opini.idAvatar border
TS
opini.id
ALASAN ORANG INDONESIA SERING TERMAKAN ISU PALSU


Halo agan!
Masih banyak orang Indonesia yang termakan dengan isu palsu alias hoax. Menurut agan kenapa masih banyak dari kita yang gampang banget percaya berita yang belum tentu benar?


Fyi, pertamax nih gan.
Spoiler for Pertamax, gan:

Apa itu hoax?

Quote:

ALASAN ORANG INDONESIA GAMPANG PERCAYA ISU PALSU

Ada kaitan sama SARA
Kalau hoax berkaitan dengan sebuah kepercayaan yang kita pegang atau anut, maka kebohongannya bakal lebih diterima. Contohnya hoax SARA. Ya gan, orang Indonesia itu cepet banget kepancing sama hal-hal berbau Suku, Agama dan Ras. Itulah kenapa ketika ada berita yang berkaitan dengan SARA, cepet banget dishare. Kalau menurut ane, orang Indonesia itu belum sepenuhnya siap menerima perbedaan. Ya maklumlah gan, selama 32 tahun kita dipaksa seragam sama Orba dengan informasi yang serba dibatasin. Ketidaksiapan itu membuat kita mudah sekali digosok sama hal-hal berbau SARA.

Quote:


Contoh hoax SARA:
Ini ane ambil dari Fanpage Indonesian Hoaxes

Spoiler for Hoax SARA:

Gak kritis dan males kroscek
Nah, ini masalah pola pikir gan. Jujur aja yah, orang Indonesia emang gak dilatih berpikir kritis. Sejak sekolah, kurikulum pendidikan kita berfokus sama menghapal bukan menganalisa. Jadinya, sejak kecil kita terbiasa untuk menerima mentah-mentah apa yang disodorin ke kita. Bahkan, kalo kita sering mempertanyakan hal itu, kita malah dianggap membangkang. Padahal sikap kritis itu perlu gan di jaman banjir informasi seperti sekarang ini. Internet tuh ibarat gudang segala macam info. Kalo kita gak pinter nyaring, kita bisa jadi kayak kerbau dicucuk hidungnya. Karena gak mau kritis inilah, kita akhirnya menelan mentah-mentah informasi yang beredar di internet terutama media sosial. Hoax atau fakta, kita gak mau peduli. Oh, cmon gan, kita kan bukan mesin atau robot yang hidup berdasarkan perintah kan gan. emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)
Spoiler for Gak kritis bikin kita kayak robot:

Percaya media abal-abal sih!
Gan, sadar gak sih kalo berita hoax itu biasanya berawal dari postingan di media sosial atau blog-blog yang gak jelas pemiliknya. Logikanya gini, mereka share itu lewat akun-akun medsos dan blog karena informasi seperti itu gak bakal mungkin dimuat di media yang jelas kredibilitasnya. Kenapa? Karena media kredibel pasti akan selalu melakukan cek dan ricek informasi. Sementara, akun dan blog kan gak perlu atau gak mau susah-susah melakukan itu. Padahal, penyebar informasi pertama kali juga gak jelas siapa.

Jadi netizen, harusnya kan kudu pinter yah gan. Gampangnya gini, media yang kredibel itu selalu mencantumkan informasi tim redaksi dan memuat panduan media siber di situs mereka. Karena itu adalah satu syarat media online yang punya tujuan, visi dan misi yang benar. Ya kalo tujuannya menyebarkan fitnah, gak perlu repot-repot memuat dua hal itu kan?

Hari gini masih percaya media abal-abal? 2015 nih gan! emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
Spoiler for Contoh media online kredibel:

Spoiler for Memuat panduan media siber dari Dewan Pers:

Spoiler for Media yang pernah dikasih peringatan Kemeninfo karena sebarkan hoax dan kebencian:

Nah, gimana modus media abal-abal menyebarkan hoax atau info palsu? Cekidot gan!

Spoiler for Modus media abal-abal:

Informasi itu sangat populer dan viral
Begitu informasi hoax itu jadi viral, akhirnya dipercaya orang jadi sebuah kebenaran. Bila berita atau informasi bohong itu terus menerus disodorkan pada masyarakat, akhirnya kita percaya bahwa itu adalah fakta sesungguhnya. Kita jadi tutup mata pada kebenaran yang ada. Ada temen yang nge-share, kita ikut-ikutan share. Padahal blom baca isi artikelnya. Alesannya, “ah toh dia juga nge-share berita itu, berarti bener dong.” Masalahnya, si penyebar hoax di media sosial bisa saja berkilah, apa yang dilakukannya merupakan salah satu bentuk dari kebebasan berpendapat. Bebas yang seperti apa?
Spoiler for Hoax bisa dipercaya sebagai kebenaran :

CARA GAMPANG MENGETAHUI INFORMASI HOAX

Quote:

Terus kalo kebetulan nemu informasi yang mencurigakan seperti kriteria di atas, apa yang kudu agan lakukan? jawabannya gampang gan. GOOGLING! emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S) Sampai sekarang Google masih jadi mesin pencari unggulan yang bisa bantu kita kroscek informasi dalam bentuk artikel ataupun image.

Quote:

Kalau berhubungan dengan image, cara paling mudah adalah cari di Google Image gan! Google akan otomatis mendeteksi kapan pertama kali image itu muncul. Seringkali, satu gambar dipakai dalam berbagai macam artikel dan gak menutup kemungkinan disalahgunakan. Ini tipsnya ane kasih bonus video:
Spoiler for Cara kroscek images di Google:


Nah, biasanya kalau agan mendapat informasi di dunia maya, apa yang kamu lakukan sebelum menyebarluaskan informasi itu? Jawab di sini ya gan ...

Diubah oleh opini.id 10-12-2015 08:19
0
108.9K
805
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.