AYO GAN! MARI TERTIB DAN AMAN DALAM BERKENDARA, JADILAH PENGENDARA YANG CERDAS
TS
nadtoruss
AYO GAN! MARI TERTIB DAN AMAN DALAM BERKENDARA, JADILAH PENGENDARA YANG CERDAS
Thread ini bersumber dari diri seorang TS yang hanya ingin menyampaikan pendapatnya yang mempunyai tujuan tertentu
Banyak orang yg ngerti cara memakai kendaraan, tapi mereka ga ngerti cara berkendara dan cara memakai jalan.
Kenapa gua bilang gitu?
Karena banyak para pengendara yg masih ga ngerti berkendara dengan baik dan cerdas, khususnya motor. Karena motor lebih banyak dimiliki di Indonesia ini dibandingkan dengan mobil.
Gua akan mencoba menjelaskan cara berkendara dan memakai jalan yg baik untuk motor. Karena para pengendara mobil sudah lebih tertib dalam berkendara (kecuali angkot ye), saya ga mungkin menjelaskan semuanya disini.
Banyak kerugian yang ditimbulkan dari kurangnya kekompakan dan kerjasama antar pengguna jalan untuk peduli akan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Padahal, kepedulian seperti itu bisa dilakukan dengan HANYA menaati standar keselamatan dan aturan lalu lintas yang SUDAH ADA. Kenapa HANYA? Karena KITA HANYA perlu menaati peraturan yang sudah dibuat! Apa susahnya sih menaati doang??
Padahal, aturan tentang lalu lintas sudah dijelaskan dengan jelas di Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
Quote:
Mungkin udah banyak yang sering membahas ini, bahkan udah hampir semua dari kita yang udah mengerti. Tapi disini ane mau mengingati para agan agan disini agar bisa sadar dan gak malas untuk mempraktekannya, karena di jalan kita bersama, gak sendiri sendiri
A. Standar Keselamatan dalam Berkendara
Berkendara itu ga sekedar membuat kendaraan lu berjalan menuju tempat yg lu tuju.
Berkendara harus aman. Dari situ lu bisa menghargai keselamatan lu sendiri.
Ini adalah hal minimal yg harus ada dalam berkendara
Quote:
1. Pakailah Helm
Jangan remehin helm! Kalo lu naik motor, pake helm! Mau jadi pengendara atau penumpang kek, tetep pake helm! Gerah? Ya cuek dikit aja kek. Pilih pala lu lepek n ketombean atau pala lu berdarah karena jatoh? Karena ga ada yg tau kapan lu jatoh.
Pake helm juga bukan buat bikin lu biar ga ketangkep polisi. Tapi buat keamanan lu sendiri.
"Gua udah bisa nyetir dengan baik kok, jadi gabakal jatoh kena kepala" okey, keahlian lu dalam menyetir gak menjamin lu selamat. Kecelakaan ada faktor dari luar juga. Lu bisa jatoh karena kesalahan orang lain padahal lu udah nyetir secara benar. Ada faktor lain seperti : motor lu yg udah ga memadai (jadi, servis secara rutin), jalan yg rusak atau licin, dll.
Yg paling penting ! Pakai helm SNI dan ceklek pengikat helm di dagu.Diusahakan dipasang dengan agak ngepas dengan dagu. Agak ga nyaman emang, tapi harus. Kalo lu pasang helmnya longgar, itu helm bisa lepas kalo lu jatoh dengan kebanting ke kanan atau ke kiri. Temen saya pernah kaya gitu.
Quote:
2. Kaca spion
Kaca spion penting juga bro. Lu bisa ngeliat belakang lu tanpa harus nengok sehingga lebih efektif. Kaca spion penting pada saat lu mau belok kanan atau kiri, lu bisa was was terlebih dahulu dengan liat ke spion apakah ada yg mau nyalip apa ga.
Jadi, pasang kaca spion dengan benar dan jangan ngample ataupun letoy. Arahkan spion ke sudut yg nyaman buat kamu liat.
Quote:
3. Lampu utama, rem dan sein
Lampu lampu juga jangan dilupain.
