• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jajan Pasar Yang Kini Mulai Jarang Ditemui (+Resepnya). Angkatan 80/90-an Masuk!!!

gudetamaAvatar border
TS
gudetama
Jajan Pasar Yang Kini Mulai Jarang Ditemui (+Resepnya). Angkatan 80/90-an Masuk!!!
Ada banyak jajan pasar yg susah kita temui kalau kita jauh dari kampung tercinta. Mungkin malah tidak ada di sekitar agan seperti lupis, cenil dll. Berikut ini beberapa jajanan pasar yang populer, yang dulunya sering dijajakan atau kita dijumpai di pasar.


1. Lemet
Kue lemet pada umumnya dibungkus dengan daun pisang sehingga lebih alami, dan selain itu pada umumnya juga berbentuk agak pipih memanjang. Kue lemet memiliki daging yang berwarna cokelat tua, hal ini karena ketika membuat dicampur dengan gula Jawa, dan ketika digigit juga agak terasa sedikit kenyal dan lengket. Mungkin karena hal inilah kue ini dinamakan demikian, karena lemet di beberapa daerah di Jawa ada yang mengartikannya sebagai "lengket".

Spoiler for resep:



2. Moho
Kue moho adalah kue tradisional yang berasal dari Jawa. Kue ini sering digunakan untuk acara festival sembahyang. Bentuk dan rasanya yang khas membuat kue ini berbeda dengan yang lain. Meskipun sekilas seperti bakpao, namun pada bagian atasnya ada warna merah yang membuat penampilannya semakin cantik. Selain itu rasanya juga lebih manis dan teksturnya juga lebih padat.

Spoiler for resep:



3. Mendut
Kue mendut merupakan kue tradisional berbungkus daun. Sajian yang terbuat dari tepung beras ketan dengan isi kelapa & gula jawa ini memiliki aroma khas daun pandan yang harum.
Spoiler for resep:



4. Sengkulun
Kue Sengkulun hidangan khas Jawa Tengah, nyaris lenyap dari peredaran. Biasanya diajikan pada kesempatan arisan, hantaran pernikahan dan sebagainya. Kue ini biasanya dibuat dalam loyang/cetakan lalu setelah matang diletakkan pada wadah dan dipotong persegi kecil.

Spoiler for resep:



5. Wehku/weku
Kue weku adalah kue berbahan dasar tepung ketan yang berisi kacang hijau. menu ini biasa disajikan pada acara tirakatan, arisan, dan budaya kejawen lainnya.

Spoiler for resep:



6. Adrem
Kue adrem adalah kue yang dibuat dari campuran tepung beras dengan gula jawa ini memiliki ciri khas. Kue dengan warna khas coklat keemasan dengan bentuk yang unik ini adalah produk kue tradisional tempo dulu yang masih dilestarikan karena minat pembeli. Biasanya kue ini sebagai teman minum teh pahit ataupun minuman lainnya. Kue ini dulu sering sebagai suguhan (hidangan snack) dalam acara hajatan warga atau kegiatan kampung.

Spoiler for resep:



7. Cucur
Kue cucur merupakan kue jajanan pasar yang banyak disukai oleh semua orang pada zaman dulu. Kue ini memiliki bentuk yang bulat pipih berwarna coklat dan memiliki tekstur yang sangat kenyal.

Spoiler for resep:



8. Lompong
Kue lompong adalah kue yang terbuat dari adonan tepung beras ketan, gula kelapa, gula pasir dengan isi bulir kacang tanah di dalamnya. Kue lompong menjadi menarik  karena bentuknya seperti kue mata sapi tetapi  berwarna hitam. Talas atau lompong yang dilumatkan dan dicampur ke dalam adonan kue menjadikan warna hitam pada kue ini. Sebagai pembungkus kue ini yaitu daun pisang yang sudah kering atau bisa di sebut klaras.

Spoiler for resep:



9. Lupis
Kue lupis adalah jajanan nusantara yang termasuk ke dalam kategori kue basah. Kue lupis biasa disajikan dengan ketan dan kuah gula merah

Spoiler for resep:



10. Gatot
Gatot adalah jenis makanan tradisional yang terbuat dari bahan gaplek, konon nama gatot diambil dari singkatan gagal total karena sulitnya menghasilkan panen padi atau gagal panen, sehingga sebagai ganti dari beras dibuatnyalah makanan jenis ini. Dari segi kandungan karbohidrat singkong mempunyai kandungan yang lebih tinggi dibanding beras namun kandungan protein dari singkong hanya sedikit bila dibanding dengan beras.

Spoiler for resep:



11. Cenil
Cenil adalah makanan yang terbuat dari pati ketela pohon. Makanan ini bisa dibentuk bulat-bulat kecil atau kotak kemudian diberi warna sesuai selera sebelum direbus. Cenil biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir/kuah gula merah.

Spoiler for resep:



12. Clorot
Kue clorot, yang merupakan kue khas Jawa yang memiliki rasa yang manis aroma gula merah, yang sekarang disinyalir sudah sangat langka yang membuatnya. Salah satu hal yang juga sangat menarik perhatian dari kue ini selain rasanya adalah, kemasan yang sangat unik sekali karena dibungkus oleh daun kelapa yang masih muda atau orang Jawa sering menyebutnya sebagai janur kuning, yang dibentuk seperti terompet atau kerucut.

Spoiler for resep:



13. Grontol
Grontol adalah salah satu makanan tradisional di pulau jawa umumnya, yang berbahan dasar jagung dengan ditaburi parutan kelapa.

Spoiler for resep:



14. Sawut
Sawut menggunakan bahan sederhana yaitu singkong tetapi rasa kenyal gurihnya bakal mengusik lidah. Apalagi jika dinikmati bersama secangkir teh hangat.

Spoiler for resep:


- waiting for update-

Silahkan agan-agan kalo mau request nanti dimasukkan ke list
Diubah oleh gudetama 22-12-2015 08:30
0
34K
229
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.