Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
62
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5679075adc06bdf4238b456c/salah-kaprah-tentang-hari-ibu-yang-muslim-wajib-masuk
Ibu, Maaf Tak Ada Bunga Untukmu By: Ustadz Budi Ashari, Lc Dalam silaturahim saya ke salah seorang senior saya, dengan gurau beliau berkata: Ayo, sudah cari kado belum untuk hari ibu? Di grup orang-orang baik yang ada di media sosial pun bermunculan berbagai kreasi gambar tentang kemuliaan seorang ibu dan ujungnya: Selamat Hari Ibu. Saya baru sadar kalau ini adalah bulan di mana hari ibu diperinga
Lapor Hansip
22-12-2015 15:18

Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)

Ibu, Maaf Tak Ada Bunga Untukmu
By: Ustadz Budi Ashari, Lc

Dalam silaturahim saya ke salah seorang senior saya, dengan gurau beliau berkata: Ayo, sudah cari kado belum untuk hari ibu?

Di grup orang-orang baik yang ada di media sosial pun bermunculan berbagai kreasi gambar tentang kemuliaan seorang ibu dan ujungnya: Selamat Hari Ibu.

Saya baru sadar kalau ini adalah bulan di mana hari ibu diperingati.

Dari sejak awal, saya katakan bahwa berbagai peringatan hari tersebut jelas bukan karakter agama Islam ini.

Tak hanya hari ibu, ada juga hari ayah, hari tembakau, hari kanker, dan entah hari-hari apa yang akan diusulkan kembali setelah ini.
Ini hadir dari kebiasaan sebuah masyarakat yang tidak mampu memenuhi hak seseuatu yang diperingati tersebut.

Maka untuk memberikan kepedulian dan perhatian mereka, hari itu diadakan.

Silakan baca sejarah hari-hari tersebut.

Hari ibu ini contohnya. Hari yang mulai diramaikan di Amerika ini menjadi hari yang diperingati mengingat masyarakat Amerika adalah masyarakat tanpa ikatan kekeluargaan seperti yang kita kenal dalam Islam.

Semakin hari semakin renggang, bahkan bisa tidak saling kenal. kimpoi cerai semakin membuat rumit hubungan antara anak dan orang tuanya. Tak ada bab birrul walidain dalam kajian etika mereka. Melihat itu semua, nurani mereka mulai terusik. Ibu yang berjasa –setidaknya- mengandung dan melahirkan, harus dihormati jasanya. Bahkan gereja tak sanggup menyuguhkan moral itu.

Hingga Anna Jarvis tahun 1908 untuk kali pertama membawa bunga yang dibagikan kepada para jemaat yang ada di gereja tempat dahulu ibunya beribadat.

Sebelum ini semua, Julia Ward Howe sudah mengkampanyekan ibu untuk keselamatan di Inggris, dalam rangka menyatukan wanita untuk melawan peperangan yang sedang terjadi.

Anna Jarvis memilih waktu Minggu, karena ia ingin menjadi peringatan yang berkekuatan spiritual gereja. Konggres Amerika baru menyepakatinya sebagai hari resmi nasional pada tahun 1914.

Tapi tahukah Anda, kalau Anna Jarvis akhirnya menyesal?

Hanya 9 tahun setelah diresmikannya hari ibu, Amerika mulai berpesta di setiap hari ibu tiba.

Dengan dalih menghormati ibu, mereka hanya memanfaatkannya untuk bisnis dan marketing berbagai hadiah di pasar. Sakralitas gereja telah berubah menjadi ajang marketing pasar.

Anna Jarvis menyesal, “Saya berharap bahwa saya tidak memulai hari ini, karena ia telah keluar dari kendalinya.”

Anna mengerahkan sisa hidup dan hartanya untuk mengembalikan hari yang telah disesalinya itu. Dengan semua kemarahannya. Tapi tanpa hasil.

Bahkan disebutkan bahwa ia ditangkap tahun 1948 gara-gara demo atas keruhnya hari ibu, dia dianggap mengganggu kesalamatan.

