Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Education
  • 90% yang diajarkan guru di sekolah itu hanyalah buang-buang waktu saja!

osusantoAvatar border
TS
osusanto
90% yang diajarkan guru di sekolah itu hanyalah buang-buang waktu saja!
Dalam sebuah wawancara yang ditayangkan di www.youtube.com/watch?v=A7UnupF-uJk, David Perkins, yang adalah seorang professor di Harvard Graduate School of Education, menyatakan bahwa 90 persen dari apa yang dipelajari anak-anak kita di sekolah sekarang ini hanyalah buang-buang waktu saja.

Beliau sampaikan di awal sesi wawancaranya bahwa salah satu pertanyaan yang paling penting bagi dunia pendidikan saat ini adalah: "What's worth learning?" atau "Apa sebenarnya yang layak dipelajari?". Yang menjadi masalah, adalah bahwa pertanyaan tersebut tidak cukup sering dipertanyakan. Yang paling sering dibahas di dunia pendidikan adalah tentang cara atau metodologi. Kita lebih sering membahas bagaimana anak belajar dan kita mengajar apa yang sudah kita tetapkan semua bagi mereka.

Profesor David Perkins justru menyarankan kita semua untuk memikirkan bagaimana mengajarkan tentang masa depan yang masih merupakan misteri bagi anak-anak kita semua. Beliau menyarankan agar kita menuntun anak-anak untuk bisa melihat gambar besar sehingga nanti mereka bisa menghadapi apapun yang belum bisa diduga sekarang ini.

Dengan tegas, Profesor David Perkins menyatakan bahwa 90% dari apa yang kita ajarkan (← ini pesan penting bagi dunia pendidikan) tak ada gunanya bagi anak-anak dimasa depan mereka. Pengetahuan yang kita jejalkan sekarang ini kepada anak-anak kita, kemungkinan besar tak akan lagi mereka jumpai dalam kehidupan mereka di masa dewasa mereka dan keterampilan yang kita ajarkan kepada para murid kita, amat mungkin tak mereka perlukan di waktu dewasa mereka.

Profesor David Perkins kemudian menjelaskan implikasinya kepada mata pelajaran yang kini kita ajarkan sebagai satu unit yang masing-masing terpisah. Beliau sarankan, demi melihat masa depan anak-anak kita, lebih tepat jika pengetahuan diajarkan sebagai latar dari sesuatu yang besar. Pengetahuan atas sebuah mata pelajaran semestinya bukan untuk diajarkan sebagai sesuatu yang terpisah dan dipahami secara mendalam dalam masing-masing kesendiriannya.

Sumber: http://rinelly.com/index.php/keayahbundaan/29-sembilan-puluh-persen-yang-guru-ajarkan-di-sekolah-hanyalah-buang-buang-waktu-saja
0
3.3K
23
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.6KThread13.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.