m.a.w.a.r.Avatar border
TS
m.a.w.a.r.
Gejala-gejala terciptanya pemerintahan yg bersih di pemprov DKI Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta Ika Lestari Aji merasa ketakutan ketika menerima banyak gratifikasi dari pihak lain. Hal itu diungkapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Basuki menjelaskan, Ika menerima banyak gratifikasi melalui kegiatan pembebasan lahan.

"Agen properti saja bisa dikasih komisi 2,5 persen, masak (PNS) DKI enggak. Nah yang kasih komisi ke DKI banyak juga lho, sampai miliaran rupiah dan Bu Ika ini ketakutan," kata Basuki, di Balai Kota, Selasa (12/1/2016).

Kemudian Ika melapor kepadanya. Ika menceritakan, bahwa tak hanya dirinya yang menerima gratifikasi. Namun juga anak-anak buahnya, termasuk para kepala bidang. Kemudian Basuki bertanya, berapa jumlah uang yang diterima Ika.

"Saya pikir Rp 1 juta atau Rp 10 juta, ternyata dia bilang (gratifikasi) sampai miliaran. Wah saya bilang, satu rupiah saja harus lapor ke KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), apalagi banyak," kata Basuki.

Kemudian Ika bertanya, apakah ia akan terbebas dari pidana jika melaporkan gratifikasi ini kepada KPK. Basuki pun menyebut, Ika beserta anak buahnya akan terbebas dari pidana. Ika melaporkan gratifikasi kepada Basuki pada Jumat (8/1/2016) lalu.

Pada hari Senin (11/1/2016), Ika ditemani oleh staf pribadi Basuki melaporkan gratifikasi yang diterima ke KPK.

"Dinas Perumahan lapor sampai Rp 10 miliar dan ini (pengembalian gratifikasi) paling besar sepanjang sejarah KPK. Karena sebelumnya kan Pak Sudirman Said (Menteri ESDM) yang ada (kembalikan gratifikasi) cincin berlian Rp 4,5 miliar," kata Basuki. (Baca: Ahok Banggakan Tiga Pejabat Ini karena Laporkan Gratifikasi ke KPK )

Penulis : Kurnia Sari Aziza
Editor : Fidel Ali

sumber:http://megapolitan.kompas.com/read/2016/01/12/19211741/Kadis.Perumahan.DKI.Ketakutan.Saat.Terima.Gratifikasi.Rp.10.Miliar.?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp
0
3.6K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.