Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rainbowscaleAvatar border
TS
rainbowscale
Ketika Bersin Jantung Berhenti, Benarkah ? #check this out
agan-agan ane nuwbi emoticon-Malu (S)... ini thread ane yg lagi belajaran..maap yaa kalo emoticon-Blue Repost hehe just info ini gan emoticon-Kiss



Sebelumnya harus kita ketahui dulu bahwa bersin adalah refleks penolakan tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam rongga hidung.

Bagaimana mekanismenya?

1. Pemaparan alergen terhadap individu yang mudah tersensitisasi. alergen pencetus bisa berupa debu,kapuk,bulu binatang, makanan ataupun obat-obatan.
2. Kita tahu bahwa alergen misalnya saja debu merupakan partikel asing jika masuk ke hidung dan menyebabkan mengiritasi hidung.
3. Ujung saraf aferen yang ada di sana akan terangsang yang menimbulkan aliran impuls listrik saraf yang sangat cepat kemudian mengalir melalui saraf trigeminus yg menuju ke refleks bersin/medulla.
4. Medulla mendapat sinyal bahaya bahwa ada benda asing yang harus dikeluarkan maka dikirimkan sinyal yang cepat ke otot-otot yang dipengaruhinya untuk melakukan gerakan bersin....
5. Terjadilah refleks bersin

Sebenarnya bersin merupakan gejala yang normal terutama pada pagi hari atau terkena kontak debu. hal ini merupakan mekanisme fisiologik dari tubuh untuk pembersihan diri. Namun, bersin dapat bersifat patologik jika terdapat bersin lebih dari 5 kali dalam satu serangan.

Lalu bagaimana hubungannya bersin dengan jantung yang berhenti berdetak?

Sebenarnya ada anggapan bahwa saat bersin jantung akan berhenti berdetak. Pada saat kita bersin, secara refleks otot-otot yang ada di muka kita menjadi tegang, jantung akan berhenti berdenyut sesaat. Segera setelah bersin maka jantung akan kembali lagi berdenyut alias berdetak kembali.

Beberapa mahasiswa dari sebuah universitas di Amerika membuat penelitian tentang bersin ini. Mereka ingin tahu kenapa manusia bersyukur dan saling mendoakan pada saat bersin. Dari hasil penelitian, ternyata pada saat bersin jantung manusia berhenti berdetak "nol koma sekian detik".

Tapi kabar mengenai jantung berhenti saat orang bersin adalah tidak benar, emoticon-Smilie tekanan dalam dada saat orang bersin hanya mengubah tekanan pada denyut jantung tapi tidak membuatnya berhenti, seperti dikutip dari Menshealth.

Bersin diawali dengan sensasi menggelitik di ujung saraf yang mengirim pesan ke otak untuk membersihkan lapisan hidung. Sebelum bersin orang akan menarik napas dalam-dalam dan mengencangkan otot-otot dada.

Tekanan dalam paru-paru akan meningkat lalu menutup mata dan terjadilah bersin. Adanya perubahan tekanan ini membuat irama detak jantung menjadi berubah sehingga beberapa orang menganggap jantungnya berhenti saat bersin.

untung gx bener yak gan..emoticon-Malu (S) takut nya kalo udh berenti nh jantung.. berenti sampe seterusnya..astaghfirullah emoticon-Matabelo

sekian thread dr ane gan, minta kritik ama saran dulu aja deh ane,, sebelum minta emoticon-Blue Guy Cendol (L) heheheemoticon-Malu (S)

SUMBER
0
2.3K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.