Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pelajaran-pelajaran yang HUJAN ajarkan ke kita gan! yang gak peka masuk! :D

rendyprasetyyoAvatar border
TS
rendyprasetyyo
Pelajaran-pelajaran yang HUJAN ajarkan ke kita gan! yang gak peka masuk! :D




Sebelum masuk ke inti materinya, mending ts coba jelaskan dulu apa itu hujan emoticon-Big Grin

Quote:


Nah, hujan ini gak terjadi gitu aja, ada beberapa proses yang harus dilewatin supaya hujan bisa terbentuk, nih ts bahas sekilas yah emoticon-Big Grin


Quote:


Jadi yang penasaran kenapa hujan bisa terjadi mungkin pertanyaannya udah kejawab sekarang. Terus kenapa kalau lagi musim kemarau hujan jarang banget turun? yah alasan karena ada proses diatas yang gak terjadi atau terhambat perkembangannya karena faktor angin, tekanan udara, suhu, dll yang menyebabkan hujan gak bisa turun, atau mungkin ada para peneliti hujan yang bisa bantu ts jawab karena ts gak begitu ahli dibidang keilmuan percuaca-an kayak gini emoticon-Hammer


berhubung sekarang hujan lagi antusias banget singgah di beberapa daerah di negara kita, sayang banget kalau gak dijadiin media pembelajaran. Padahal hujan ini mengajarkan beberapa hal positif yang kalau kita peka kita bisa petik hikmah yang besar banget dari sana. Gak sekedar tentang banjir, cuaca yang bikin enak banget buat males-malesan, dll yang berbau negatif aja loh. Ini beberapa hal yang mungkin kita bisa pelajari dari datengnya hujan.


1. Hujan mengajarkan ke kita untuk selalu waspada, karena dia dateng gak bisa diramalkan waktunya.



Lah kan ada ramalan cuaca gan? iyah, ramalan cuaca biasanya bilang "hari ini jakarta diguyur hujan ringan hingga sidang / Bandung berpotensi hujan lebat pada malam hari" tapi mereka tetep gak tau kapan pastinya kapan turun hujan. malah kadang udah mendung banget ternyata hujannya gak turun-turun kan bete emoticon-Hammer. pelajaran pentingnya adalah kita harus siap kapanpun hujan mau dateng, selalu sediain payung ditas, jas hujan, jaket, dll yang bisa buat kita tenang kapanpun hujan turun. Kalau udah kebiasa berwaspada, kita akan selalu waspada dikehidupan sehari-hari karena sewaktu-waktu hal buruk bisa terjadi kapan aja. Yang sekarang lagi banyak rezeki biasain nabung, yang lagi sehat biasain olahraga, supaya nanti kalau hal buruk terjadi kita udah siap.

2. Hujan terlihat seram dari luar, tapi dibalik itu semua banyak manfaat yang dia sebarkan



kebayang kalau tengah malem hujan sama petir dimana-mana? serem banget, ts baru aja ngalamin semalem emoticon-Big Grin. Tapi dibalik itu semua, hujan menyirami tanaman - tanaman, membasahi daerah tandus, yang gak akan keliatan kalau kita gak jeli terhadap lingkungan. bayangin kalau hujan gak ada, semua daerah bakal tandus, banyak tanaman yang gak bisa tumbuh, kekeringan dimana-mana, pokoknya ngeri emoticon-Takut (S). Dibalik petirnya, dibalik gemuruh derasnya, hujan tetep memberi manfaat. pelajaran ini yang harus kita ambil.

3. Hujan mengajarkan kalau sesuatu yang bermanfaatpun bisa jadi bencana kalau kita gak bisa menjaga lingkungan




Sesuatu yang bermanfaat bisa jadi bencana? gak percaya? liat aja sendiri kenyataanya gimana. Hujan yang pada dasarnya turun ke bumi buat memberi manfaat malah bisa jadi bencana kalau tempat ngalirnya kesumbat sama sampah dan tempat penyerapannya (pohon) ditebang sana sini. Bahkan ada beberapa bencana yang disebabkan hujan yang sampe merenggut nyawa orang, sedih banget emoticon-Frown. siapa yang disalahkan? ya hujan, padahal dia turun buat memberi manfaat, tapi setelah jadi bencana manusia seakanakan melumrahkan kalau "biasa, musim hujan emag banjir dimana mana kok" tanpa sadar banjir dateng sebabnya apa emoticon-Frownmungkin hujan emang salah menebar manfaat ke manusia yang sombong, gak bersyukur, gakpeka kayak kita, lebih baik hujan gak usah turun aja emoticon-Frown

