Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kodok.widodokAvatar border
TS
kodok.widodok
Gak mirip Cendrawasih, maskot Asian Games buatan Indonesia lebih mirip Ayam


Jakarta, CNN Indonesia -- Akademisi menilai logo dan maskot Asian Games 2018 cukup mewakili semangat identitas Indonesia, namun menyayangkan proses pembuatannya tidak melibatkan para pelaku industri kreatif.
Burung Cenderawasih Paradisaea Apoda yang berasal dari barat daya Pulau Papua dipilih menjadi logo dan maskot Asian Games 2018.

Pada peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-32, Menpora Imam Nahrawi menerangkan bahwa salah satu alasan pemilihan burung cenderawasih adalah agar semangat Asian Games 2018 dapat terwakilkan ke seluruh penjuru Indonesia.
Setelah maskot Asian Games bernama Drawa diluncurkan pada Minggu (27/12), muncul pendapat bahwa maskot lebih terlihat mirip seekor ayam ketimbang cederawasih.
Agustina Kusuma Dewi -- Dosen Desain Komunikasi Visual di Universitas Pasundan (Unpas) dan Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung -- menuturkan bahwa maskot olahraga yang bagus harus punya nilai benar-estetis dan betul-etis.
Maskot, ucapnya, harus cantik dan punya visual karakter kuat secara elemen estetik, tanpa melepaskan benang merah dengan logo dan konsisten dengan filosofi event.
"Sepertinya yang terjadi pada maskot adalah deformasi dari cendrawasih, maka dari itu banyak orang mengatakan tidak mirip, karena memang sepertinya disengaja dirancang tidak benar-benar mencerminkan realitasnya," ujar Agustina.
"Tapi menurut saya, maskot adalah sebuah representasi untuk semangat dan filosofi yang diangkat dalam event Asian Games 2018. Sehingga meski tidak merepresentasikan cendrawasih secara utuh, minimal sebagai maskot dapat merepresentasikan semangat dalam event ini."
Agustina kemudian berpendapat bahwa maskot dan logo akan menjadi satu kesatuan yang kuat jika ada penyempurnaan lagi pada bagian kepala dan ekor.
Sementara itu, Head of New Media Program Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Bina Nusantara (Binus), Sari Wulandari, menerangkan bahwa sebuah maskot harus mudah diingat dan tampil menarik sehingga orang yang melihat akan merespons secara positif.
Secara teknis, ujar Sari, maskot juga harus mudah diaplikasikan di berbagai medium karena maskot juga dapat menjadi alat promosi suatu acara.
"Maskot Asian Games 2018 itu intinya tetap menampilkan figur cenderawasih, tapi cara memvisualisasikannya bisa diupayakan lebih baik," ujarnya.
Kedua orang yang bergelut di bidang desain itu punya pandangan masing-masing tentang maskot ajang olahraga yang paling mengesankan.
"Bagi saya yang memorable itu maskot Olimpiade Beijing 2008. Relevan, menarik, dan mudah diterapkan di berbagai medium."
Berbeda dengan Sari, Agustina menilai maskot yang paling berkesan muncul dari ajang sepak bola. "Sampai saat ini saya suka maskotnya Piala Dunia sejak yang 1966-2014," kata perempuan berusia 34 tahun tersebut.

Kementerian Pemuda dan Olahraga mengatakan bahwa mereka menerima kritikan terhadap maskot tersebut dan siap untuk menyempurnakannya tahun depan.
"Nanti kami akan perbaiki lagi, mungkin dari segi warnanya, atau bentuknya biar maskot ini lebih hidup," ujar Menpora Imam Nahrawi seperti dikutip dari Antara.
Kemenpora akan kembali mengadakan sayembara terkait perbaikan dan masukan untuk maskot Drawa tersebut pada Januari 2016.

Menurut Imam, maskot ini masih bisa diperbaiki karena belum didaftarkan kepada Olympic Council of Asia (OCA), sementara itu logo Asian Games yang juga menggunakan burung cendrawasih sebagai bentuk dasarnya sudah didaftarkan ke OCA.

kandang ayam

emoticon-Ngakak
Diubah oleh kodok.widodok 30-12-2015 07:25
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
24.8K
167
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.