Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dewil.paperAvatar border
TS
dewil.paper
ide bisnis ane yg tak kunjung terealisasi. belum berani? belum ada modal? entahlah..
langsung aja agan2
ide bisnis ane yang tak kunjung teralisasi dari dulu sampe sekarang

ane yakin sudah banyak ide yang serupa, atau mungkin juga ane telat sadarnya, mungkin juga agan2 udah banyak yang berhasil di bisnis ini?

Bisnis kuliner gan. yup bisnis kuliner.
sebenernya ane dulu kurang srek dengan bisnis kuliner, basic bisnis ane waktu itu jual beli mobil, yang kata emak ane mobil ga akan basi kalo ga laku. iya sih bener juga, tapi di bisnis mobil ane banyak boongin orang, susah utk jujur dengan kondisi yang sebenarnya. kalo jujur ga ada yang beli atau ditawar rendah, kalo boong udah pasti dosa, tapi laku. Dilema..

3 tahun ane bisnis jual beli mobil bekas, berbekal modal 25 juta dari bokap di tahun 2010. umur ane masih 20tahun waktu itu. dalam waktu 1 tahun ane berhasil kembangin bisnis jual beli mobil dirumah ortu ane, mobil pertama yang ane beli waktu itu BMW tua taun 89. beli 22jt, modal perbaikan 3jt. jadi pas 25jt. sebulan ga laku2 gan, mulai galau.. waktu itu forum jual beli masih FJB kaskus yang juara(id lama ane di banned gara2 nakal di lounge) jadi ane iklan di kaskus dan koran poskota. lupa gimana ceritanya waktu itu, akhirnya mobil ane laku juga di harga 30jt. dalam 1 tahun ane puterin modal ane akhirnya kebeli 3unit mobil waktu itu. wih mantap lah pokoknya, anak kuliahan udah bisa bisnis sendiri, meskipun kuliah jadi bener2 keteteran emoticon-Big Grin

makin kesini bisnis ane naik turun (sudah biasa) udah makin pinter lah didunia jual beli mokas. banyak boongin orang yang bikin ane galau sepanjang waktu.
skip skip.. akhirnya ane mulai berenti pelan2 jual beli mobil bekas, sembari kejar lagi kuliah ane yang keteteran. alhamdulilah kuliah selesai di tahun 2014, yang berati lulus S1 6tahun emoticon-Big Grin
lulus kuliah artinya ane resmi jadi pengangguran. mulai galau lagi, temen2 ane yg lulus tepat waktu udah pada kerja di perusahaan2 top, dgn gaji yang lumayan (meskipun masih gede pendapatan ane pas jual beli mobil dulu)
akhirnya ane mau rasain hangatnya kursi kantor yang kata orang hidup lebih terjamin?
cari2 kerja akhirnya dapet juga, tentu ane kerja dibagian pemasaran/penjualan, karena ane ngerasa disitu pasion ane. alhamdulilah 1 bulan kerja ane udah berprestasi, penjualan dan strategi ane ngelewatin jauh senior2 ane dikantor itu emoticon-Big Grin
ngerasa nyaman, gaji lumayan buat buat bayar kost ber AC kamar mandi dalem, makan nasi padang 2x sehari, isi bensin, kirimin emak duit, dan masih nyisa buat nabung.
terlalu nyaman, akhirnya ane resign di bulan ke 6 ane. sampai sekarang ane masih bingung mau bisnis apa. ada yang bilang ane terlalu gegabah ninggalin kerjaan tanpa ada back up plan sebelumnya. terserah orang mau beranggapan apa, yang jelas ane akan selalu bertanggung jawab dengan apa yang udah ane ambil, termasuk keputusan ini

puter otak terus mau bisnis apa, makin diputer malah makin ga dapet ide.
suatu hari makan bubur ayam enak bener, emang selalu rame tuh abang bubur, isen2 tanya pendapatannya. dia bilang bisa untung sampe 500rb sehari. Jualan pagi dan jualan malam. wih lumayan juga pikir ane, kenapa ga pernah kepikiran ttg prospek bisnis yg waktu itu ane anggap bisnis recehan.
lanjut beli bakso yang rame bener dikrubutin pembeli, pas ane coba baksonya lumayan enak. iseng2 tanya lagi ke abangnya. pendapatan kotor perhari bisa dapet 1,5jt kalo lg ga begitu rame, kalo lg rame pernah sampe 3jt dia bilang. wow perhari gan! hebat. bener2 makin nyesel ga mau dan bahkan anti sama bisnis kuliner begini.
akhirnya ane riset semua penjual kuliner kecil menengah, dari yang gerobak dorong sampe yg sewa kios. pendapatan mereka amaizing gan, ada yang punya sendiri, ada juga yang jualin punya bosnya(pedagang gerobakan)