Maaf, apa istimewanya sejarah hari ibu di atas?

Bermula dari pembagian bunga dan hanya berujung pada penjualan bunga.

Bermula dari gereja berujung penyesalan. Dan akhirnya penangkapan

Maaf, apa istimewanya?
Cermatilah semua peringatan yang mereka buat. Tak jauh dari suasana seperti itu.

Perlahan tapi pasti, peringatan seperti ini mulai memasuki tubuh muslimin yang tak lagi mempunyai pertahanan kokoh.

Termasuk negeri ini. Kita lupa kalau kita ini muslim. Tak memerlukan sebuah hari di mana kita menghormati dan berbakti kepada ibu kita.

Karenanya,
Maaf ibu
Tak ada bunga untukmu

Tidak kartu tak pula makanan kesukaanmu
Hanya di hari ibu
Karena aku sadari sepenuhnya

Kaulah segalanya
Tempatmu hanya sederajat di bawah Allah dan Rasul-Nya
Tiga kali lipat di atas ayah kau lebih mulia
Surga ada di bawah telapak kakimu
Kau pintu surga anak-anakmu

Makhluk yang paling berhak terhadap diriku adalah dirimu

Perintah Al-Quran untuk bakti hanya menyebut jasamu

Al Adabul Mufrod karya Al Bukhari membuka dengan bab tentangmu

Doa ampunan dan kasih sayang selalu terkirimkan untukmu

Setelah amal dan dalam sujud panjangku selalu kado doa untukmu

Bahkan,
Bakti kepadamu tak terhenti setelah tiadamu

Untuk mengantar yang terbaik hingga peristirahatan indahmu

Untuk semua janji, kewajiban, dan wasiatmu

Untuk saudara dan kerabatmu

Untuk teman baikmu
Karena seluruh hidupku untukmu,
di setiap hela nafasku
Sadar, tawaf menggendongmu tak mampu membalas setetes air susumu

Dan,
Karena bakti tak mengenal hari...
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
22-12-2015 19:16
Merayakan hari ibu aja dosa, mengerikan sekali pemikiran anda emoticon-Takut (S)
Mungkin bakal nyusul thread tentang hari pahlawan, hari pramuka, hari senin, yang ternyata haram dirayakan emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
22-12-2015 21:02
Quote:Original Posted By oblo21
Ini toh hanya moment gan..
Kita pun tau,ibu kita,bagaimana pun keadaan,ulah dan kondisi kita pasti akan tetap berbahagia menjadi ibu kita..
Dan memang,Beliau tak pernah berharap imbalan,hadiah,dan sejenisnya..
Tapi,ini adalah moment dimana kita mengkoreksi segala kesalahan kita,sengaja atau tidak,kita pasti pernah mengecewakan beliau..
Ambil contoh teman kita pelajar (maaf bukan berniat rasis) yang prestasi nya tak seberapa,yang tak bisa juara,yang tiap hari hanya tau minta uang jajan,uang pulsa dan sebagai nya..
Mereka bisa menjadikan momen ini untuk sekedar memberi tanda cinta kasih mereka yang selama setahun ini tak pernah di ungkapkan..
Jadi menurut saya gak ada yang salah..
Karena,orang lain mungkin tak bisa sesempurna agan TS dalam berbakti kepada ibu mereka..

Salam dari anak ibuku yang masih berusaha terus membahagiakan beliau..



