malamratriAvatar border
TS
malamratri
Pengalaman bersama peraturan baru tentang kartu telepon
halo agan semua emoticon-Embarrassment
ketemu lagi dengan ane emoticon-Big Grin

kali ini ane mau berbagi pengalaman yang barusan aja ane alami berhubungan dengan kartu perdana henpon
oke langsung aja ya

Jadi ane sebelumnya kan emang suka ganti ganti perdana untuk internetan, mana yang dirasa murah dan kenceng inetnya ane beli emoticon-Big Grin
nah, kemaren ane pake indos*t yang sebelum-sebelumnya ane pake tuh lumayan tapi entah kenapa akhir-akhir ini lemot tingkat dewa sampe ane suka emosi karena ngaskus sama blogwalking jadi lama loadingnya. Akhirnya tadi ane kepikiran buat ganti kartu aja, pindah ke telkoms*l yaitu simpa*i yang kata temen ane lumayan kenceng inetnya. Kemudian ane titip beli kartu perdana simpa*i ke adek ane yang kebetulan lagi di luar, karena ane males ke konter.

Setelah adek ane pulang, ane langsung tanyain kartu perdananya. Setelah kartu ditangan ane, ternyata itu kartu udah buka segel gan, dan kartunya udah dicopot dari cangkangnya, dan ditempel pake selotip di dalem bungkusnya. Ane kira berati udah diaktifin kan yah sama konternya, setelah ane masukin ke hp buat cek pulsa (setting paket data di hp ane matiin), ada pulsa 10rb. Karena ane mau daftar paket yang 56rb, ane isi pulsa 50rb via mbanking.
Setelah pulsa masuk, langsung ane daftarin internetnya dan berhasil. Nah setelah paket data ane aktifin, ternyata ga nyala nyala dooong inetnya *mulai emosi*
Tunggu punya tunggu, sampe restart 3kali, ga bisa-bisa juga. Ane kira hp ane yang eror terus ane coba kartu lama ane ternyata nyala inetnya, berarti emang ini kartu yang bermasalah.


Terus ane telepon call center. Setelah ane cerita permasalahan ane, kata masnya suruh call nomer lain untuk mengetahui apa no udah aktif apa belum. Ternyata ini kartu belum aktif dong, secara ane pake telepon ga bisa. Disini ane udah mulai nyolot sama csnya *ya gimana ya, masa kartu belom aktif bisa isi pulsa sama daftar paket internet*. Kata csnya kudu diaktifin pake ID Outlet tempat beli kartu perdananya berdasarkan peraturan baru blablabla...akhirnya setelah csnya ngasih saran ane buat minta ID Outlet ke konter or grapari terdekat. dan ane kasih saran balik terkait kartu belom aktif tapi bisa nelen pulsa itu.biar ga ada korban kaya ane lagi, yang emosi malem-malem gara-gara kartu doang.

Ternyata ga lama setelah ane tutup telepon si cs, ane coba-coba online lagi pake kartu lama ane yang lemot kaya keong itu *sumpah deh buka google aja 3taon emoticon-Cape d... (S)* ane iseng cari kode ID Outlet Telkoms*l gitu di google. dan ternyata dapet dooong hahaha *antara ketawa seneng sama ketawa miris deh ini* ane coba dan akhirnya kartu ane aktif. dan kenapa bisa, entah ane juga ga tau, padahal katanya nih ya, nomor ID Outlet tiap konter itu beda-beda. tapi ini ternyata bisa-bisa aja.
Dan akhirnya sekarang ane udah damai aman sentosa ngenet pake kartu ini emoticon-Big Grin tapi keribetan yang menyertainya sungguh bikin ane emosi emoticon-Mad


Bukannya ane ga tau yah ada peraturan baru, ane tahu dan paham lah peraturan baru itu gimana dan tujuannya buat apa, kapan hari ane liat di kaskus juga ada yang bikin trit tentang peraturan baru ini. Tapi yang bikin emosi, ini kartu udah kebuka segelnya kok belom diaktifin sama konternya, apa konternya ga tau? apa ga mau tau? apa ga ada sosialisasi dari pemerintah terkait peraturan ini? Katanya mau membenahi sarana dan prasarana komunikasi indonesia ini biar makin baik dan meminimalisir tipu-tipu yang banyak banget terkait mudahnya orang beli dan punya kartu perdana telepon.

