babelapakAvatar border
TS
babelapak
Tips Maksimalkan Hasil Terjemahan Google Translate, gan
Tips Maksimalkan Hasil Terjemahan Google Translate





[HT 18 ] Trims momod trit ane udah jadi hate
emoticon-Big Grin




Halo Gan and Sis, salam jumpa lagi dengan ane babelapak,
tukang bikinin lapak orang (Oops!) yang mayan rajin bikin thread emoticon-Peace. Gan and Sis, kali ini ane akan membahas media online raksasa terkenal, siapa lagi kalau bukan Google. Kita tahu banyak sekali memang keuntungan yang bisa diperoleh dengan menggunakan jasa Google ini. Search engine Google yang tentunya sudah menjadi kiblat dunia untuk mencari segala hal informasi melalui dunia maya ini. Dari sekian banyak 'produk' google yang telah hadir, tentu kita mengenal bahkan sering menggunakan fasilitas Google Translate, yak! Google Translate yang bisa menjadi asisten kita untuk menerjemahkan sebuah kalimat atau banyak kalimat asing dengan hasil terjemahannya bisa dilihat hanya dalam hitungan menit, bahkan dalam hitungan detik! tergantung kecepatan koneksi internet agan and sista. Saat ini, Google Translate telah mendukung lebih dari 40 bahasa. Google Translate bisa dikatakan seperti kamus online. Kamus yang tidak hanya mengalihbahasakan kata asing, tetapi banyak kalimat sekaligus.



GOOGLE TRANSLATE
Quote:



MENGGUNAKAN DAN
CARA KERJA GOOGLE TRANSLATE


Untuk menggunakan Google Translate kita cukup ketikkan di address browser: http://translate.google.co.id/
Nah buat mereka yang mungkin masih awam menggunakan Google Translate ini biasanya hanya mengcopy paste kalimat yang ingin diterjemahkan lalu tinggal klik 'Translate', tunggu sebentar -selesai, translate-pun sudah jadi. Tapi kita tahu pasti hasil yang di inginkan biasanya tidak sesuai dengan keinginan, namanya juga translate 'gratis' yang di hasilkan oleh 'bahasa mesin' bukan oleh penerjemah manusia sesungguhnya maka hasil terjemahan kadang jadi sebuah kalimat yang berantakkan atau malah membuat kita jadi tambah bingung membacanya.

Google Translate di operasikan oleh mesin yang di namakan "Statistical Machine Translation". Alat inilah yang membuat kadang hasil dari terjemahan menjadi agak berantakan. Maka dari itu pihak Google juga menyediakan Translator Toolkit yang di sediakan untuk para sukarelawan yang bersedia membantu pihak Google untuk menerjemahkan suatu bahasa agar menjadi mesin translator dengan yang lebih baik lagi.

Naaah, buat Gan and Sista yang kepingin tahu gimana cara translate dengan hasil yang 'lebih baik', ini ane ada solusi yang mungkin bisa membantu Gan and Sis dalam urusan terjemahan biar hasilnya jadi mendekati harapan. Akhir kata ane ucapkan selamat menikmati thread ane ini.





BERIKUT TIPS MEMAKSIMALKAN HASIL KERJA
GOOGLE TRANSLATE



FAKIR KONEKSI



Buat ente-ente yang fakir dengan koneksi, usahakan jangan terlalu banyak atau mengartikan kalimat yang akan diterjemahkan sekaligus . Jika di paksakan, bisa-bisa nanti aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses laman Google Translate akan hang. Alih bahasakan kira-kira satu atau dua paragraf saja dulu, test caseaja dulu, . Jika paragrafnya banyak, bagi aja dulu beberapa paragraf yang akan diterjemahkan. Jangan seluruhnya diterjemahkan secara langsung, apalagi langsung copas url dari sumbernya.





MODE ON - GALAU TRANSLATE



Jika ente gak yakin bahasa asli apa yang akan diterjemahkan ke bahasa yang Anda inginkan, pilih menu "deteksi bahasa". Dengan fitur tersebut, Google Translate akan secara otomatis mendeteksi bahasa apa yang sedang dicoba diterjemahkan.




GUNAKAN PLUGIN / ADD ONS BROWSER



Jika menggunakan aplikasi internet seperti Mozilla Firefox, install pihak ke tiga atau pergunakan adds ons (penggaya) Google Translate Dengan adds ons tersebut, ente akan menerjemahkan laman web dengan mudah dan cepat, hanya dengan sekali klik ke bahasa yang diinginkan, otomatis Google Translate langsung bekerja.