yes. gan I like you :-)
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
22-12-2015 21:02
Quote:Original Posted By hdwiguno
sah2 aja asal ga lebay di sosmed. update hari ibu tp emak gpunya sosmed emoticon-Ngacir2


hahaha.. lucu jg kau gan :-)
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
22-12-2015 21:07
Quote:Original Posted By I.T.Ace
Merayakan hari ibu aja dosa, mengerikan sekali pemikiran anda emoticon-Takut (S)
Mungkin bakal nyusul thread tentang hari pahlawan, hari pramuka, hari senin, yang ternyata haram dirayakan emoticon-Cape d... (S)


baca dulu sampe selesai gan baru coment, ada gak kata2 Haram di dalamnya...
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
22-12-2015 21:12
Yaaa... apapun itu,
yang psti gue mnikmati tiap bait puisi di trit lo emoticon-Malu (S)
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
22-12-2015 21:24
Quote:Original Posted By liuyash
setuju gan... moment lah namanya juga
kalo ga mau ikut ya ga usah ngerayain, sama aja kaya taun baru dan lebaran

kalo mau dibikin salah smuanya salah

emang di arab ada ketupat? emang lebaran cuma pas hari H nya aja? emang maap2an kudu pas lebaran

santai baee lah brooorrrr... semua ada waktunya... nikmati aja...



sekedar ngelurusin. lebaran atau prayaan idul fitri ada "proses" puasa dibelakangnya. yg mana, stelah menahan lapar, nafsu dsb. idul fitri dipakai untuk hari kemenangan.
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
22-12-2015 21:39
Emg sama muslim apa hub nya?
Kacau deh sara





Tah indung aingmah kieu emoticon-Cool

Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
Diubah oleh akasih
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
22-12-2015 21:40
Kalo dilihat dr sudut pandang asal usul dan budaya dari adanya "Mother Days" ini adl merupakan kewajaran dan baik, krn misi-nya adalah menghormati sosok seorang Ibu/Perempuan. Saya setuju saja. Namun, akan jadi sebuah masalah jika peringatan sosial ini dijadikan sarana kepentingan lain atau sepihak oleh oknum2x tertentu. Pada dasarnya bangsa kita ini harusnya bersyukur, tanpa adanya peringatan yg serupa, kita sebagai seorang anak yg bandelnya minta ampun ini, masih punya pikiran buat nyenengin Ibu dan Ayah. Karena, saya yakin Ibu dan Ayah kita adl sosok Superhero bagi kita-kita yg bandel ini. Nah, dengan begini bukankah kita, bangsa ini. Selalu selangkah lebih maju ketimbang negara adidaya tersebut...? emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk Tahu kenapa...? emoticon-Wkwkwk Itu krn Bumi Nusantara ini sudah memiliki peradaban sebelum negara2x adidaya itu punya. Bukan begitu bukan..... emoticon-Toast emoticon-Ultah emoticon-Selamat jadi intinya penting ga penting yang penting proposional aja. emoticon-Ngakakemoticon-Coblos
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
22-12-2015 21:45
sukakmumauketikapa
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
22-12-2015 22:04
yaelah
segala acara di hubung2in
kalo lo brani tantang tu adat jawa yg suka ngasi sesajen apalah
tantang tu keraton yogyakarta yg sering punya pusaka dimana orang muslim bilang musyrik
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
22-12-2015 22:05
Quote:Original Posted By arowanputra
Ibu, Maaf Tak Ada Bunga Untukmu
By: Ustadz Budi Ashari, Lc

Dalam silaturahim saya ke salah seorang senior saya, dengan gurau beliau berkata: Ayo, sudah cari kado belum untuk hari ibu?

Di grup orang-orang baik yang ada di media sosial pun bermunculan berbagai kreasi gambar tentang kemuliaan seorang ibu dan ujungnya: Selamat Hari Ibu.

Saya baru sadar kalau ini adalah bulan di mana hari ibu diperingati.

Dari sejak awal, saya katakan bahwa berbagai peringatan hari tersebut jelas bukan karakter agama Islam ini.

Tak hanya hari ibu, ada juga hari ayah, hari tembakau, hari kanker, dan entah hari-hari apa yang akan diusulkan kembali setelah ini.
Ini hadir dari kebiasaan sebuah masyarakat yang tidak mampu memenuhi hak seseuatu yang diperingati tersebut.

Maka untuk memberikan kepedulian dan perhatian mereka, hari itu diadakan.

Silakan baca sejarah hari-hari tersebut.

