Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

MuslimAirForceAvatar border
TS
MuslimAirForce
Kanazawa Univ Dari Jepang Tawarkan 30 Beasiswa Program Doktor Utk Mahasiswa Indonesia
Banda Aceh (ANTARA News) - Salah satu perguruan tinggi di Jepang, Kanazawa University, menawarkan beasiswa doktor (S3) kepada 30 orang di seluruh Indonesia guna melanjutkan studi ke negara tersebut.

Ketua Tim Delegasi dari Kanazawa University Prof Seiro Omata dalam sosialisasi beasiswa S3 di ruang Balai Senat Biro Rektor Unsyiah di Banda Aceh, Selasa mengatakan, program beasiswa tersebut untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia melanjutkan studi ke Negeri Sakura tersebut.

"Program beasiswa ini juga untuk memperkuat kerjasama antara Kanazawa dengan Pemerintah Indonesia di bidang pendidikan," katanya.

Dalam pemaparan tentang profil dan prospek Kanazawa University, ia mengatakan program beasiswa tersebut merupakan hasil kerjasama antara Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti) dengan Kanazawa University.

Humas Kanazawa University Acep Purqon Ph.D mengatakan mahasiswa program studi S3 tersebut tidak diwajibkan untuk menguasai Bahasa Jepang, karena penerima manfaat akan belajar dalam kelas internasional.

Kendati demikian, pihaknya juga menyiapkan dua kelas bahasa Jepang pada Oktober nanti yakni intensif dan survival yang masing-masing bertujuan mendalami Bahasa Jepang secara utuh dan sekedar untuk memudahkan interaksi sehari-sehari ketika hidup di Jepang.

Pihaknya juga mempersiapkan dana talangan bagi mahasiswa yang keuangannya tersendat di tahun pertama kuliah supaya mahasiswa tersebut fokus dalam menjalani studinya tanpa harus terbebani biaya kuliah yang harus dibayar.

Ia mengatakan Kanazawa juga berani mengucurkan dana talangan pembiayaan masa studi sebesar Rp600 juta per orang untuk tiga bulan pertama.

"Uniknya lagi, bagi yang sudah berkeluarga mendapat biaya tunjangan bagi anak dan jika ada yang melahirkan di sana diberi tunjangan senilai Rp40 juta," katanya.

Dijelaskannya, proses wawancara dengan Dikti akan dilaksanakan pada April dan pengumuman akan diselenggarakan mulai Juni-Juli 2014. Sementara perkuliahan sendiri akan dimulai 1 Oktober 2014.

"Program S3 tersebut umumnya berlangsung sekitar 36 atau 48 bulan tergantung bidang ilmu yang dipelajari, sedangkan biayanya akan ditanggung oleh Dikti," katanya.

Ia mengatakan, bagi peminat beasiswa tersebut disarankan mengunjungi situs resmi Kanazawa untuk mendaftar secara online dan melihat persyaratan di Website http://www.adm.kanazawa-u.ac.jp/ie/e...uideline.html.

Pendaftaran akan dibuka pada 14-28 Februari 2014 dan kandidat doktor diharapkan dapat mengajukan permohonan beasiswa Dikti untuk tahun 2014.

http://www.antaranews.com/berita/416...program-doktor
0
1.6K
3
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.