mr.setujuAvatar border
TS
mr.setuju
Jokowi: Jangan Sampai Promosi Wisata Bagus, Tapi Toliet Tak Bersih
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan harus ada hubungan yang baik atau sinkronisasi antar kementerian. Hal ini terkait target pemerintah untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dalam lima tahun.

Menurut Jokowi, untuk mendatangkan 20 juta wisatawan, tidak cukup hanya promosi atau marketing yang bagus, tetapi penyediaan infrastruktur yang baik. Tetapi, infrastruktur saat ini memang masih minim.

Jokowi menambahkan, masih minimnya infrastruktur dalam menopang target mendatangkan 20 juta wisatawan, maka Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) harus siap mendukung dan berkoordinasi dengan Kemenko bidang Kemaritiman maupun Kementerian Pariwisata.

"Sekarang baru konsentrasi untuk mendatangkan wisatawan mancanegara, Kementerian PUPR harus melihat apa yang bisa dimasuki," ucap Jokowi di Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Jokowi memberi contoh mengenai minimnya penyediaan air bersih dan kebersihan toilet di lokasi-lokasi wisata. Kendati tidak menjadi masalah krusial, namun dua hal tersebut akan membuat kesan yang kurang baik bagi wisatawan jika tidak tersedia. Untuk itu, Jokowi menekankan, jangan sampai‎ teknik pemasaran dan promosi pariwisata sudah bagus, namun produk yang dapat ditawarkan ke wisatawan masih minim.

"‎Masalah air, toilet, jalan, kanan-kiri lokasi wisata, pelabuhan bandara. Ini yang bisa PUPR masuk, maka masuk ke sana. Karena kita ada 10 destinasi wisata yang akan dikerjakan, harusnya PUPR ikut siapkan produk‎," tegasnya.

Jokowi juga meminta Kementerian PUPRmenyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni yang dapat menggarap proyek-proyek infrastruktur prioritas pemerintah. Jangan sampai, saat anggaran infrastruktur naik mereka tidak bisa mengelolanya dengan baik.

"‎APBN untuk infrastruktur diprioritaskan, fokusnya ada di situ dan income penerimaan negara tahun-tahun ke depan akan lebih baik, maka anggaran infrastruktur juga naiknya akan banyak. Sebab itu siapkan manager lapangan yang baik, mungkin sekarang mengelola Rp1 triliun bisa, nanti Rp10 triliun jadi bingung. Siapkan SDM nya," tukas Jokowi.
(rzy)

http://economy.okezone.com/read/2016...iet-tak-bersih

apalagi kalau wisatawan malah disuruh pulang emoticon-Ngakak (S)
0
1.4K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.5KThread40.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.