Hari ibu ini contohnya. Hari yang mulai diramaikan di Amerika ini menjadi hari yang diperingati mengingat masyarakat Amerika adalah masyarakat tanpa ikatan kekeluargaan seperti yang kita kenal dalam Islam.

Semakin hari semakin renggang, bahkan bisa tidak saling kenal. kimpoi cerai semakin membuat rumit hubungan antara anak dan orang tuanya. Tak ada bab birrul walidain dalam kajian etika mereka. Melihat itu semua, nurani mereka mulai terusik. Ibu yang berjasa –setidaknya- mengandung dan melahirkan, harus dihormati jasanya. Bahkan gereja tak sanggup menyuguhkan moral itu.

Hingga Anna Jarvis tahun 1908 untuk kali pertama membawa bunga yang dibagikan kepada para jemaat yang ada di gereja tempat dahulu ibunya beribadat.

Sebelum ini semua, Julia Ward Howe sudah mengkampanyekan ibu untuk keselamatan di Inggris, dalam rangka menyatukan wanita untuk melawan peperangan yang sedang terjadi.

Anna Jarvis memilih waktu Minggu, karena ia ingin menjadi peringatan yang berkekuatan spiritual gereja. Konggres Amerika baru menyepakatinya sebagai hari resmi nasional pada tahun 1914.

Tapi tahukah Anda, kalau Anna Jarvis akhirnya menyesal?

Hanya 9 tahun setelah diresmikannya hari ibu, Amerika mulai berpesta di setiap hari ibu tiba.

Dengan dalih menghormati ibu, mereka hanya memanfaatkannya untuk bisnis dan marketing berbagai hadiah di pasar. Sakralitas gereja telah berubah menjadi ajang marketing pasar.

Anna Jarvis menyesal, “Saya berharap bahwa saya tidak memulai hari ini, karena ia telah keluar dari kendalinya.”

Anna mengerahkan sisa hidup dan hartanya untuk mengembalikan hari yang telah disesalinya itu. Dengan semua kemarahannya. Tapi tanpa hasil.

Bahkan disebutkan bahwa ia ditangkap tahun 1948 gara-gara demo atas keruhnya hari ibu, dia dianggap mengganggu kesalamatan.

Maaf, apa istimewanya sejarah hari ibu di atas?

Bermula dari pembagian bunga dan hanya berujung pada penjualan bunga.

Bermula dari gereja berujung penyesalan. Dan akhirnya penangkapan

Maaf, apa istimewanya?
Cermatilah semua peringatan yang mereka buat. Tak jauh dari suasana seperti itu.

Perlahan tapi pasti, peringatan seperti ini mulai memasuki tubuh muslimin yang tak lagi mempunyai pertahanan kokoh.

Termasuk negeri ini. Kita lupa kalau kita ini muslim. Tak memerlukan sebuah hari di mana kita menghormati dan berbakti kepada ibu kita.

Karenanya,
Maaf ibu
Tak ada bunga untukmu

Tidak kartu tak pula makanan kesukaanmu
Hanya di hari ibu
Karena aku sadari sepenuhnya

Kaulah segalanya
Tempatmu hanya sederajat di bawah Allah dan Rasul-Nya
Tiga kali lipat di atas ayah kau lebih mulia
Surga ada di bawah telapak kakimu
Kau pintu surga anak-anakmu

Makhluk yang paling berhak terhadap diriku adalah dirimu

Perintah Al-Quran untuk bakti hanya menyebut jasamu

Al Adabul Mufrod karya Al Bukhari membuka dengan bab tentangmu

Doa ampunan dan kasih sayang selalu terkirimkan untukmu

Setelah amal dan dalam sujud panjangku selalu kado doa untukmu

Bahkan,
Bakti kepadamu tak terhenti setelah tiadamu

Untuk mengantar yang terbaik hingga peristirahatan indahmu

Untuk semua janji, kewajiban, dan wasiatmu

Untuk saudara dan kerabatmu

Untuk teman baikmu
Karena seluruh hidupku untukmu,
di setiap hela nafasku
Sadar, tawaf menggendongmu tak mampu membalas setetes air susumu

