Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

5kittyAvatar border
TS
5kitty
Mendulang sejuta manfaat dari sampah


Bermula dari keinginan untuk mengurangi sampah di rumah dan kebetulan papa saya telah terbiasa menjalankan gaya hidup Reuse namun minus Reduce dan Recycle. Karena itu kami berdua sama sama belajar cara mengurangi sampah di rumah kami.

Diawali dengan pemilahan jenis jenis sampah, plastik, kertas, sampah basah dan campuran produk semisal bungkus makanan kecil. Kantong plastik dan koran kami manfaatkan sebagai tatakan poo dan pee kucing peliharaan kami. Kardus dan tali digunakan kembali semaksimal mungkin. Botol botol plastik bekas dijadikan pot untuk bunga bunga. Sisanya yang tidak terpakai dijual ke pengepul yang lewat di depan rumah. Ternyata setelah dikumpulkan setiap jenis sampah itu memiliki nilai, misal sampah kardus dan majalah kalau dijual ke pengepul nilainya sekitar Rp 1000 sampai Rp 3000 per kilo. Harga fluktuatif tergantung permintaan pasar. Nah uang hasilnya bisa digunakan untuk membantu dan membiayai keperluan sosial di kampung kami.

Spoiler for pot dari botol air mineral:


Nah yang menjadi masalah adalah sampah basah dan produk mixture antara plastik dan kertas, seperti bungkus kopi dan biskuit. Akhirnya kita memutuskan untuk mengolah sampah basah menjadi pupuk, kebetulan kami kekurangan tanah untuk kebun kecil di atap rumah kami. Sampah basah dipilah lagi, yang dipakai hanya sampah sayur mayur mentah, sedangkan sampah basah seperti ikan, daging dan sisa sayur yg tidak termakan tidak digunakan. Sampah basah jenis kedua bisa mengundang datangnya belatung, dan cacing sehingga lebih cocok untuk dijadikan kompos pada tanah di kebun daripada kompos untuk pot.

Spoiler for Proses pembuatan kompos:


Papa saya memutuskan untuk mencacah sayur sayur yg tak terpakai dengan gunting, kalau proses penghancuran biasanya menggunakan pisau, tapi papa saya lebih suka dengan gunting selain proses pembuatannya lebih cepat juga lebih bersih. Setelah jadi cacahan sisa sayur itu dimasukkan ke tong dan dijemur diatap rumah hingga kering. Setelah kering tinggal dicampur dengan tanah lama dan voila kebun mini kami kini dihiasi banyak bunga. Bisa dikatakan kami diberi hadiah bunga gratis setiap hari!
Inilah sebagian hasil kebun mini kami. Masih sedikit karena kami masih terus belajar. Salam Hijau!
Spoiler for Bunga gratis setiap hari /:D/:


Karena ini Thread saya yang pertama, mohon newbie ini dimaafkan apabila terjadi kesalahan dalam mengikuti peraturan. Mohon juga untuk tidak dilempari emoticon-Blue Guy Bata (L)tapi dikasih emoticon-Blue Guy Cendol (L) supaya lebih semangat emoticon-Blue Guy Peace
0
1.4K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green LifestyleKASKUS Official
3KThread3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.