cantik..cantikAvatar border
TS
cantik..cantik
50 Fakta Menarik Tentang Bruce Lee
50 Fakta Menarik Tentang Bruce Lee :
Bagaimana karirnya dari petarung jalanan menjadi aktor Legenda Hollywood


Bruce Lee adalah seorang aktor terbaik yang dikenal membawa Kung Fu ke Hollywood. Dia meninggal pada usia 32 tahun, namun hingga kini ia masih tetap di kenang. Berikut 50 fakta yang menyenangkan, menarik dan menakjubkan tentang aktor berbakat Bruce Lee.



1. Nama lengkapnya adalah Lee Jun-fan. Yang mengandung arti "kembali lagi", dan diberikan kepada Lee oleh ibunya, yang merasa suatu saat ia akan kembali ke Amerika Serikat.
2. Nama bahasa Inggris "Bruce" diperkirakan diberikan oleh dokter rumah sakit, Dr Mary Glover.
3. Ia lahir pada tanggal 27 November 1940, di Chinatown, San Francisco, CA.


Brucee Lee ketika masih bayi


4. Ayahnya Lee Hoi Chuen, penyanyi opera Hong Kong, pindah bersama istrinya, Grace Ho, dan tiga anak mereka ke Amerika Serikat pada tahun 1939.
5. Bruce tidak murni Cina - dia berdarah Jerman (kakeknya dari pihak ibunya adalah setengah Jerman).
6. Karirnya ke masa depan berawal dalam film pertamanya pada saat ia berusia 3 bulan, ketika berperan stand-in untuk bayi Amerika di Golden Gate Girl (1941).
7. Bruce Lee tidak tertarik bersekolah. Setelah sekolah dasar, Bruce memasuki La Salle College, sebuah menengah berbahasa Inggris untuk anak laki-laki di Kowloon, Hong Kong, di mana ia sering mendapat masalah. Bruce diusir dari La Salle karena perilakunya yang suka mengganggu.
8 Sebagai seorang remaja, ia sering diejek oleh siswa Inggris karena latar belakang Cina hingga kemudian Ia bergabung dengan sebuah geng jalanan. Pada tahun 1953, ia mulai mengasah Kesukaannya untuk belajar kung fu (disebut sebagai "fu gung" dalam bahasa Kanton) di bawah asuhan Guru Yip Man.



9. Dia adalah seorang aktor anak di Hong Kong yang kemudian kembali ke AS dan mengajar seni bela diri.
10.Lee pindah ke Amerika Serikat pada usia 18 dan meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, di Universitas Washington, Seattle dan selama itu ia mulai mengajar seni bela diri.
11.Ketika ia pindah, ia hanya digaji sekitar $ 100 sekarang mungkin bernilai $ 800.
12.Di Universitas Washington, ia mengambil jurusan filsafat dengan fokus pada prinsip-prinsip filosofis teknik seni bela diri.



13. Dia juga belajar tari, memenangkan kontes cha-cha Hong Kong pada tahun 1958 "Dancing With The Stars"



14.Ia juga seorang penulis puisi yang berbakat. Kutipan puisi bebas Lee yang terkenal "Jadilah tak berbentuk ... tak berbentuk, seperti air."
15. Pada tahun 1964, Bruce mulai mengajar seni bela diri di California. Sampai detik ini, kung fu telah menjadi rahasia yang dijaga ketat diajarkan hanya untuk etnis Cina. Namun Bruce,berpikir harus berbagi dengan orang lain dan ini yang menjadi alasan Bruce mengambil siswa kulit putih dan hitam.
16. Ketika mengajar ilmunya, Lee bertemu dengan Linda Emery, yang kemudian dinikahinya pada tahun 1964.
17. Ukuran tinggi badannya 5 '7 feet atau sekitar 1.71 m
18. Pada tahun 1964, Bruce diundang untuk kejuaraan karate di Long Beach, California. Di sana ia melakukan gerakan yang terkenal "One Inch Punch," di mana ia akan memberikan pukulan yang menghancurkan dari jarak hanya satu inci, membuat lawannya terbang kembali. Lihat video di bawah ini :