Untuk lampu utama, ini penting buat malam. Kalo mati pas malam hari, bisa bisa motor lu ga keliatan ama kendaraan besar. Akibatnya ya fatal.
Lampu rem, lampu rem jangan diganti ama warna warna lain. Merah ya merah aja. Gua pernah baca warna merah , oranye / kuning lebih mudah ditangkap otak sebagai peringatan. Jadi lampu rem usahakan betul sehingga kalo lu ngerem orang dibelakang lu bisa tau dan dia bisa ngerem juga sehingg tidak nabrak spakbor lu. Kalo lampu rem lu mati dan orang belakang nabrak lu, jangan ngomel dulu, bisa aja org belakang lu ga merasa 'diperingati' karena lampu rem lu mati.
Lampu sen. Sama kaya lampu rem. lampu sen jangan diganti sama warna lain. Oranye ya oranye aja. Fungsinya sama, buat memperingati/memberitahu orang lain kalo lu mau belok. Kalo mau belok kanan, ya ambil kanan(jangan ambil kiri ye plis) sambil nyalain sen kanan dan sebaliknya. Jangan lupa juga matiin sen kalo udah belok ya.
paling kesel kalo lampu rem/sen diganti ama lampu biru/putih. Gakeliatan woyyyy nanti lu w tabrak malah lu yang ngomel
lanjut gan
Quote:
4. Punya SIM
Kalo ini menurut gua pribadi, agak susah dapetin melalui jalur jujur.. Karena tes prakteknya agak mustahil(di daerah gua) . Pokonya kalian harus punya ini sebagai tanda kalian udah diperbolehkan nyetir dan udah cukup umur.
Kenapa gua taroh di terakhir? Karena banyak orang yg punya SIM tapi juga tetep ngelanggar aturan. Mending kalian ngerti aturan tp gapunya SIM deh drpd kaya gitu.. Tp karena sistem emang udah mengharuskan punya SIM, bikin sim dulu ya. Tapi, kalo udah punya sim, buktiin kalian emang bener bener "diizinkan" dan layak untuk nyetir! Jangan ngelanggar, malu.
----
Sisanya paling yg harus kalian perhatiin ya perawatan motor pribadi. Kaya rem, mesin, dll.
Kalo keselamatan udah memadai :, sekarang tinggal di jalan nya nih. ini yang masih kurang banget di Indonesia (dari pengalaman ane).
B. Cara memakai jalan
Duh, ini kalo gua bilang masih parah bgt di indonesia. Menurut gua banyak yg masih egois. Menggunakan jalan itu kira kira memegang prinsip "share the road". Kita make jalan ga sendiri. Orang lain juga make. Jangan egois kalo make jalan. Semua orang udah punya hak dan kewajibannya masing masing di jalan. Dari sudut pandang gua, kita bisa ngerti caranya menghargai hak orang dengan cara memakai jalan yg benar. Susah ngehargain hak orang? Coba ubah sudut pandang orang ke sudut pandang lu. Simpel.
Menghargai hak tadi sebenernya bisa diwujudkan dengan cara TAAT. Taat apa tuh? Taat aturan yg ada di jalan dong. Aturan yg ada di jalan menurut gua udah punya sistem yg baik. Kalo semuanya taat, gua yakin yg namanya macet sama omelan omelan orang bakal berkurang banyak. Berikut aturan (yang menurut gua) masih banyak dilanggar padahal krusial.
Quote:
1. Lampu lalu lintas (merah - kuning/oranye - hijau)
INI NIH.... Yang paling sedapp dan paling bikin sabar..
Lampu lalu lintas intinya hanyalah masalah "giliran siapa yg lewat" karena kendaraan dari 3 arah atau lebih melewati titik yg sama. Intinya, kita harus sabar nungguin giliran kita untuk jalan.
Spoiler for Pasti sering banget kaya gini:
Jangan sampe agan agan sekalian jadi pelakunya yah
kejadian paling umum, gak sabaran mau jalan padahal masih merah
Gua yakin lu semua ngerti apa maksud warna lampu diatas. Tapi sedikit yg mempraktekan. Merah: berhenti Kuning : siap-siap berhenti Hijau : Jalan
Jadi, tau kan, kapan saatnya harus jalan dan berhenti??
