Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fim777Avatar border
TS
fim777
Generasi Manja
Pagi ini ane meminta tolong pegawai ane untuk pasang hanging banner di toko, ga banyak paling juga 15 pcs.
Begini kira-kira percakapannya:
"Pak, itu banner yang baru datang kemaren tolong dipasang ya, pasangnya disitu sepanjang koridor, sama disitu, pasang semuanya ya" begitu kata ane rinci.
"OK Pak, siap" kata pegawai ane dengan sigap. ga lama kemudian dia nanya, "bannernya dimana Pak ya?"
Ane jawab, "disitu Pak, deket meja" sambil nunjuk meja yang ga jauh dari tempat dia berdiri.
Banner ketemu, dia nanya lagi "ko bannernya begini Pak, nyantelinnya pake apa?", ane bilang, "pake klikklak kaya kemaren sama kenur benang pancing, klikklaknya ada di logistik", terus dia lari ke logistik, sementara ane balik ke ruangan.
Ga sampe 3 menit dia balik lagi bawa-bawa klikklak, terus nanya "Pak ini ko ga ada kaitannya, nyantolin benangnya gimana Pak kalo begini?" sambil nunjukin klikklak yang emang nyaris semuanya ga ada kaitnya.
Sambil agak kesal, ane jawab "Yaelah Pak, DICARI dulu baru nanya, kait nya ga bakal jauh Dari klikklaknya, mending cari dulu di logistik".
Dia lari lagi ke logistik dgn muka kusut, soalnya nada ngomong ane udah rada tinggi. Ga sampe 3 menit, aseli ga sampe 3 menit, dia balik lagi terus bilang, "ga ketemu pak kaitnya, disimpen dimana ya? terus kenur pancingnya dimana pak?"
Ane aseli kesel, kesel banget, "Dari sekian banyak orang di logistik kenapa lu bolakbalik tanya gw? yang lebih tau ini dimana itu dimana kan orang logistik, kalo pun emang ga ada, kan bisa diakalin, ga usah pake kait apa-apa, langsung aja iket"
ga lama kemudian, datang asisten ane, terus dia yang ngurus dah.
di ruangan ane termenung, mendadak flashback ke kejadian-kejadian lalu, yang memang mirip seperti ini, dan ga cuma pegawai yang ini aja. Ko begini amat ya punya pegawai, ga ada yang punya inisiatif, ga punya semangat untuk berpikir, ga punya semangat untuk cari tahu/ cari ilmu/ cari informasi.
Dulu juga kejadian, ane minta salah satu pegawai ane pel lantai bekas anak kecil muntah. itu pegawai, bolakbalik nanya mulai dari dimana pel-an, dimana aer panas, dimana sabun, dsb.
disini ane dapet kesimpulan, kalo generasi ini sudah mulai malas, semuanya mesti tersedia dengan sendirinya, mau ngepel harus udah ada pel nya, mau makan harus udah ada makanannya, mau boker harus udah ada bokernya, mau nonton harus udah ada filmnya, mau ngerjain apa-apa harus sudah tersedia alatnya di depan mukanya, tanpa harus cari dulu, usaha dulu.
Generasi manja, pemalas yang bikin miris, minim inisiatif, minim curiosity. Entah karena apa yang jelas kita mesti bertindak, minimal dari diri sendiri, karena kalo begini terus kapan kita berkembang? bonus demografi yang dielu-elukan jaman dulu malah aka jadi beban, kalau generasi yang seharusnya produktif malah jadi manja pemalas dan ga punya inisiatif.
0
3.7K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.