james.krisnandaAvatar border
TS
james.krisnanda
3 Hal Fatal yang Sering Dilupakan Saat Membeli Jam Tangan

Malam gan, ketemu lagi dengan ane, james.krisnanda emoticon-Cool, setelah sekian lama gak aktif bikin trit, kali ini ane coba akan bahas megenai
3 Hal Fatal yang Sering Dilupakan Saat Membeli Jam Tangan, so tanpa banyak basa-basi lagi, enjoy this article :thumbsup ,


Spoiler for jam tangan:

Seperti yang sudah kita ketahui, ada ratusan, bahkan ribuan merek jam tangan yang beredar di dunia, mulai dari entry level, middle class, upper class. Sampai saat ini merek jam tangan memang didominasi oleh negara swiss di eropa, dan jepang di asia.
X
Kebanyakan orang memilih jam tangan berdasarkan “love at first sight”, atau asal lihat design yang bagus lalu membelinya. Well, hal ini tidak salah, tapi tidak juga benar, karena jam tangan yang memiliki muka yang bagus, belum tentu memiliki komponen yang bagus juga. Kecuali untuk jam tangan yang sudah “tingkat atas” seperti rolex, Cartier, Patek, dll memang sudah pasti terjamin luar dan dalamnya. Tapi bagaimana halnya dengan jam tangan yang masih berharga “waras”? Apakah semua komponennya sudah terjamin ?

Lalu bagaimana caranya untuk memilih jam tangan yang “just right” untuk teman-teman yang baru pertama kali membeli jam tangan ?Berikut ada 3 hal sederhana yang sering tidak diperhatikan bagi para pembeli jam tangan, yang ironisnya dapat berdampak cukup fatal :



1. Movement
Spoiler for movement:


Movement atau mesin jam tangan sendiri memang sudah patut di nomer satukan, tetapi sudah disebutkan di atas, ironisnya banyak orang yang memilih jam tangan dengan cara “love at first sight” yaitu dengan melihat design jam tangan tersebut terlebih dahulu, dan tidak melihat mesinnya. Ada beberapa jenis movement yang paling banyak beredar di pasaran, yaitu Eta dan Ronda, yang berasal dari swiss, dan miyota yang populer di pakai oleh jam tangan bermerek jepang, casio dan citizen.

Spoiler for movement 2:


Berikut, adalah gambar dari movement-movement keluaran Miyota, kami sendiri sangat memfavoritkan movement jenis ini, selain mudah ditemui, dan cukup terjamin kualitasnya, di pasaran juga biasanya jam tangan yang memakai movement ini bisa dipastikan memiliki harga yang terjangkau. Banyak sekali movement yang berasal dari China yang tidak memiliki brand tertentu beredar di pasaran yang kualitasnya masih banyak dipertanyakan. Sudah pasti lebih baik mempertimbangkan dulu mengenai movement dari suatu jam tangan.



2. Strap/Band

Terdapat beberapa jenis Strap yang tersedia di pasaran, mulai dari jenis Bracelet (stainless steel), Leather Strap, dan ceramic. Untuk Bracelet yang berbahan dasar stainless steel, hal yang patut diamati adalah jenis claspnya sendiri, kami merekomendasikan setidaknya jenis 2 clasp, atau lebih baik 3 clasp untuk bracelet.

Spoiler for clasp:


Bracelet jenis 2 Clasp seperti ini sudah cukup kokoh dan sering digunakan di berbagai merek jam tangan yang ada.

Spoiler for clasp 2:


Lalu, berikut contoh jam tangan yang memiliki 3 clasp, terlihat terdapat clasp yang sering dijuluki “lidah” yang berfungsi untuk menambah umur dari clasp itu sendiri. Biasa jam tangan keluaran Casio seri Edifice banyak memakai Clasp Jenis ini.
Spoiler for clasp 1:


untuk jenis 1 Clasp seperti ini, kami sebenarnya tidak terlalu menyarankan, karena selain jarang beredar di pasaran, 1 clasp memiliki sifat yang agak Fragile dan tidak berumur panjang. Tetapi bagaimanapun juga semua hal ini tergantung perawatan dan merek jam tangan itu sendiri.

Lalu untuk jenis leather strap sendiri, biasa terdapat 2 jenis yang ada di pasaran, yaitu jenis biasa dan slip on, yaitu, seperti nato strap
Spoiler for leather:


Salah satu strap kulit menggunakan buckle seperti jenis ini paling banyak ditemui di pasaran. Jenis buckle juga dapat dikombinasikan dengan model butterfly clasp dan sebagainya.

Spoiler for nato strap:


Selanjutnya sekarang ini, jenis strap model slip on seperti gambar diatas ini, banyak dikombinasikan dengan bahan fabric, atau canvas, seperti yang sering dipakai oleh Daniel Wellington atau Hyper Grand.

Spoiler for hyper grand:


Tetapi awal mulanya strap ini di design untuk kebutuhan jam tangan militer, karena memiliki keunggulan yaitu apabila salah satu lug dari jam tangan tersebut patah/copot, jam tangan itu tidak langsung jatuh, karena jenis strap ini merupakan suatu kesatuan. Seperti salah satunya adalah Luminox, brand yang sangat identik dengan dunia militer. Untuk info lebih jauh mengenai jam tangan militer, kami sudah pernah mereview salah satu jam tangan yang mempunyai beberapa syarat sebagai jam tangan militer, http://hungrywatch.com/review-jam-ta...army-hc-72621/

Spoiler for luminox:


Overall, yang patut diperhatikan dari Strap jenis-jenis diatas adalah bahan yang digunakan. Apabila terbuat dari kulit, kulit apakah yang digunakan? Genuine Leather kah? atau hanya faux leather yang abal-abal ? untuk strap yang terbuat dari bahan fabric/canvas, pastikan bahwa strap tersebut terbuat dari benang/serat yang non-allergic dan nyaman digunakan.
3. Luminous

Spoiler for luminous:


Fitur Luminous atau pencahayaan ini mungkin merupakan hal yang paling jarang diperhatikan oleh para pembeli jam tangan pemula. Padahal fitur ini sangatlah berguna saat malam hari, atau saat low light, khususnya pada jam tangan model analog. Cahaya warna hijau ini dapat cukup terang bercahaya karena mengandung unsur fluorent. Nah, kebanyakan jam tangan terlihat sudah memiliki Luminous, tetapi tidak banyak jam tangna yang memiliki Luminous yang jangka panjang. Untuk itu hal ini patut diperhatikan oleh para watch-geek. Foto diatas adalah Luminous yang dimiliki oleh jam tangan invicta men’s pro diver. Kebanyakan jam tangan militer dan diver sudah memiliki Luminous yang cukup baik.



Nah, itulah 3 hal yang sangat sering dilupakan oleh para pembeli jam tangan yang ingin membeli jam tangan. Memang, mungkin untuk sekilas hal-hal diatas tidak terlalu penting, tetapi when time counts, trust me.

sumber :
blog ane sendiri, mampir gan, /:D/

akhir kata
ts mengharapkan
Spoiler for :

Spoiler for :


6. bukan
Spoiler for :



masih penasaran dengan artikel-artikel seputar dunia jam tangan ? silahkan di cek gan, semua seger tulisan ane emoticon-Cool

atau bisa langsung mampir sumber langsung yaitu blog ane gan :




Penasaran kenapa jam tangan Rolex mahal abis ?

Serba serbi mengenai mesin jam tangan

3 hal fatal yang sering dilupakan saat membeli jam tangan
Diubah oleh james.krisnanda 05-12-2015 14:45
0
64.6K
344
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.