Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DJ KuahhAvatar border
TS
DJ Kuahh
Harga diri?
harga diri seringkali menjadi alasan seseorang dari menghalangi dirinya dari melakukan sesuatu. beberapa alasan memang logis, tapi beberapa lainnya terkesan mengada2, dan tidak pada tempatnya. jadi memang ada baiknya kita beri kejelasan tentang apa itu harga diri, apa keutamaannya, kapan harus menggunakannya dan melindunginya dari hal2 negatif.

saya sendiri menganggap harga diri adalah "harga dari diri". benar2 secara kata2nya, seberapa berharga kita sebagai manusia. orang yang punya harga diri tinggi semestinya adalah orang yang memiliki manfaat yang besar bagi lingkungannya, pekerjaannya, pergaulannya dan lainnya. pengertian yang terkesan naif tapi menurut saya lebih baik begitu, ketimbang penuh kiasan dan subjektivitas. apalagi jika dijadikan alasan untuk tidak menerima sebuah kebaikan.

harga diri secara literal ini menurut saya lebih bisa dipegang ketimbang secara kiasan. jika memang seseorang bermanfaat pada lingkungannya, maka harga dirinya tidak akan bisa diinjak2 orang lain hanya dengan hinaan. tidak ada rasa ketakutan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat, karena itu justru meningkatkan harga diri kita. mungkin kita akan merasa tertekan saat kita dihina orang lain, tapi percayalah bahwa hinaan itu tidak akan mengurangi manfaat itu.

begitu juga saat beban hidup kita diambil alih orang lain. hanya karena pekerjaan ataupun tugas kita diambil alih orang lain, tidak berarti manfaat kita berkurang. karena sifat pengambilalihan ini bisa jadi hanya bantuan, supaya beban kita berkurang, dan kita bisa fokus memberi manfaat sesuai yang kita mampu. bukankah kita dianjurkan saling bantu membantu? apakah membantu meringankan beban seseorang adalah menghinanya, sementara bantuan juga merupakan manfaat ubtuk orang lain? bukankah membiarkan seseorang membantu kita juga berarti kita memberi jalan bagi seseorang untuk mengangkat harga dirinya? bukankah menerima bantuan juga berarti kita membantu seseorang supaya bisa membantu kita?

maka penolakan tethadap niat baik seseorang dengan dasar "harga diri" sepertinya menjadi tidak relevan. itu bukan lagi harga diri, itu adalah produk ego yang mengatakan bahwa kita bisa menyelesaikannya tanpa bantuan orang lain sama sekali, yang mana bertentangan dengan sifat sosialnya manusia. penolakan itu adalah kesombongan tanpa dasar, hanyalah keengganan kita untuk menerima kebaikan orang lain.

maka janganlah kita menolak kebaikan orang lain dengan alasan yang lemah seperti harga diri. memang ada kekuatiran bahwa kita akan berhutang budi atau apalah, tapi bukanlah kita selalu berhutang budi pada setiap pihak yang menyalurkan sebutir nasi ke mulut kita? bantuan adalah kemudahan bagi kita, supaya kita bisa memenuhi hal2 yang sebelumnya tidak bisa kita penuhi, sehingga kita bisa fokus pada tugas lainnya.

jadi janganlah utarakan alasan harga diri saat kita merasa enggan menerima sebuah kebaikan, karena sesungguhnya saat itu kita sedang berperilaku sombong. janganlah kita berpikir harga diri kita terinjak2 saat kita dihina, karena manfaat kita tidak akan berkurang karena hinaan itu.



mohom maaf atas thread kilatnya, insyaallah nanti malam diperbaiki lagi..
pakisal212
pakisal212 memberi reputasi
2
4.1K
45
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.9KThread28.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.