Ada beberapa hal yang aneh dan mengganggu terkait peraturan baru ini, jadi kesannya dipaksakan dan tanpa persiapannya sebelumnya. yaitu :

  1. Kenapa kartu ini tetep bisa diisi Data ngaco sama konternya (kartu ane nyampe ditangan ane udah buka segel dan pas dimasukin ke hp udah seperti siap untuk dipake, ga ada perlu daftar data diri blabla). Kata adek ane, pas dia beli kondisi kartu udah seperti itu, dia tinggal pilih kartu terus bayar terus udah. Ga ada tuh tukang konter yang nanya data diri sesuai ID Card macam KTP atau SIM Asli.
    Tukang konter masih bebas, nyalain kartu dan mengisi dengan data ga jelas dan asal, kartu terlihat seperti sudah siap digunakan. Tapi anehnya ID Outletnya si tukang konter kok ga tau? Terus ga diaktifin sekalian? Ane ga tau motivasi tukang konter nyalain itu kartu terus ngisi Data asal tapi ga bisa dipake alias belum aktif. Padahal masa aktif kartu sampai Mei 2016.

    Berarti ini peraturan masih belum merata ke semua lapisan konter konter, yaitu terkait data yang sebenar-benarnya dari pembeli dan adanya ID Outlet, tapi keribetannya udah merata emoticon-Hammer

    Dan harusnya, sistem data kependudukan SUDAH mendukung, kan kalo ada No ID Card ngaco ga bisa masuk dan aktif sebagai data dalam Kartu teleponnya. Kalau Data ga jelas bisa dimasukkin, apa bedanya sama sistem kemaren?


  1. Buat operatornya nih ya, kata si mas cs tadi jelas kartu belum aktif, eh kenapa udah bisa isi pulsa dan daftar paket internet.
    Seharusnya kartu itu di lock kek, diapain kek pokoknya itu kartu yang katanya belum aktif seharusnya ga bisa dipake. lah ini, pulsa ane udah melayang 56rb buat daftar paket dan terdaftar dengan mudahnya. super fast respon. apaan coba, giliran ngembat duit aja cepet emoticon-Cape d... (S) *maap jadi emosi lagi gan keinget tadi ane nyolot sama si mas cs emoticon-Big Grin emoticon-Embarrassment*


  1. Dan Terakhir, kenapa ID Outlet yang seharusnya beda-beda tiap konter dan daerah. Ane dengan mudahnya dapet dengan cuma googling, page pertama lagi. Asal ID Outlet aja udah bisa buat ngaktifin kartunya, dan kartunya masih ane gunakan sampe sekarang. Ga perlu dong ane capek-capek ke Grapa*i or Layanan Costumer kartu lain di daerah ane buat minta ID Outlet, wong googling 5 menit aja udah bisa.

    kalo ane aja bisa pastinya, orang jahat yang mau tepu-tepu itu juga pasti bisa dong yah secara gampang banget emoticon-Hammer


Kalo emang tujuannya untuk membenahi agar sistem telekomunikasi *bener ga ya ini istilahnya* lebih tertata dan baik untuk semua konsumen ya yang niat lah. Bikin regulasi kan udah tuh, ya lanjut sosialisasi sampe ke bawah-bawah. ke konter-konter gitu dikasih tau, buat meminta data calon pembeli perdana dg benar dan jangan lupa diaktifin. Terus yah, jangan kasih celah begini lah, ya masa udah dikasih ID Outlet beda-beda tiap konter, tapi ternyata modal nyomot dari google aja bisa, ga usah repot-repot ke grapari segala *ini buat yang suka bandel mo tipu-tipu kan gampang banget kan ga usah kasi data pribadi blablabla, kartu udah bisa dipake*


Kalo bikin peraturan itu yang jelas, yang niat, yang teratur, yang tegas. ane ngerti kok niat pemerintah pengen berbenah, pengen bagus kaya diluar negeri yang sistemnya udah oke. tapi kalo misal belum mampu ya pelan-pelan dulu aja, misal : membatasi peredaran kartu perdana dulu, kemudian mendata ulang pengguna lama, pembenahan pengaturan dan tata cara pelayanan operator (masa kartu belum aktif bisa daftarin paket internet, parah kan -__-), sambil sosialisasi juga ke operator-operator dan pengusaha konter bagaimana peraturan ini nantinya akan berjalan, dan baru meningkat ke registrasi yang melalui ID Outlet ini. bukan main hajar bleh macam sekarang ini, peraturan baru diberlakukan tapi segala unsur yang terkait masih kacaubalau ga ngerti juntrungannya. ujung-ujungnya konsumen juga kan ya yang dirugikan, konsumen itu ya kita kita ini, rakyat juga.

Sekian Trit ane gan, maaf acak-acakan dan ga ada gambarnya emoticon-Embarrassment
yang punya pengalaman sama monggo di share. atau kalo ada masukan atau pendapat juga boleh
terimakasih dan terima cendol emoticon-Cendol (S) emoticon-Big Grin


Spoiler for Komentar agan-agan:
Diubah oleh malamratri 25-12-2015 02:41
0
6.4K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.