Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SENSORpanAvatar border
TS
SENSORpan
Selesai 2018, LRT Jabodetabek Tersambung MRT, KRL, Hingga TransJakarta
Spoiler for plan LRT:


Selesai 2018, LRT Jabodetabek Tersambung MRT, KRL, Hingga TransJakarta

Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menggagas pengembangan jaringan transportasi massal berbasis rel (Light Rail Transit/LRT) di Jabodetabek. Fase I, rute Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang dan Cawang-Dukuh Atas membentang sepanjang 42,1 kilometer (km).

Proyek ini sudah dimulai pekerjaannya sejak 9 September 2015. Ditargetkan, pekerjaan konstruksi prasarana LRT untuk jalur rel layang, stasiun, depo, power supply, jaringan telekomunikasi bisa tuntas di 2018.

"Kita target selesai 2018," kata Direktur PT Adhi Karya Tbk (ADHI), Pundjung Setya Brata kepada detikFinance, Selasa (5/1/2016).

Adhi Karya sendiri berperan melaksanakan pengembangan prasarana kereta, sedangkan pembiayaan akan ditanggung oleh pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sebagai inisiator, Adhi Karya juga merancang jaringan LRT yang terkoneksi dengan moda transportasi lain, seperti KRL Commuter Jabodetabek, MRT Jakarta, Kereta Bandara Soekarno Hatta hingga jaringan bus TransJakarta.

Dengan sistem ini, LRT ditargetkan bisa menjadi solusi mengurai kepadatan jalanan Jakarta dan memindahkan penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan massal.

"Ada beberapa titik terkoneksi dengan intermoda seperti di Dukuh Atas (Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta) ada KRL, MRT, Busway kemudian Kereta Bandara," tambahnya.

Saat rampung di 2018, proses selanjutnya ialah pengoperasian. Pundjung menyelaskan pengadaan kereta (rolling stock), pengoperasian hingga perawatan bakal ditender oleh Kemenhub sebagai pemilik proyek. Adhi Karya, lanjut Pundjung, hanya bertanggungjawab pada pekerjaan dan penyediaan prasarana kereta LRT.

"Kita hanya buat prasarana saja. Kita terdiri dari jalur layang, stasiun, fasilitas operasi di antaranya telekomunikasi hingga sistem power supply. Sedangkan bertugas sebagai operator sama maintenance dan pengadaan rolling stock akan ditender pemerintah," sebutnya.

Pundjung menegaskan proses pekerjaan akan berjalan sesuai rencana karena persoalan lahan tak ada kendala berarti. Apalagi, jalur LRT banyak mengambil lahan di pinggiran jalan tol hingga jalan protokol sehingga bisa meminimalkan pembebebasan lahan.

"Soal lahan nggak ada masalah," sebutnya.


http://finance.detik.com/read/2016/0...a-transjakarta

Terima kasih Pak Jokowi.. emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh SENSORpan 06-01-2016 03:48
0
5.2K
33
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.