fondamedikaAvatar border
TS
fondamedika
Perlu dibaca dan diketahui tentang Penyakit Vena Dalam
Hi, teman2 pengguna kaskus semuanya emoticon-Salam Kenal udah tau tentang penyakit DVT/VTE tau yang lebih dikenal Penyakit Vena Dalam?

Mungkin juga agan atau aganawati sekalian ada yang tau dan ada juga yang tanya-tanya itu jenis penyakit apa itu ya? Tau ini penyakit barukah? Nah ini aku mau sedikit sharing tentang penyakit ini DVT/VTE.

Di luar negeri banyak dikenal dengan nama DVT/VTE dan penyakit ini salah satu penyakit yang mengancam kematian agan en aganwati sekalian. Dari data yang didapat, di Eropa & Amerika 10 juta kasus terjadinya DVT/VTE dan 600,000 orang meninggal, yach kurang lebih 1,600 orang meninggal tiap harinya dikarenakan DVT/VTE. Penyakit DVT/VTE ini mendapat rangking teratas daripada penyakit Kanker Payudara, Kecelakaan kendaraan bermotor bahkan penyakit AIDS/HIV.emoticon-Takut (S)

Waduh gaswat juga ya. Pengen tau lebih dalam tentang penyakit DVT/VTE dan bagaimana sich perkembangannya di Indonesia? Yuks langsung aja kita bahas… yuk mariii agan en aganwati…emoticon-Matabelo

Penjelasan pertama, apa sich tu DVT/VTE? Penyakit apaan tu yak? Kepanjangan dari DVT/VTE yaitu DVT = Deep Vein Thrombosis klo VTE = Vein Thrombosis Embolism yang dikenal secara bahasa Indonesia yaitu adanya gumpalan atau bekuan darah atau emboli atau zat asing pada vena dalam. DVT/VTE sering terjadi pada bagian kaki terutama pada bagian selangkangan paha dan lipatan lutut. Gumpalan atau thrombus bisa juga terjadi pada arteri tau orang bilang pada nadi.

Thrombosis atau gumpalan merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian yang paling terkenal yaitu STROKE, Indonesia mendapatkan rangking 1. [I]#data se-Indonesia 12,1 per-1000 sedangkan di Jakarta sendiri 14,6 per-1000# http://nationalgeographic.co.id/berita/2014/07/penyakit-stroke-salah-satu-penyebab-utama-kematian-di-indonesia Penyakit yang lainnya yaitu Serangan Jantung atau juga Jantung Koroner, dan PE yaitu Pulmo Embolism. PE apalagi ya..? emoticon-Bingung (S)

PE adalah penyakit efek samping dari DVT/VTE. PE terjadi dikarenakan gumpalan atau thrombosis yang terjadi pada paru. Kok bisa ya terjadi di paru..? Gumpalan atau thrombosis mengikuti aliran peredaran darah sehingga masuk dalam bagian paru.
Penyakit-penyakit yang disebut diatas itu agan-agan salah satu penyebabnya ya itu DVT/VTE, pasti tanya kok bisa ya..? emoticon-Bingung (S) hayo kepo kan…

Bagaimana DVT/VTE dapat terjadi pada kite-kite nich… Faktornya yaitu dari factor pola hidup yaitu merokok, mengkonsumsi miras tau minuman beralkohol atau minuman soft drink yang berlebihan dan juga kegemukan. Selain factor pola hidup ada pula factor yang lain yaitu mengkonsumsi obat-obat hormone, saat hamil dan melahirkan, melakukan tindakan operasi, mempunyai penyakit Kanker, mempunyai penyakit keturunan gangguan darah, melakukan perjalanan atau travelingemoticon-Traveller menggunakan pesawat/kapal atau apalah yang lama, usia yang semakin menua, dan saat pemulihan di Rumah Sakit.

Banyak bangetkan faktornya agan-aganwati, apalagi kite-kite yang tinggel di kota besar jarang banget kite mau jalan tau berolahraga, keseringan kite keseringan naik angkot tau naik metro mini tau kopaja walaupun jaraknya gak jauh-jauh amir yak. Dan kite sering banget untuk makan-makanan yang cepat saji tau jajanan yang banyak mengandung lemak tinggi. Ya memang kota Jakarta kite banyak banget jajanan yang enak dipinggir jalan dan kota Jakarta kite pun panas dan berdebu banget. emoticon-Takut (S)

Bagaimana sich tanda dan gejala yang terjadi DVT/VTE, nich patut kite lihat buat agan en agawati sekalian yaitu kaki terasa sakit dan nyeri, bengkak, warna kulit kemerahan dan bila diraba terasa hangat. Klo tanda dan gejala yang terjadi pada Pulmo Embolism (PE) yaitu nafas pendek yang susah dijelaskan, batuk yang sering kali terjadi, dada terasa sakit (saat tarik nafas yang dalam) dan sakit kepala terkadanga sampai jatuh pingsan.

Ini nich bagian yang paling penting, kate pepatah sedia payung sebelum hujan. Makanya pencegahan paling penting sebelum terkena bener gak agan en agawati sekalian. Gak usah banyak koment lagi ini ni cara pencegahannya untuk penyakit DVT/VTE. emoticon-Cool

Pencegahan buat kite yang masih sehat en gak ada faktor-faktor yang diatas cuma satu aje yaitu tetep lakukan pergerakan emoticon-Bola atau olahraga en makan dengan pola yang sehat. Contohnye klo kite yang gawe kantoran en ngadepin komputer di meja en duduk yang lama, atau melakukan traveling coba lakukan jalan-jalan diruang sekitar tau ke WC tau liet-liet pemandangan di kantor yang asri en ape aje yang penting bergerak la gan.

Klo buat kite yang ade faktor-faktor diatas klo ade rencana mau melakukan tindakan operasi minta saran ama dokter pribadi yang ngerawat kite, apa melakukan tindakan pencegahan tau kagak, klo ade cari tau gan ape aje. Yang aye tau ya gan biasanya obat pengencer darah dari golongan heparin en temen-temennye, dan ade lagi stocking juga gan en aganwati, en ada juga dengan technology mengikuti zaman yaitu IPC ( intermittent pneumatic compression) apaan lagi tu IPC? IPC yaitu stocking yang dapat mencegah DVT/VTE bedanya dengan Stcoking yang biasanya yaitu IPC menggunakan aliran listrik seperti dipijet kaki kite gan en ganwati.

Jadi agan en aganwati sekalian itu sharing tentang Penyakit DVT/VTE, kite udah ngulas lebih detail. Btw tanggal 13 Oktober adalah Hari Thrombosis sedunia. Di Indonesia belum ada untuk acara tentang Hari Thrombosis Sedunia ini, nah klo ada ide atau yang berniat atau apalah pengen volunteer ttg memberikan informasi DVT/VTE kepada komunitas yang lainnya. Nah, untuk agan-agan yang ingin memberikan tanggapannya, dan silahkan berbagi pengalamannya di Thread ini, Terimakasih

Diubah oleh fondamedika 07-01-2016 03:03
0
3.5K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Healthy Lifestyle
Healthy LifestyleKASKUS Official
7.6KThread2.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.