan berpartisipasi secara tulus dalam membangun stabilitas dan keamanan (di sisi lainnya)," tegas Shamkhani.

Lebih lanjut, Shamkhani menyebut penyebaran ketidakamanan yang menurutnya dipicu oleh teroris Takfiri ekstrem ke Eropa, membuat koalisi pimpinan AS dalam melawan teroris terutama ISIS, tidak efisien. Takfiri adalah momen ketika seorang muslim menuduh muslim lainnya murtad. Tuduhan yang dilontarkan itu sendiri disebut takfir, yang berasal dari kata kafir. 

(nvc/ita)


http://m.detik.com/news/internasiona...n-timur-tengah


padahal pemerintah saudi ini yang selalu dituduh telah kafir oleh kaum takfiri dan teroris,

saudi juga jadi sasaran kedengkian para musuh islam dan para teroris (isis)

sedangkan syiah iran adalah kaum yang telah mencela sahabat bahkan sampai mengkafirkan para sahabat, siapa sebenarnya yang berpaham takfiri?


0
2.1K
18
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.