19. Bruce Lee dan istrinya Linda pindah ke California, dan membuka dua sekolah lainnya di Oakland dan Los Angeles.
20. Dia mengajarkan sebagian besar gaya yang ia sebut Jeet Kune Do, atau "Jalan mencegat Fist." Ini menekankan "gaya tanpa gaya" dan menumpahkan struktur kaku kung fu tradisional.
21.Pasangan ini memiliki dua anak - Brandon, lahir pada tahun 1965, dan Shannon, lahir pada tahun 1969.


Bruce Lee dengan anaknya Brandon pada tahun 1966


22.Lee menarik perhatian besar dari orang-orang terkenal yang ingin menjadi master kung fu. Di antara siswanya yang terkenal adalah selebriti seperti Steve McQueen, Joe Lewis, Chuck Norris, James Coburn, dan Kareem Abdul-Jabbar. Dia memberi tarif $ 250 perjamnya karena ia tidak ingin memberikan kesan bahwa kung fu bisa dikuasai dengan mudah. Semakin tinggi ia memasang harga, semakin banyak yang berminat. Bruce bahkan pernah diterbangkan ke Swiss untuk memberikan les privat untuk Roman Polanski.



23. Bruce Lee memiliki kemampuan untuk merebut koin dari telapak tangan seseorang dan menaruhnya d belakang ketika orang itu belum sempat menutup telapak tangannya.
24. Lee berperan sebagai Kato di The Green Hornet pada tahun 1966, kameramen mendapat kesulitan untuk merekam gerakan tendangan dan pukulan Bruce yang terlalu cepat sehingga sulit dilihat pada kamera. Masalah ini akhirnya diselesaikan dengan meminta Lee untuk meninju dan menendang dengan gerakan yang lebih lambat.



25. Pada akhir tahun 1972, Lee adalah bintang film besar di Asia. Bersama dengan Raymond Chow dia mendirikan perusahaannya sendiri, Concord Productions, dan telah merilis fitur sutradara pertamanya, Return of the Dragon.
26. Acara televisi ditayangkan selama 26 episode dari tahun 1966 sampai '67.
27. Film terakhir Bruce "Enter the Dragon" dibuat denagn modal $ 600.000 pada tahun 1973. Dan sampai saat ini, telah meraup keuntungan lebih dari $ 300.000.000.


Foto Bruce Lee sebagai Kato, dari serial televisi The Green Hornet.


28. Setelah ditantang untuk berkelahi oleh Enter the Dragon Extra, ia bertarung dan mengalahkannya dalam 30 detik.
29. Lee dapat melakukan push-up hanya dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Lee dapt melakukan 50 kali push up satu lengan dengan dagu terangkat.



30. Bruce Lee begitu kuat ia mampu mengambil satu tangan barbel seberat £ 75 atau sekitar 34,02 kg dari posisi berdiri dan memegangnya selama beberapa detik.
31. Bruce mampu menendang kantung seberat £ 100 sekitar 45.36 kg dengan sidekick sederhana.
32. Bruce bisa melempar butir beras ke udara dan kemudian menangkapnya dengan menggunakan sumpit.


Sebuah file foto dari Bruce Lee saat adegan perkelahian.