LAMPU HIJAU
Ya, jalan lah saat lampu sudah hijau. BUKAN SAAT LU ADA KESEMPATAN BUAT JALAN ATAUPUN KARENA KENDARAAN DARI ARAH LAIN SEDIKIT. Sekarang lampu lalu lintas udah dikasih durasi lampu masing masing. Harus nya kita bisa lebih menghargai waktu. Jangan ngebet maju maju napa kalo detik merah masih ada, bahkan tinggal 2 detik! Lu jalan ya kalo lampu udah ijo! Kalo udah HIJAU. Lu juga bakal kesel kan kalo waktu lampu ijo lu masih ada 5 detik, tapi pengendara dari arah lain udah jalan duluan. Lu mungkin kesel karena lampu ijo itu masih hak lu, bukan buat orang lain. Yap, prinsip menghargai hak udah ada disini. Ubah sudut pandang, maka lu ngerti.
LAMPU MERAH.
Artinya apa tadi? Ya, berhenti.
Berhentilah saat lampu udah merah! Jangan curi curi kesempatan buat maju atau nempel orang lain yg melanggar untuk tetap maju. Saat lampu lu merah, lampu dr arah lain udah ijo. Saatnya hak orang lain untuk jalan. Kewajiban lu sekarang ya berhenti dulu. Sabar. Sekali lagi sabar! Akan tiba giliran lu lagi.
Cara lu berhenti juga penting. Berhenti gak boleh asal berhenti. Berhenti jangan di tengan tengah perempatan / pertigaan karena lu bakal menghalangi pengendara dari arah lain yg lagi jalan (lagi lampu ijo). Makanya, di tempat lampu merah, ada garis jalan sebelum zebra cross. Berhentilah di belakang garis! Ada dua hal menghargai hak orang lain dengan berhenti dibelakang garis : 1. Orang yg mau nyeberang di zebra cross ga bakal keganggu. 2. Lu ga menghalangi orang yg sedang jalan dr arah lainnya. Kalo lu bisa berhenti dibelakang garis, semuanya bisa berjalan dengan tertib dan sistematis!
DAN kalo lu lagi lampu merah. Usahakan ngantri. Jangan suka nyalip nyalip kanan untuk mencapai garis depan sampe sampe lu menutupi jalan dari arah lain. Akibatnya apa?? Macet lagi! Tetaplah pada sisi jalan kalian, karena itu hak kalian, kalo kalian ke sisi jalan kalian, kalian udah 'merebut' hak orang lain lagi. Jadinya orang lain bakal klakson2 ngomel2 untuk memperebutkan haknya.
garis ini lebih sering keliatan. Garis ini bertujuan untuk membagi jalan dan kita boleh lewat garis tersebut ke sisi jalan lainnya sekedar untuk menyalip kendaraan. Jadi, harus segera balik ke sisi jalan kita lagi.
GARIS SAMBUNG(_____)
Garis sambung maksudnya garis yg bukan putus putus. Ini maknanya kita gaboleh melewati garis tersebut. Contohnya pada:
lampu merah,
tikungan 2 arah, dan
sebelum zebra cross.
Di setiap lampu merah pasti ada garis sambung. Ini bertujuan supaya kita berhenti dibelakang garis! Sekarang ngerti kan?
Di tikungan biasanya ada garis sambung. Bertujuan agar kita ga nyalip di tikungan karena bisa aja tabrakan. Soalnya kalo tikungan, kita susah ngeliat kendaraan yg datang dr arah berlawanan.
Kalo sebelum zebra cross ya maksudnya biar orang nyebrang dulu dan ga ketabrak. Jadi, pelan pelan aja kalo ada zebra cross.
Garis sambung biasanya juga ada di tanjakan.
Quote:
3. Trotoar
Trotoar itu untuk pejalan kaki, bukan motor. Ngerti lah. Kalo macet jangan nyalip lewat trotoar yah. Hargain hak pejalan kaki. Semua pengendara juga pengen cepet cepet.
