Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rumahkanaka3Avatar border
TS
rumahkanaka3
Mewaspadai rupiah yang berpotensi masuk jurang
BERITA TERKAIT
Rupiah sulit pertahankan keunggulan atas dollar

JAKARTA. Tahun 2016, tekanan rupiah terhadap dollar AS diperkirakan kian dahsyat. Bahkan, Bank Indonesia (BI) pun mulai mewanti-wanti adanya potensi dollar AS super kuat alias momentum super dollar AS.

Lana Soelistianingsih, Kepala Ekonom Samuel Asset Management mengamini adanya potensi tersebut. Pertama, melesatnya kurs Paman Sam ini terjadi akibat menukiknya harga minyak mentah dunia.

Mengutip laporan estimasi Executive Board Dana Moneter Internasional (IMF) untuk Iran, Lana menuturkan, jika sanksi Iran dilepas, produksi minyak akan melimpah.

Hal tersebut akan menyebabkan harga minyak bisa menyentuh level US$ 20 per barel. Imbasnya, harga komoditas yang lain juga akan ikut tergelincir. Ekspor berbasis komoditas otomatis kian anjlok sehingga pasokan dollar AS menyusut.

Di saat yang sama, investor kemungkinan aka beralih untuk memegang instrumen dollar AS karena dinilai lebih aman. Tak pelak, kondisi ini akan membuat rupiah lunglai. Ke dua, pelemahan atau devaluasi mata uang yuan oleh ororitas China juga berpotensi membuat dollar AS tambah berotot.

Pemerintah China diperkirakan akan melanjutkan pelemahan kurs yuan sekitar 14% untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Targetnya, pelemahan yuan ada di angka 20% secara akumulasi sejak Agustus 2015. Maka, ada kemungkinan devaluasi akan dilakukan sekitar 2% setiap bulannya.

Menurut hitungan mereka, pelemahan tersebut bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi sebesar 0,7%. Jika saat ini pertumbuhan ekonomi China ada di kisaran 6,8%-6,9%, maka dengan devaluasi diharapkan ekonomi bisa kembali tumbuh ke kisaran 7,5%.

"Di sini rupiah bisa overshooting, tapi saya tidak bisa memperkirakan batas pelemahan tertingginya," ujar Lana, Minggu (10/1).
http://nasional.kontan.co.id/news/mewaspadai-rupiah-yang-berpotensi-masuk-jurang

gagal meroket
0
2.8K
30
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.