TRANSLATE DOKUMEN



Jika ingin menterjemahkan sebuah dokumen, usakahan dokumen tersebut tersimpan dalam file berekstensi file dokumen ( misalkan : .doc, .docx, .txt, dan sebagainya ). Hanya dengan file-file jenis dokumen itulah, Google Translate akan lebih familiar dan lebih cepat mengenalinya. Pilih menu "Terjemahan Dokumen" jika ingin menerjemahkan file yang diambil dari komputer lokal.




GUNAKAN EYD



Google Translate cenderung menggunakan kata atau kalimat baku.
Misalkan :
"Kalau saya lagi ngomong didengerin dong",

Maka hasil terjemahanya:
"If I again say didengerin dong",

Jadi aneh kan? tapi coba ente ganti dengan kalimat:
"Mohon dengarkanlah ketika saya sedang berbicara"

Maka hasil terjemahannya akan jadi lebih baik:
"Please listen when I'm talking".

Jadi, usahakan menggunakan bahasa yang baik dan benar ( Ejaan Yang Di sempurnakan/ EYD ), sesuai dengan tata bahasa yang berlaku. Tips lain, jangan gunakan bahasa singkatan atau istilah gaul, ane jamin hasilnya gak akan sesuai harapan. Mungkin di point ini Google Translate bisa dibilang sedang "gagal move on" emoticon-Peace




GUNAKAN ALTERNATIF KE DUA



Terjemahan alternatif adalah salah satu fitur yang tersedia di Google Translate,
berfungsi apabila ente merasa ada kata yang kurang tepat dari hasil terjemahan, ente bisa meng-klik kata yang anda rasa kurang tepat tersebut, maka akan muncul semacam 'teks balon' beberapa terjemahan alternatif yang bisa anda pilih.




TRANSLATE DUA ARAH



Jika telah melakukan translate sebaiknya lakukan test balik,
misalkan ente menerjemahkan kalimat dari bahasa Indonesia<- ke -> Inggris, maka copy hasil terjemahan bahasa Inggris tadi lalu terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Jika hasilnya sama dirasa sudah mendekati kebenaran dengan kalimat yang ente ingin terjemahkan tadi, maka dapat dipastikan bahwa terjemahan yang ente dapatkan sudah cukup baik, tapi kalau hasilnya berantakkan sebaiknya periksa kembali susunan kata atau kalimat yang ente gunakan, mungkin masih terdapat kata atau kalimat yang tidak baku ( EYD ).







BONUS INFO
KELEBIHAN GOOGLE TRANSLATE

==============================================================


APA SIH KELEBIHAN LAIN GOOGLE TRANSLATE?
SETIDAKNYA, ADA BEBERAPA MACAM:


Google Translate dapat menerjemahkan secara dua arah.
Dari bahasa A ke bahasa B dan sebaliknya. Jadi, tidak hanya satu arah.

Google Translate Open Source.
Hasil dari terjemahan masih bisa di edit oleh user
Tujuannya agar ditemukan keselarasan kalimat yang sesuai dengan gaya bahasa sesungguhnya

Google Translate juga mendukung voice
Ente dapat mendengarkan hasil terjemahan dan Google Translate berusaha melafalkannya.
Fitur ini juga sungguh menarik,terutama bagi mereka yang ingin mengetahui lafal/ cengkok dari sebuah kata dalam bahasa asing.

Tersedia berbagai widget Google Translate
Bagi blogger atau pemilik website, tersedia berbagai widget Google Translate yang dapat dibenamkan di blog atau web mereka.
Dengan demikian, pengunjung web tersebut yang tidak mengerti bahasa yang digunakan dapat diterjemahkan.
Widget Google Translate bisa ente dapet disini : http://translate.google.com

Adanya Fungsi Shortcut
Google Translate memiliki tombol shortcut agar cepat menerjemahkan.
Kunjungi webnya disini : AddOns

Hadir di Aplikasi Mobile
Google Translate juga hadir di versi mobile
Kunjungi webnya disini : Google Translate








emoticon-Salaman

Demikianlah Gan and Sis cara memaksimalkan penggunaan Google Translate, dengan beberapa trik diatas ane harap Gan and Sis bisa lebih terbantu untuk mendapatkan hasil terjemahan yang lebih baik. Namanya juga translate gratis, tapi lumayanlah kita sudah sangat di bantu, betul tidak? Saran dan kritik silahkan Gan and Sis, yang berkualitas akan ane pajang di pekiwan.
- TERIMAKASIH -





~ ๑ஜ۩۞۩ஜ๑~
TERIMAKASIH ANE KEPADA
sumur 1, sumur 2, sumur 3, sumur 4




MAMPIR DI THREAD KOLEKSI ANE YANG LAIN GAN:

Rangkuman LINK Hot Thread
★ Babelapak ★








Diubah oleh babelapak 13-01-2016 04:32
milktoasthoney
4iinch
4iinch dan milktoasthoney memberi reputasi
2
176.7K
402
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.