Dan,
Karena bakti tak mengenal hari...

beneeerre bangett gan,bakti anak ke orang tua tak mengenal hari
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
22-12-2015 22:06
yaelah
segala acara di hubung2in
kalo lo brani tantang tu adat jawa yg suka ngasi sesajen apalah
tantang tu keraton yogyakarta yg sering punya pusaka dimana orang muslim bilang musyrik
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
22-12-2015 22:21
Quote:Original Posted By frozentuna31
No Problem Gan Ini Hari Cuma Untuk Menghargai Jasa Orang Yang Melahirkan Kita ! Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)


Buseet ente hargain jasa org yg ngelahirin ente, cuma seharii ini aja..? Terlaluuu... hoohoohoo
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
23-12-2015 00:33
Quote:Original Posted By nug71


rusak karena org kayak agan ni yg ga bs saling meghormati.
TS punya pendapat sndri ya dihormati, ga usah pake meghina orang/agama lain


emoticon-Ngakak (S) Ente tersinggung?trus lo mo apa? kaum munafikun merajalela bro..ga usah pura" buta
Diubah oleh dic.lvx
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
23-12-2015 05:27
22 Desember 1928, 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Sumatra dan Jawa untuk pertama kalinya menyelenggarakan Konferensi Perempuan Indonesia. Konferensi tersebut mendiskusikan hak perempuan, pendidikan, kesehatan, dan kekuatan media untuk membantu mengatasi masalah-masalah di bidang tersebut.
Itulah landasan awal diciptakannya peringatan hari ibu di Indonesia!

dan kalo lu tanyak apa manfaatnya? MEREKA NGEWARISIN KEBERANIAN!!!!
bayangin tuh tong taon segitu emak2 kumpul bahas hak perempuan (ps: bahas hak perempuan waktu itu masih tabuh loh mbloo) butuh keberanian tinggi pd waktu itu.

Makanye pelajarin dulu sejarahnye , ambil hikmahnye, JANGAN CUMAN PENGEN ANTI MAINSTREM YANG AKHIRNYE JADI INDIVIDU MISANTROPIS LU MBLOOO!!!!!!!!
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
23-12-2015 05:42
Logika
Hari Pahlawan : Kita ga perlu memperingati hari pahlawan, krn setiap hari kt menghargai para pahlawan

Hari Buruh : ga perlu ada hari buruh karena karena org tua ku buruh

Hari kemerdekaan 17 Agt : kita ga perlu memperingati nya karena kita sudah merdeka,dan menghargai js pahlawan setiap hari

Ada yg mau nambahin logika ane??
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
23-12-2015 09:45
Quote:Original Posted By dic.lvx


emoticon-Ngakak (S) Ente tersinggung?trus lo mo apa? kaum munafikun merajalela bro..ga usah pura" buta


ngpain tersinggung gan, gw cuma jawab pertanyaan lo aja, kenapa bangsa ni ga maju2, ya karena orang kaya elo ini.
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
23-12-2015 09:46
tiap hari juga hari nya ibu,
utk memasak dirumah emoticon-Big Grin
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
23-12-2015 10:13
menyimak dulu aja gan,,,,
0 0
0
Salah Kaprah Tentang Hari Ibu (Yang Muslim Wajib Masuk)
25-12-2015 09:45
Quote:Original Posted By arowanputra


baca dulu sampe selesai gan baru coment, ada gak kata2 Haram di dalamnya...


Intinya gak boleh dilakukan kan? maaf deh kalo ane gak terlalu paham antara "haram" sama "yang tidak boleh dilakukan" emoticon-Bingung (S)
Kalo itu gak diharamkan, berarti gak masalah kan klo dilakukan emoticon-Bingung (S)
P.S: Ane dah baca dari awal sampe akhir thread
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia