Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

openturenxAvatar border
TS
openturenx
Kunyit, Bumbu Dapur yang Kaya Manfaat
Kunyit, Bumbu Dapur yang Kaya Manfaat

Kunyit atau kunir. Tanaman ini telah begitu lama dikenal dan digunakan di berbagai tempat, sebagai bumbu dapur, pewarna alami, obat tradisonal untuk menjaga kesehatan, dll. Namun, tidak ada salahnya kita kaji sedikit lebih detail, agar semakin bertambah kekaguman dan rasa syukur kita kepada Allah k atas berbagai makhluk ciptaan-Nya yang ada di alam semesta ini dan menambah ketundukan dan ketaatan kita kepada-Nya.

Kunyit (Curcuma domestica Val. atau Curcuma longa Linn. atau Curcuma longa Auct.) termasuk jenis tanaman rimpang – yang dengan izin Allah l – memiliki banyak kegunaan. Salah satunya adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan, yang mungkin muncul tatkala kita menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Kandungan Senyawa Kimia
Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin, dan bisdesmetoksikurkumin. Selain itu,di dalam kunyit jugaditemukan kandungan minyak atsiri yang terdiri dari seskuiterpen, turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron, dan beta turmeron), zingiberen, felandren, d-sabinen, borneol, dan sineol, serta lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, dan garam-garam mineral (zat besi, fosfor, dan kalsium).

Manfaat
Kurkumin mempunyai efek anti peradangan, antioksidan, antibakteri, imunostimulan, sebagai kolagogum (menstimulasi dinding kantong empedu untuk meningkatkan sekresi cairan empedu yang berperan dalam pemecahan lemak), hipolipidemik (menurunkan kolesterol darah), dan sebagai tonikum atau penyegar. Kunyit juga bermanfaat untuk melindungi hati dan banyak digunakan sebagai makanan pendamping bagi penderita liver. Kurkumin kunyit ditemukan mampu mengurangi penyakit jantung, mengatasi batuk, sakit pundak, kolik, kejang perut karena haid, gangguan pencernaan, radang selaput mata, mengobati luka, disentri, gonore, kolik, cacar, radang selaput lendir hidung dan tenggorokan, merestorasi fungsi ginjal, serta membantu dalam penanganan katarak dan arthritis.

Manfaat lain kunyit adalah untuk mengobati radang gusi, amandel, asma, borok, gatal, eksim, koreng, encok, radang rahim, demam nifas, keputihan, nyeri perut, sembelit, disentri, radang usus buntu, trakoma, dan tekanan darah tinggi. Selain itu, kunyit juga dapat berfungsi sebagai insektisida, fungisida, nematisida, dan skabisida.

Antioksidan kurkumin ternyata 5-8 kali lebih kuat daripada vitamin E, dan juga lebih kuat daripada vitamin C, 3 kali lebih kuat daripada ekstrak biji anggur, serta diperhitungkan oleh banyak peneliti sebagai salah satu dari antioksidan yang paling reaktif.

sumber: MMS

Moga bermanfaat gan emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh openturenx 09-11-2012 15:10
0
3.7K
8
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.