molluccaAvatar border
TS
mollucca
Persamaan dan perbedaan Sinterklaas dan Santa Claus
Sinterklaas dan Santa Claus ternyata mempunyai asal usul yang berbeda. Misalnya, panggilan Santo Nicholas merujuk kepada Sinterklaas dan bukan kepada Santa Claus (walaupun terjemahan harafiahnya membuat kita sangsi akan fakta tersebut). Untuk lebih lanjutnya simak penjabaran ane di bawah ini ....


Sinterklaas dan Piet Hitam


Sinterklaas (juga disebut Sint-Nicholaas dalam bahasa Belanda dan Saint Nicolas dalam bahasa Perancis) adalah tokoh lawas yang terkenal di Belanda dan Belgia karena sering dikaitkan dengan "si pemberi hadiah" ketika ia merayakan ulang tahunnya. Setiap tahunnya di hari Saint Nicholas' eve (5 Desember atau 6 Desember pagi) masyarakat di Belanda dan Belgia, terutama anak-anak, merayakan peringatan pada hari kematiannya Sinterklaas.
Piet Hitam (Zwarte Piet dalam bahasa Belanda) adalah pendamping setia Sinterklaas dalam cerita rakyat di Belanda dan Belgia. Kemunculannya pertama kali pada buku tulisan Jan Schenkman tahun 1850. Piet Hitam dikatakan berasal dari Spanyol, tepatnya dari kelompok Moor yang didominasi oleh orang Muslim.

Quote:


Untuk lebih jelasnya, simak video berikut:




Santa Claus dan Elf


Banyak orang tidak tahu bahwa figur Santa Claus adalah ciptaan seorang seniman yang hidup pada tahun 1899-1976, Haddon Hubbard "Sunny" Sundblom. Sundblom lahir di Michigan, US, di keluarga yang berasal dari Eropa tepatnya Swedia. Ia menciptakan figur Santa Claus untuk kepentingan periklanan pada The Coca-Cola Company pada tahun 1930.

Karya Sundblom: Santa Claus for Coca-Cola





Simak video berikut, langsung dari Coca-Cola gan:




Dari penjelasan di atas bisa dikatakan bahwa mereka mempunyai root yang sama (yaitu Sint-Nicolas dari Spanyol yang tinggal lama di Belanda). Akan tetapi, tetap keduanya mempunyai perbedaan yang signifikan :


Quote:



Demikian trit ini ane buat karena baru tahu kalau ternyata ada perbedaannya emoticon-Blue Guy Peace
Kiranya berkanan ane yang newbie ini dibantu emoticon-Cendol (S)
0
7.7K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.