Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

qey01Avatar border
TS
qey01
5 Orang Yang Namanya Dihapus Dari Catatan Sejarah
Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Alhamdulillah ini trit kedua ane, yg trit kemarin ane minta maaf kl gambarnya disturbing sm lupa masukin trit DP, skrg ane mau ngebahas sejarah nih, salah satu bidang favorit ane emoticon-Big Grin
silahkan membaca

Sejak zaman dahulu, manusia berusaha menulis catatan sejarah atau peristiwa yang telah berlalu secara akurat. Berawal dari tuturan mulut ke mulut hingga akhirnya berbentuk tulisan, kisah-kisah manusia di masa lalu hingga kini bisa kita telaah dan kenang sebagai satu-satunya jembatan penghubung ke dunia yang telah hilang.
Tetapi sayangnya karena kepentingan dari pihak-pihak tertentu, sebuah peristiwa atau bahkan keberadaan seseorang sengaja dihapus dari catatan sejarah meskipun tidak semuanya berjalan sukses. Dan seiring berjalannya waktu, tokoh-tokoh sejarah yang namanya sempat ‘dihilangkan’ ini mulai muncul kembali sehingga kebenaran perlahan tapi pasti mulai terungkap. Ingin tahu siapa saja tokoh sejarah yang mungkin tidak pernah Anda dengar sebelumnya serta mengapa mereka dihapus dari sejarah? Berikut daftarnya versi mbakbro.com :

1. Joseph Goebbels, penasihat Hitler


5 Orang Yang Namanya Dihapus Dari Catatan Sejarah

Pertama kali bertemu Goebbels, Hitler langsung tertarik dengan antusiasme, ide-idenya yang brilian dan kebenciannya kepada Yahudi, karena itu Hitler langsung memberinya jabatan sebagai penasihat pribadinya dan dikirim ke seluruh penjuru Jerman sebagai mesin propaganda Nazi yang sangat efektif. Tak lama kemudian, Goebbels pun menjadi salah satu orang kepercayaan Hitler.
Ketika pasukan Nazi di ambang kekalahan, Goebbels menyarankan Hitler untuk mempertimbangkan perundingan perdamaian. Tetapi saran itu ditolak mentah-mentah, Hitler bahkan memerintahkan untuk melawan hingga titik darah penghabisan. Diduga karena tidak suka dengan nasihat Goebbels yang dianggapnya pengecut ini, Hitler kemudian memerintahkan untuk menghapus Goebbels dari sejarah Jerman termasuk foto-foto dimana terdapat dirinya bersama Goebbels di atas.

2. Nikolai Yezhov, kepala agen rahasia Stalin


5 Orang Yang Namanya Dihapus Dari Catatan Sejarah


Nikolai Yezhov hingga kini dijuluki sebagai “The Vanishing Commissar” oleh para sejarawan karena semua foto-fotonya bersama Stalin dihapus setelah dia dieksekusi pada tahun 1940. Meskipun Yezhov adalah seorang yang setia kepada Stalin dan bekerja untuknya sebagai kepala agen rahasia, tetapi hal itu tidak menghentikan kekejaman Stalin.
Diduga karena menyalahgunakan kekuasaannya sebagai kepala agen rahasia, Stalin mencopot jabatan Yezhov dan memasukkannya ke dalam penjara. Pada tanggal 4 Pebruari 1940 Yezhov dieksekusi di tempat yang ironisnya sering digunakannya untuk mengeksekusi tawanan tanpa melalui pengadilan yang semestinya.


3. Leon Trotsky, revolusioner Rusia


5 Orang Yang Namanya Dihapus Dari Catatan Sejarah


Sebagai salah seorang penggagas revolusi Bolshevik di Rusia, nama Trotsky pernah berusaha dihilangkan dari buku sejarah oleh Stalin karena keputusannya untuk meninggalkan partai komunis. Sebelumnya Trotsky bersama Lenin, Stalin, Zinoviev, Kamenev, Sokolnikov dan Bubnov mendirikan Partai Buruh Sosial Demokratik Rusia yang berhaluan komunis.
Ketika keputusannya untuk menyeberang ke partai oposisi berbuah kegagalan seiring dimulainya kekuasaan Stalin, Trotsky kemudian diasingkan pada tahun 1929. Di pengasingan, Trotsky tidak berhenti menyuarakan perlawanan atas Stalin hingga pada tahun 1940 Stalin memerintahkan seorang pembunuh bayaran menembak mati Trotsky di Mexico.


4. Bo Gu, pemimpin senior Partai Komunis China

5 Orang Yang Namanya Dihapus Dari Catatan Sejarah


Bernama asli Qin Bangxian tetapi lebih dikenal sebagai Bo Gu, orang ini adalah salah satu pendiri Partai Komunis China sehingga mempunyai kekuasaan lumayan tinggi di pemerintahan Mao Zedong. Tetapi karena beberapa blunder yang serius tentang taktik militer dan pertahanan, Bo Gu kemudian dipecat dari jabatannya sebelum meninggal dunia akibat kecelakaan pesawat pada tahun 1946 bersama beberapa petinggi partai.
Sedangkan alasan mengapa Mao Zedong berusaha menghapus nama Bo Gu dari sejarah China adalah karena Bo Gu dianggap bertindak terlalu lunak dan tidak efisien ketika menghadapi pemberontakan. Sikap Bo Gu ini dikhawatirkan akan memberikan kesan lemah pada pemerintahan Mao Zedong.


5. Grigoriy Nelyubov, kosmonot Rusia


5 Orang Yang Namanya Dihapus Dari Catatan Sejarah


Terpilih sebagai salah satu kosmonot Rusia pada awal program angkasa luar Rusia tahun 1960, Nelyubov tampil sebagai bintang dalam program tersebut karena kepiawaiannya. Tetapi meskipun piawai dalam pekerjaannya hingga menjadi salah satu orang Rusia pertama yang terbang ke angkasa luar, sayangnya Nelyubov tidak mampu mengatasi masalah pribadi dalam keluarganya hingga akhirnya mengalami depresi dan terjerumus dalam alkohol.
Nelyubov akhirnya dikeluarkan dari program angkasa luar Rusia karena tidak mampu menghentikan kebiasaannya mengkonsumsi alkohol. Pada tanggal 18 Pebruari 1966, Nelyubov bunuh diri saat dalam kondisi mabuk. Untuk menjaga image program angkasa luar Rusia secara keseluruhan, nama Nelyubov kemudian berusaha dihilangkan termasuk foto-fotonya dalam “Sochi Six” (kosmonot awal program angkasa luar Rusia) di atas. Hingga kini Nelyubov dikenal sebagai “The Lost Cosmonauts”.

Sumber:
http://www.mbakbro.com/2015/09/5-Ora...n-Sejarah.html

Menurut ane sejarah memang gak bisa lepas dari kesalahan-kesalahan dari masa lalu sekecil apapun yg bagi sebagian pihak ingin merubah sejarah karena kepentingan masing-masing individu atau kelompok semata. Lebih baik kita menjadikan masa lalu sebagai pelajaran untuk masa depan nantinya.

sekian trit ane kl ada salah mohon dimaafkan, sebagai manusia pasti ada salahemoticon-Big Grin

Wassalamu'alaikum Wr. Wb


wah ternyata udh pernah di angkat jd trit di kaskus toh..
sorry ane ga tau kl ane repostemoticon-Sorry
kira-kira ada kaskuser yg baik yg mau ngasih link aslinya gak?
ane nyari gak nemu-nemuemoticon-Sorry
Diubah oleh qey01 11-01-2016 13:21
0
2.8K
30
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.