Spoiler for JANGAN KAYA GINI YA GAN:
Quote:
4. Portal rel kereta api
Udah jelas kan ya. Ini biar kita ga ketabrak kereta. Kalo masih dibablasin ya keterlaluan kalian. Kalo udah mati baru deh ga bisa ngapa ngapain. Kmrn baru kejadian metro mini ketabrak kereta. Supirnya entah ga denger atau ga liat saya juga ga ngerti, semoga amal dan ibadahnya diterima bagi penumpang dan supir metromini.
Spoiler for Saya sebenernya bingung dengan orang orang ini:
Apa sih yang mereka pikirkan?
Tolong hargai sistem yang ada. Taati aturan yang sudah ditentukan. Semua dibuat untuk kebaikan masyarakat. Jika kalian tetap melanggar dan kalian mendapatkan ruginya, siapakah yang akan menyesal pada akhirnya?
Nah, kalo udah berhenti, mohon sabar ya. Jangan nyalip nyalip ke depan lewat jalur kanan. Sekali lagi, itu hak orang lain! Sering bgt gua liat orang ngantri sampe satu jalan penuh dan akhirnya macet parah pas portal udah dibuka karena kedua sisi jalan yg harusnya buat 2 arah jadi satu arah karena orang ngumpul di satu jalan penuh dan akhirnya pengendara dari arah berlawanan gabiaa jalan. Belom sempet jalan, eh tiba tiba ada kereta lewat lagi terus portal udah ditutup lagi dan lu harus berhenti lagi. Jangan bersikap aneh aneh lah ya.
Makanya, pas berhenti di jalur kereta api. Biarkan jalur kanan kosong. Kalian tetep berhenti di jalur kiri. Biarin agak panjang antriannya. Tapi nanti pas portal dibuka kalian bakal bisa jalan lebih lancar dan tertib karena kalian tinggal jalan di sisi jalan kalian tanpa dihalangi kendaraan apapun. Ngerti kan yg gua maksud?
Quote:
4. Taati aturan rambu lalu lintas lainnya
Taati aturan lainnya seperti jalur putar balik, batas kecepatan, aturan parkir, dll. Kalau kalian udah paham aturan diatas2 tadi. Kalian bakal ngerti makna aturan itu dibuat untuk apa sehingga kalian bisa lebih 'semangat' buat taat aturan jalan.
Quote:
5. Gunakan klakson dengan bijak
Klakson bukan buat dipakai untuk memenuhi keegoisan lu. Misal:
udah tau merah tp klakson pengendara yg lagi ijo, ada yg kaya gini? ADA. Hastagah.
Klakson lagi macet. Poinnya apa yah? Ga ada. Sia sia kalian kalo lagi macet parah tapi klakson. Yg ada bikin orang kesel dan jengkel karena polusi suara
Masih merah (tinggal 10 detik misalnya) tp udah klakson2 pengen jalan. Plis. Lu hargain orang yg mau taat kek. Buta warna apa gimana? Punya SIM ga?
Pakai klakson untuk memperingati orang aja. Misalnya udah ijo lama tp belom jalan2. Atau ada orang yg melanggar. Lagipula boros aki kalo make keseringan. Akibatnya jadi serek tu klakson kaya klakson ojek. Boros duit juga.
Mungkin segitu dulu aja yg mau ane sampein. Tangan udah pegel ngetik.
Mungkin banyak yg udah ngerti dan udah praktekin, mungkin banyak juga yg belom ngerti. Semoga bermanfaat ya!
Taati aturan, hargai hak orang lain, dan hargai keselamatan diri sendiri serta orang lain. Karena jalan milik bersama bukan milik pribadi. Orang udah bayar pajak untuk pembangunan jalan.
Dan, bangun lebih pagi biar gak telat. Telat ke tempat tujuan bukan alasan untuk melanggar rambu lalu lintas agar lebih cepat sampai. Itu resiko pribadi.:insomnia
Maaf kalo panjang. Ane pengen bgt nyampein ini. Maaf jika ada kesalahan kata. Ane juga bukan anak polisi. Ane cuman anak sma biasa juga.
Atas perhatian Saudara, saya ucapkan terima kasih.
0
4.9K
Kutip
36
Balasan
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
923.3KThread•84KAnggota
Urutkan
Terlama
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru