Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bungaterataiAvatar border
TS
bungateratai
Tips & Trik Jitu Jadi Jagoan Tamiya
Musim Tamiya atau mini 4WD kembali melada negeri ini. Setidaknya bagi kaum yang hobi sih saat ini tingkat antusiasme terhadap Tamiya kembali meningkat. Di tempat tinggal ane, toko Tamiya kembali ramai oleh para pengunung.

Bagi Kotakers yang hobi Tamiya, pada artikel ini ane akan berbagi beberapa tips untuk membuat Tamiya kamu bisa jadi juara di lintasan (track).

1. Tentukan tipe Tamiya

Tips & Trik Jitu Jadi Jagoan Tamiya


Tidak selamanya Tamiya yang kencang itu akan selalu menang dalam balapan di lintasan. Agar dapat melalui lintasan dengan cepat dan stabil, Kotakers harus membuat pengaturan yang berbeda juga.

Tentukan tipe Tamiya kamu sesia dengan lintasan yang dihadapi. Jika lintasan lebih banyak jalur lurus, maka buatlah yang berkecepatan tinggi. Namun jika belokannya banyak maka alangkah lebih baik jika memprioritaskan kestabilan Tamiya agar tidak keluar lintasan.

2. Dinamo

Tips & Trik Jitu Jadi Jagoan Tamiya


Kecepatan Tamiya ditentukan dengan tipe dinamo yang digunakan. Ada beberapa macam dinamo yaitu: sedang, cepat dan sangat cepat. Semakin cepat dinamo maka semakin besar juga daya baterai yang dibutuhkan untuk mengoperasikannya.

Jika menggunakan menggunakan dinamo super cepat, secara otomatis energi dari baterai juga akan lebih cepat terkuras. Selain itu, jika menggunakan baterai dengan ampere kecil untuk dinamo super cepat, maka kecepatannya tidak akan maksimal.

3. Baterai

Tips & Trik Jitu Jadi Jagoan Tamiya


Dalam sebuah pertandingan Tamiya, penggunaan bateri menajdi salah satu kunci kemenangan karena beberapa pertandingan ada yang memberlakukan jumlah penggunaan baterai yang terbatas.

Hal ini menjadi penting karena jangan sampai daya baterai habis sebelu pertandingan selesai. Pembatasan baterai ini menjadi strategi tersendiri bagi para pembalap, jangan sampai daya habis sebelum pertandingan usai.

4. Ban

Tips & Trik Jitu Jadi Jagoan Tamiya


Salah satu faktor yang menentukan kecepatan Tamiya adalah bannya. Ada 2 jenis ban yang biasa digunakan yaitu karet dan busa.

Ban karet memiliki keunggulan lebih awet, tetapi kekurangannya lebih berat dan mudah selip pada lintasan yang lembab. Ban busa memiliki keunggulan lebih ringan, mencengkram lintasan sehingga lebih efektif.

Ban busa juga lebih mudah menyesuaikan dengan kelembaban lintasan karena sifatnya yang mudah menyerap air. Kekurangan ban busa adalah pada Tamiya berkecepatan tinggi, gesekan ban dengan lintasan dapat membuat ban jenis ini mudah rusak.

Ukuran roda juga menjadi faktor yang enentukan kecepatan Tamiya. Ukuran bas terbagi 2 yaitu besar dan kecil. Ban besar cenderung lebih cepat, dibandingkan dengan ban kecil. Hanya saja, ban kecil lebih stabil dibandingkan dengan ban besar.

5. Roller

Tips & Trik Jitu Jadi Jagoan Tamiya


Demi menjaga kesetabilan, setiap pembalap mini 4WD harus mengetahui bahwa roller sangat berperan penting dalam menjaga kesetabilan Tamiya di tikungan. Oleh karena itu, rancanglah posisi dan jenis roller yang digunakan pada Tamiya kamu.

Roller sebaiknya ngepas dengan lintasan, atau setidaknya jeda antara pinggiran lintasan dengan roller itu sangat sedikit sehingga benturan dapat diminimalisir. Untuk memungkinkan hal itu terjadi, pembalap dapat mengakalinya dengan menggunakan ukuran roller yang lebih besar, atau dengan menggunakan bumper (depan) dan akar (belakang) yang lebih lebar.

6. Gear

Tips & Trik Jitu Jadi Jagoan Tamiya


Banyak yang tidak tahu jika Gear di Tamiya itu akan menentukan kecepatannya. Semakin tinggi ratio-nya maka semakin kuat power yang dihasilkan, tetapi semakin lambat. Sebaliknya, semakin kecil ratio-nya makin tinggi kecepatan Tamiya, tetapi power-nya berkurang. Ratio standar yang terdapat pada Tamiya antara lain 3.5:1, 4:1, 5:1 hingga 6.4:1. Kombinasi antara dinamo dan gear ini akan menentukan tipe dari Tamiya kamu.

***


Demikianlah ulasan ane untuk tips dan Trik mini 4WD agar bisa melaju kencang dan stabil di linatasan.

Terlepas dari seluruh perangkat yang ada, pelumas jangan sampai terlupakan karena pelumasan itu akan membuat mesin Tamiya kamu jadi lebih awet dan maksimal kinerjanya.

SUMBER >>>
0
41.9K
42
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.