faurizalAvatar border
TS
faurizal
Bagaimanakah Prinsip Kerja Maglev, Kereta Tercepat Di Dunia ?
HALLO GAN DISINI GUE MAU NGASIH SEDIKIT ILMU SOAL FISIKA emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)



Bagaimana Prinsip Kerja Kereta Maglev ? emoticon-Bingung (S)
Baiklah, gue akan jelaskan sedikit tentang cara kerja kereta ini.



rel maglev
Rel Superkonduktor
Sesuai dengan namanya, kereta ini bekerja berdasarkan prinsip gaya angkat magnetis. Sehingga sewaktu berjalan, kereta ini tidak menyentuh rel, melainkan melayang diatasnya sekitar 10 mm.

Kalau keretanya nggak nyentuh rel. Kok gak jatuh ? Mungkin pertanyaan kecil ini terbesit dalam benak kita. Jawabannya mudah saja, hampir 98% bahan penyusun relnya terbuat dari magnet superkonduktor. Sehingga kereta sebesar ini bisa tetap lengket dengan relnya walau pada kecepatan 500km/jam.

Gaya dorong kereta ini dihasilkan oleh interaksi antara motor induksi raksasa di dalam kereta dengan rel magnetisnya, yang otomatis menghasilkan gaya dorong yang luar biasa kuatnya. Bila diasumsikan berat 1 buah kereta Maglev 3 gerbong adalah 300 ton, maka hal ini setara dengan seorang manusia yang mendorong 1 buah truk kontainer dengan kecepatan 50 km/jam. Waw ! Luar biasa bukan ?

Gaya dorong superkuat itulah yang menyebabkan kereta ini dapat mencapai kecepatan 650 km/jam. Bila di Indonesia ada kereta ini, jarak antara Surabaya-Bogor dapat ditempuh hanya dalam kurun waktu 1 jam 15 menit. Wah, gila ! Pake' mobil aja sampe 20 jam-an.
Tapi, masalahnya. Kapan kereta ini bisa sampai di Indonesia ? Kita berdoa saja...



rel maglev
Gambaran Rel Maglev
Akan tetapi, tak ada gading yang tak retak. Yang namanya buatan manusia,
pasti ada titik kelemahannya. Antara lain dari sisi suara yang ditimbulkan, dikarenakan bentuk dan kecepatan kereta yang sangat tinggi, suara yang ditimbulkannya pun dapat menyamai pesawat jet. Atau sekitar 78% lebih bising daripada kereta api biasa.

Biaya pengadaan dan perawatan relnya pun sangat fantastis. Dari data yang saya peroleh, biaya untuk membangun per 50 m rel maglev mencapai $600,000 atau bila dirupiahkan mencapai Rp 6,5 milyar.


Kontruksi Mesin Maglev
Namun, bagi agan yang bertempat di Jakarta atau Surabaya, berbahagialah ! Karena kalian akan dapat merasakan sensasi naik kereta supercepat 3 tahun lagi, eittts ! Tapi bukan maglev, melainkan MRT (Mass Rapid Transit). Ya paling tidak sejenis lah ya ... emoticon-I Love Indonesia (S)

Sekian artikel teknologi dari saya. Terimakasih. Semoga bermanfaat ! emoticon-I Love Kaskus (S)
emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-Cek PM (S) emoticon-Cek PM (S) emoticon-Cek PM (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


DO'NT FORGET !!! emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol
0
12.5K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.