Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gapaitinggiAvatar border
TS
gapaitinggi
[CATPER] Ekspedisi Gapai Tinggi Aoraki Mt Cook New Zealand 2015
Apa kabar agan2 OANC ers?

Setelah berhasil menggapai Puncak Ama Dablam Nepal pada November 2013 lalu. Kali ini pendaki Gapai Tinggi akan berupaya menggapai puncak Aoraki, atau yg dikenal jg sebagai Mt. Cook. Puncak tertinggi Australasia yg terletak di pulau Selatan New Zealand.



Pendaki Fedi Fianto akan mendaki bersama guide Nick Morgan dari Adventure Consultants. Pendakian akan dilakukan dengan teknik Alpine Climb/Moving Together. Proses pendakian dijadwalkan mulai tanggal 29 Oktober 2015 dimulai dari desa Twizel di kaki Mt. Aoraki. Ini itinerary nya agan2:

Jadwal pendakian:

29 Oktober 2015 – Christchurch, NZ.

30 Oktober 2015 – Twizel Village

31 Oktober 2015 – Plateau Hut (flight in)

1 November 2015 – Alpine Start and setup High Bivvy

2 November 2015 – Summit Attempt

3 November 2015 – Weather Contingency

4 November 2015 – Plateau Hut (flight out)

Aoraki adalah nama yang diberikan Suku Maori, suku asli Pulau Selatan New Zealand, untuk gunung tertinggi di Australasia ini (Australia dan New Zealand). Menurut legenda Maori, Aoraki adalah anak dari Rakinui (Sky Father) yang dalam perjalanan mengelilingi Papatuanuku (Earth Mother) terdampar dan membeku menjadi batu. Karena Mount Aoraki dianggap sangat suci oleh suku Maori, maka pendaki dilarang untuk menginjak titik tertinggi gunung ini. Sedangkan nama Mount Cook diambil dari nama Kapten James Cook, yang bernavigasi dan melakukan survey di kepulauan New Zealand pada tahun 1770.



Puncak Mount Aoraki pertama kali digapai pada 25 Desember 1894 oleh George Graham, Jack Clark, dan Tom Fyfe. lebih dari 100 tahun yang lalu. Jangan terkecoh oleh ketinggiannya, Mt Aoraki memiliki grade Alpine 4-, hanya ada jalur technical menuju puncak. Artinya puncak Mt. Aoraki tidak bisa dicapai dengan trekking seperti Mt. Elbrus dan Mt. Aconcagua, untuk mendakinya diperlukan kemampuan Ice Climbing. Jalur yang akan diambil oleh pendaki Gapai Tinggi melewati Linda Glacier adalah jalur standar, termudah tapi sekaligus yang paling berbahaya, karena melintasi deretan Crevasses dan Hanging Glacier. Oleh karena itu pendakian melewati jalur ini harus dilakukan dengan cepat. Pendakian juga harus mempertimbangkan kondisi cuaca yang sangat cepat sekali berubah karena pengaruh Angin Selatan yang disebut dengan Roaring Forties.

Puncak Aoraki digapai oleh tim pendaki Indonesia dari Mapala UI pada tahun 1987 dan Garuda Stapala tahun 1990. Sudah lama sekali ya emoticon-Smilie Mungkin para Subes masih ingat dengan kisah ekspedisi ini.

Saat ini pendaki Gapai Tinggi masih transit di Denpasar. Dini hari nanti akan melanjutkan perjalanan dengan Air Asia X menuju Sydney, lalu dengan Virgin Australia melanjutkan ke Christchurch. Proses pendakian akan diupdate di thread ini. Mohon doa dan dukungan Subes2 dan Agan2 semua agar pendakian berjalan dengan lancar. Amiiin....
0
5.5K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Catatan Perjalanan OANC
Catatan Perjalanan OANCKASKUS Official
1.9KThread1.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.