dapat kesimpulan, jualan kuliner yg memang semua orang suka dan ga musiman lebih menjajikan ketimbang jualan kuliner yang rada aneh dan cuma bertahan bbrp tahun aja, bahkan bbrp bulan doang. kuliner yang semua orang suka contohnya : bakso, nasi goreng, ketoprak, bahkan cimol, dan masih banyak lagi.

ini rencana bisnis ane yang belum terealisasi. jadi bos nya kuliner menengah bawah. jadi bos yg ane maksud adalah, ane menyediakan gerobak berikut isinya dan juga makanan yang dijual, jadi kita tinggal cari orang utk dorong atau mangkal aja.

terus hasil yang didapat brp?
ane gamau cuma ane aja yang banyak duit, karena abang yang dorong atau mangkal lebih capek kerjanya daripada ane, ane ambil contoh penjual cimol yang ane temuin di daerah tangerang waktu itu, seperti biasa ane tanya pendapatannya perhari dan seperti biasa juga ane selalu kaget dengan pendapatannya emoticon-Big Grin
pemasukan kotor perhari kalau rame bisa sampai 800rb dengan modal sekitar 200rb utk pembuatan adonan cimol, bumbu, minyak goreng dan lain-lain.
jadi untung sekitar 600rb perhari, dan dia cuma dpt sekitar 150rb dan sisanya buat bosnya dia. bosnya cuma bikin adonan dan kipas2 duit tiap hari, abang cimolnya capek dan kena minyak goreng panas hampir tiap hari.
ane berfikiran kalau gimana dibalik, kita yang dapat 150rb atau 100rb aja, sisanya buat abangnya yang udah capek. jadi tuh abang betah kerja sama kita. dan makin semangat kerjanya (yg punya pengalaman dgn sistem ini tolong di share + - nya)
kecil memang utk ukuran bos kuliner dapat 100rb perhari, tapi itu utk 1 grobak aja, coba kalau kita punya 10grobak cimol, pendapatnya jadi 1jt perhari, yup perhari, kalau jalan mulus tiap hari selama sebulan kita punya pendapatan 30jt/bulan.
dan itu untuk 1jenis kuliner aja yaitu cimol, gimana kalau kita tambah lagi bisnis kuliner grobakan kita, misalkan kita jualan bakso? kita pakai sistem yang sama, dan memiliki jumlah grobak yang sama, pendapatan kita di bakso juga 30jt/bulan.

jadi total pendapatan kita sudah 60jt sebulan dengan 2 jenis bisnis kuliner grobakan gini aja. mantap kan?
gimana kalo kita tambah lagi dengan jualan bubur ayam? sistemnya sama kaya dgn 2 bisnis kuliner sebelumnya emoticon-Big Grin

banyak pemasukan kita, abang grobak yang setia dgn berjualan itu juga memiliki pendapatan yang pantas..

yang agan baca diatas adalah cerita manisnya, tentu setelah dijalani banyak sekali halang rintang yang akan dihadapi, spt cuaca, abang grobak yg nakal, satpol pp, dan masih banyak lagi.

itu tadi sepenggal ide bisnis yang belum juga terealisasi, ada beberapa faktor penyebabnya, mungkin ane masih takut utk mulai, ane juga ga bisa masak/buat makanan2 tsb yg bener2 enak, modal ane yg terbatas juga, dll

mungkin juga ane butuh partner yg sejalan dgn ane? entahlah..

yang jelas dalam waktu dekat cepat atau lambat ane akan mulai. mulai belajar masak? atau juga mulai cari orang yg jago masak.

maaf kalo long post gan emoticon-Big Grin

ditunggu masukan juga sharing dari agan2 semua

cheers emoticon-Toast

0
7.9K
52
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.5KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.