33. Sebuah patung Bruce Lee ditempatkan di Mostar, Bosnia karena ia banyak diodolakan oleh semua etnis tetapi patung ini kemudian dirusak dan dihancurkan.
34. Bruce Lee adalah seorang penggemar The Great Gama, satu-satunya pegulat tak terkalahkan di dunia. Karir yang hebat Gama membentang selama 50 tahun.
35.Setelah ia menjadi terkenal, banyak orang berpikir mereka bisa mengalahkan Bruce - mereka akan berjalan ke arahnya, tekan kaki mereka di tanah (melambangkan tantangan) dan kemudian lanjutkan untuk menyerang! Tantangan ini sangat menarik dan Bruce tentu mencoba untuk membuktikan bahwa mereka lebih baik dari dia.
36. Dia percaya bahwa pengetahuan pada akhirnya menyebabkan pengenalan jati diri, dan mengatakan bahwa metode yang dipilihnya ekspresi diri adalah seni bela diri. Pengaruh-Nya meliputi Taoisme, Jiddu Krishnamurti, dan Buddha.
37. Bruce Lee terpilih sebagai Greatest Film Fighter Pernah pada tahun 2014 oleh Houston Boxing Hall Of Fame. The HBHOF adalah terdiri dari pejuang dan mantan Artis Bela Diri.
38. Pada tanggal 10 Mei 1973, Lee jatuh sakit selama pada saat syuting untuk Enter the Dragon di Golden Harvest di Hong Kong. Ia menderita kejang dan sakit kepala dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Hong Kong Baptist di mana dokter mendiagnosa ia menderita edema serebra hingga menyebabkan kematiannya.
39.Lee meninggal pada 20 Juli 1973, di Kowloon Tong.


SYDNEY, AUSTRALIA - 13 Agustus: Sebuah patung lilin dari aktor China, Bruce Lee terlihat di Chinese Garden of Friendship pada tanggal 13 Agustus 2013 Sydney, Australia. The Bruce Lee patung lilin akan dipajang di Madame Tussauds Sydney untuk menandai ulang tahun ke-40 kematian aktor ini.


40. Dia berusia 32 tahun pada saat kematiannya.
41. Pada tanggal 15 Oktober 2005, produser Raymond Chow menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa Lee meninggal karena reaksi alergi terhadap meprobamate penenang, bahan utama dalam Equagesic, bahan yang umum digunakan dalam obat penghilang rasa sakit. Ketika dokter mengumumkan kematian Lee secara resmi, itu di katakan bahwa ia "mati oleh kecelakaan".
42. Istri Lee Linda kembali ke kampung halamannya Seattle, dan telah dia dimakamkan di Lakeview Cemetery.
43. Steve McQueen, James Coburn, dan Chuck Norris adalah antara pengusung jenazah di pemakaman Bruce Lee.



44. Bruce Lee sedang syuting Game of Death ketika dia meninggal tiba-tiba. Jadi apa yang studio lakukan? Yah, mereka menulis ulang script sehingga karakter Bruce memalsukan kematiannya sendiri untuk melarikan diri dari mafia. Kemudian mereka mengambil rekaman dari pemakaman yang sebenarnya Bruce - termasuk close-up gambar dari peti mati terbuka menunjukkan wajahnya dibalsem.
45. Bruce Lee disebut oleh majalah Time sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh pada abad ke-20.
46. Sebuah patung Bruce Lee diresmikan di Los Angeles 'Chinatown pada 15 Juni 2013. Tinggi 7-kaki dibuat di Guangzhou, Cina.



47. Warisan Lee membantu pengembangan cinema yang lebih luas dari Amerika Asia

48. Kehidupan Lee telah digambarkan dalam film tahun 1993 Dragon: The Bruce Lee Story, pada tahun 1975 Linda Lee memoar Bruce Lee: The Man Only I know dan 2009 dokumenter Bagaimana Bruce Lee Merubah Dunia.

49. Pada tahun 1993, ia menjadi penerima Lifetime Achievement Award dari Hong Kong Film Awards.

50. Kekayaannya dilaporkan senilai $ 10 juta.


Bruce Lee dimakamkan di samping anaknya Brandon di Lakeview Cemetery, Seattle.
Diubah oleh cantik..cantik 22-06-2015 07:14
rony25
rony25 memberi reputasi
1
69.7K
318
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.