Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ainkbroAvatar border
TS
ainkbro
Air Es Membuat Perut Buncit? Benarkah?

Selamat datang di thread ane agan-agan,

Benarkah air es dapat membuat kita buncit?, Postingan kali ini kita akan coba bahas mengenai salah satu mitos di kehidupan kita terkait minum air es dapat membuat perut kita buncit atau gemuk. Kita coba ulas sedikit mengenai hal ini.

Asal dari mitos ini mungkin kita belum tahu secara pasti, sampai beredar di masyarakat kita bahwa kalau minum air es dapat membuat perut kita buncit. tapi bisa kita prediksi mungkin ketika kita melihat makanan yang sudah dingin dan memiliki kandungan lemak maka lemaknya akan terpisah kelihatan adanya gumpalan lemak, apalagi kalau kita simpan di lemari es (kulkas).

Apakah makanan yang kita makan dan mengandung lemak kemudian kita minum air es maka lemaknya akan menggumpal seperti makanan yang sudah dingin tadi atau yang disimpan di kulkas?

Jawaban dari pertanyaan tersebut mungkin sangat bervariasi ada yang tidak percaya bahwa dengan air es satu gelas lemak dari makanan yang kita makan akan menjadi gumpalan lemak yang terpisah ada juga yang percaya air es akan membuat gumpalan lemak dalam tubuh kita. Bagi yang percaya air es bisa membuat gumpalan lemak dari makanan yang kita makan, maka anda tidak bisa membedakan kulkas atau suhu lingkungan di luar tubuh dengan perut manusia.

Contoh kecil saja bisa anda lakukan yaitu dengan menyimpan Es batu di dalam gelas dengan suhu ruangan 20 Derajat Celcius, coba anda perhatikan dan kalau bisa anda bawa stopwatch berapa menit es batu tersebut akan meleleh. Dari percobaan tersebut, es batu tadi di dalam gelas meleleh kan? jadi cair, bukan gelasnya yang jadi membeku. Percobaan tersebut membuktikan es batu tersebut tidak mampu mempertahankan bentuknya di suhu 20 derajat celcius, apalagi di dalam perut kita yang suhu normalnya rata-rata 37 derajat celcius.

Pertanyaan berikutnya adalah,
Apakah air es/air dingin yang diminum dan masuk ke perut kita dengan suhu 37 C (jauh lebih panas daripada suhu ruangan) bisa membekukan lemak?

Coba kita pikirkan lagi, ketika minum air es kemudian kita buang air kecil urine kita tetap dingin? atau berubah jadi hangat?. Pastinya urine yang dikeluarkan oleh sistem ekresi kita akan hangat suhunya, yang artinya bahwa air es yang kita minum tadi dihangatkan oleh tubuh, bukan sebaliknya air es yang mempengaruhi suhu tubuh kita (membekukan lemak dari makanan yang kita makan).

Kita umpamakan kembali.
1. Air es misalnya kita anggap suhunya 0 derajat celcius
2. Suhu tubuh kita 36 derajat celcius
3. Dibutuhkan 1 kalori untuk meningkatkan suhu 1 gram air sebesar 1 derajat celcius
4. Misalnya kita minum 100 gram air atau 100ml

Kita minum 100ml air es dan tubuh kita harus meningkatkan suhu air es tersebut dari 0 derajat celcius ke 36 derajat celcius, maka tubuh kita membutuhkan pembakaran kalori sebesar 3600 kalori. Atau dalam satuan Kalori yang kita biasa kenal, kita membakar 3.6 Kalori. Kalau satu hari kita minum 3000 ml air es, maka kita akan membakar sekitar 108 Kalori. (Kalori = 1000 kalori). Dalam 1 hari mungkin 108 Kalori tidak akan kelihatan, tetapi dalam 1 bulan bisa mencapai 3240 Kalori.


Dari penjelasan di atas bukan berarti anda ingin membentuk tubuh dan menghilangkan banyak lemak hanya dengan minum air es saja untuk membakar kalori anda. Tetap saja dibutuhkan latihan fisik yang dilakukan secara terus menerus, sesuai dengan tata aturannya, sistematis, peningkatan beban secara bertahap dan waktu yang relatif lama. Tetapi saat ini anda sudah mengerti mengenai minum air es ternyata tidak menggemukkan, malah membantu membakar kalori!. Jadi jangan takut lagi bagi anda yang sedang diet menurunkan berat badan untuk meminum air es.

Itulah analogi untuk mementahkan mitos yang beredar di lingkungan kita, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua


Untuk membantu anda yang sedang melakukan penurunan berat badan, mungkin artikel saya yang ini bisa menjadi bahan pertimbangan aktifitas fisik yang dilakukan

Crossfit untuk memaksimalkan pembakaran lemak
Membentuk Tubuh Dalam waktu 30 Hari Part1
Membentuk Tubuh Dalam waktu 30 Hari Part2
Membentuk Perut Six Pack
Mempercepat Pembakaran Kalori

Sumber : Dunia Olahraga

Thread ane lainnya :
Olahraga dan Latihan Yang Benar Sesuai Aturan FITT

Cedera Otot Dalam? Pakai Balsem? Atau Es Batu?

Olahraga Untuk Ibu Hamil dan Melahirkan
Diubah oleh ainkbro 22-08-2015 23:59
0
4.6K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.