4. Hujan memberi isyarat kalau ternyata "langit juga bisa nangis"



Hujan itu "langit yang lagi nangis". mungkin ada beberapa yang sering denger kalimat ini. Sering denger, tapi tetep aja beberapa gagal paham sama arti sebenernya kalimat tersebut. sederhananya sih artinya mungkin langit aja bisa bersedih, apalagi kita manusia. kalau lebih digali lagi, dibalik kesedihannya langit gak ngabisin waktu buat ngelakuin hal-hal yang sia-sia, langit berusaha menurunkan hujan yang bermanfaat buat banyak orang. coba aja kalau banyak manusia yang paham sama pelajaran ini, mungkin semua manusia bersedih, tapi gak semua manusia bakal "bersedih" dengan cara yang salah.

5. Hujan mengajarkan kekita untuk selalu luangkan waktu buat peka terhadap sekitar.



Pernah kejebak diemperan toko buat neduh, kejebak dikelas gak bisa pulang, kejebak dikantor setelah jam kantor selesai gara-gara hujan? pasti pernah apalagi kalau musim hujan kayak gini. apa yang biasanya dilakuin kalau lagi kejebak disituasi kayak gini? yang lagi sendiri biasanya ngeluarin hp, yang lagi dikelas biasanya ngobrol aja ngalor ngidul. karena situasi "kejebak hujan" ini gak direncanakan sebelumnya yah biasanya ujungujungnya pasti "merenung" mikirin nasib, yang lagi dikelas main truth or dare (panduannya disini emoticon-Hammer) buat jujur-jujuran, dan aktivitas lain yang bikin si introvert tiba-tiba mau bersosialisasi demi nunggu hujan reda.

6. Hujan mengajarkan ke kita kalau "roda itu berputar"



iya roda itu muter, hujan gak bisa dateng kalau gak ada panas matahari (lihat deh proses asal terbentuknya hujan). hujan gak selalu dateng setiap bulan sepanjang tahun. karena dia punya satu partner lain yang juga punya tugas yang sama pentingnya. ada musim hujan, ada musim kemarau. ada siang, ada malem. ada m̶a̶h̶o̶ laki-laki, ada perempuan. semua berpasangan, buat yang sekarang ngerasa hidupnya lagi susah ya jangan sedih tetep yakin kalau suatu saat nanti situasi bakal berubah. Gw sedihnya gak putusputus ts gimana? iya sama kok, bedanya ada yang tetep bersyukur ada yang gak, ada yang mutusin untuk tetep nebar manfaat ada yang gak, itu aja.

7. Hujan mengajarkan ke kita akan ada "pelangi" setelah hujan reda.




akan ada "pelangi" setelah hujan reda, terlepas dari ada atau gaknya proses lain yang bisa membentuk pelangi yah. sama kayak poin sebelumnya, dibalik gemuruhnya, dibalik baju yang kebasahan karena nerobos hujan, dibalik motor yang baru dicuci jadi kotor lagi, kita dibayar sama indahnya "pelangi". emang "gak semua orang bisa liat", tapi buat yang udah pernah liat pasti tau indahnya gimana. emoticon-Smilie


Quote:


Next silahkan mampir kesini bre.
Cerita Kita Untuk Selamanya 3 : Cataphiles




Sinopsis:
Ditahun 2025 terjadi kekacauan besar yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Pandemi virus yang semakin memburuk, serangan teror, unjuk rasa, banyak orang harus kehilangan keluarga dan mata pencarian, sampai akhirnya pemerintah menetapkan status darurat nasional untuk menghentikan semua aktifitas yang dapat membahayakan warga. Ditengah kekacauan ini, Rendy dan Bianca bertemu dengan Mr.Klaus yang akan merubah hidup mereka dan membawa mereka pada petualangan baru di Desa Praijing, Sumba. Siapakah yang akan memperbaiki keadaan tersebut? Apakah kekacauan tersebut bisa diselesaikan? Siapakah sebenernya Mr.Klaus?

On going
Cerita Kita Untuk Selamanya 3 : Cataphiles


Note:Ceritanya mengandung unsur kekerasan dan adegan dewasa jadi mohon pengertiannya gaiz
emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Betty








Diubah oleh rendyprasetyyo 18-06-2020 03:29
0
60K
387
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.