Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rahmat31Avatar border
TS
rahmat31
[Original Recovery] Mengapa Shogun 110+Generator hidrogen


Uploaded with ImageShack.us

above image source: [url]http://malaysianbikers.com.my/forum/index.php/topic,63029.0.html
[/url]



Uploaded with ImageShack.us


Shogun 110 adalah tipe mesin "high revving engine" (mesin putaran tinggi) khas suzuki. Bisa dilihat speke panjang langkah/stroke 48,8mm seperti Satria FU.
Jadi disini akan dibahas apa saja hal pendukungnya yang membuat dia bisa mencapai topseed 120km/jam sebagai motor tua berkapasitas 110cc. So, agan-agan bakal bisa menerapkan kharakteristik tersebut di motor agan sendiri. Tidak bermaksud menggurui, hanya berbagi.

Pertama
Shogun punye per klep doble gan di setiap klepnya, hal ini memberikan reaksi buka tutup klep yang bagus sehingga kuat di RPM tinggi.
Nah, bagi agan yang pengen punya per klep bagus hendaknya cari per dari motor lawas yang doble juga.
Kalo tidak salah yamaha cripton, kawasaki kaze, honda tiger per-nya ganda. Apalagi honda Sonic, per ganda terkenal kuat daya restitusinya.
Atau bisa konsultasi ke bengkel tentang per-per yang lain yang sekiranya punya track record yang bagus. Bisa juga pilih merk racing aftermarket macam merek CLD, TDR, Daytona, dll.

Spoiler for per valve/klep:


Kedua
Shogun Kebo memakai noken as yang sudah di desain sedemikian rupa untuk mencapai efisiensi volumetrik. Kata forum sih durasi noken as lebih besar daripada punya shogun 125.
Dan uniknya ane liat durasi untuk tongolan exhaust-nya lebih besar dibanding intake-nya. profil seperti ini didukung dengan lubang exhaust yang "pipih" (porting swirl; kalau di 4valve jadi twin swirl) di silinder head dan knalpot bawaan tipe "cyclone" tiga kali pembelokan gas kalau tidak salah, yang jelas bukan "free flow" pastinya.
Noken as racing yang mirip profil Shogun kebo yaitu merk CLD yaitu durasi ex lebih besar dari durasi in.

Spoiler for camshaft/noken as:


Ketiga
Shogun punya karburator yang terbilang "Oke" dengan nilai kpresisian main dan pilot jet yang cukup tinggi. Mungkin karena diproduksi akhir 90-an jadi masih japan yang buat.
Jetingnya pun terbilang boros pj 17 dan mj 90 (shogun ramping lebih dicekek pj 15 dan mj? ada yang bilang 66,5). Hari gini gampang, bisa beli karburator racing Keihin PE, PWK, PWL. Mikuni VM ninja, Mikuni TM, dll.

Spoiler for karburator:


Keempat
Konon shogun kebo punye piston n klep yang terbuat dari material yang ringan tapi kuat (banyak diincar mekanik balap). Piston pun lebih tinggi bubungannya dari shogun 125.
Nah, sekarang banyak tuh yang jual piston racing yang ringan dan jenong. Ada piston merk NPP, TKRJ, Uma Racing, Daytona, dll.
Klep titanium aloy pun ada yang jual sekarang, merknya EE yang beredar. Weleh. Kita tahu titanium itu logam anti peluru tapi lebih ringan dari baja.

Spoiler for klep/valve:


Spoiler for piston:


Kelima
Shogun 110 memiliki profil stroke 48.8mm seperti satria FU, profil seperti ini adalah tipe mesin yang mengandalkan RPM atas atau power baru keluar di zona high end RPM, profil sperti ini bisa dimaksimalkan sampai batas 14.000-an RPM. Jadi saran aja, kalau doyan ngebut pilih motor yang punya langkah pendek (short stroke) *sekitar di bawah angka 50 mm. Apa pun merknya.

Keenam
Shogun kebo punya CDI non high limiter, hal ini membuat mesin bebas bergerak sampai batas dari kemampuan mesin sendiri. Selain itu timing pengapiannya cukup agresif, menurut info 14° btdc @1500 rpm dan 29° btdc @5000 rpm.
Bagi agan yang belom tau, CDI ini adalah pengatur detak elektrik yang mengatur kapan busi menyala, sayangnya untuk motor-motor baru CDI memiliki pembatas/limiter yaitu pada RPM tertentu dia berhenti memberikan progress.
rekomendasi: beli CDI yang unlimiter, beli yang PLUG N PLAY aja, biasanya lebih presisi


Ketujuh
Konon Shogun kebo memiliki plat kopling yang bagus (pantesan mahal per satuan plat) dan per kopling yang responsif (per diafragma, kalau dimodif jadi manual malah slip). Nah, bagi agan yang speed lover cukup mengganti kampas koplingnya aja kalau pengen kenceng mengingat banyak sekarang yang jual kampas racing.
Spoiler for porting gak modal:


# Motor ane udah tua gan, kompresinya udah turun, jadi untuk mengembalikan tenaga mudanya biasanya ane pasang "GENERATOR HIDROGEN" buatan sendiri.
Ane bikin pake gelas plastik n sendok stainless sebagai anodanya. Cara kerjanya, air di setrum dengan listrik DC + dan -.
Hal itu menyebakan H²O (air) pecah jadi H² (hidrogen) dan O² (oksigen). Hidrogen sendiri bisa dibakar. Kata anak jurusan kimia, namanya gas ledak.


Berikut ini saya sebutkan motor yang karakternya 11-12 dengan shogun 110

Suzuki : Smash 110, satria FU, Thunder 125, FXR150

Honda : CS 1, CBR 150, Sonic, GL Pro tahun 94-95, Astrea Prima

Kawazaki: Kaze R (series), Ninja 250

Yamaha : Cripton

-------------------------------------
Bonus pengetahuan

Spoiler for FYI #2:


smoga infonya berguna gan


jangan lupa di rate emoticon-Rate 5 Star

dan kalau berkenan bagi cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L)

kalau tidak suka janganlah lempar emoticon-Blue Guy Bata (L)


Diubah oleh rahmat31 16-12-2015 07:06
0
23.1K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.